Mother&Baby Indonesia
5 Kode Anak saat Minta Perhatian Ekstra dari Orang Tua

5 Kode Anak saat Minta Perhatian Ekstra dari Orang Tua

Perhatian dan kasih sayang dari orang tua merupakan salah satu kebutuhan anak yang perlu dipenuhi. Ya, tak hanya butuh makanan sehat dan stimulasi, anak juga butuhan perhatian dari orang tua untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Ada kalanya anak merasa butuh untuk mendapatkan perhatian ekstra, cara mereka mendapatkannya pun terbilang unik-unik. Tidak langsung meminta perhatian, tetapi anak cenderung memberikan kode-kode unik agar orang tua memberikan perhatian ekstra. Apa saja kode unik anak dalam meminta perhatian ekstra? Let’s dig in!

1. Banyak Meminta

Moms pasti pernah kesal ketika anak meminta dibacakan buku cerita lagi, lagi, dan lagi. Padahal Moms seharusnya memasak makan siang setelah membacakan 1 buku cerita. “Biasanya juga Mama cuma membacakan satu buku cerita sebelum Si Kecil tidur siang. Hari ini tumben banget ia minta dibacakan sampai tiga buku,” mungkin begitu gumam Anda dalam hati.



Nah, ini bisa menjadi kode anak untuk meminta perhatian ekstra dari Anda. Anak sangat menikmati momen dibacakan buku berdua dengan Anda, dan ia merasa waktu berkualitas tersebut masih kurang jika harus habis dalam hitungan membacakan satu buku saja. Sekilas, momen anak menunda pekerjaan Anda memang cukup menguji kesabaran, tetapi pahamilah kebutuhannya untuk berduaan dengan Anda.

2. Komplain

Si Kecil yang biasanya penurut, tiba-tiba berubah menjadi anak yang mengeluhkan banyak hal. Semua hal yang Moms sajikan untuknya pasti dikomplain. Bahkan masakan Moms yang biasanya selalu disukai anak pun ikut dikomplain juga. Sepertinya Si Kecil sedang berusaha keras untuk menyakiti hati Anda, benarkah begitu?

Jangan marah dulu, Moms, karena ini bukan usaha anak untuk menyakiti hati Anda, melainkan usahanya untuk mendapatkan perhatian ekstra dari Anda. Anak justru sangat menyayangi Anda dan ingin menghabiskan waktu berduaan dengan Anda, disayang, dan dimanja. Sayangnya, untuk mendapatkan perhatian Anda, anak memilih cara unik berupa kalimat negatif. Jangan dimarahi ya, Moms, ia hanya sedang ingin disayang-sayang.



3. Banyak Syarat

Pernahkah anak memberikan banyak syarat ketika diminta makan? Contoh syarat uniknya adalah harus makanan berkuah, disajikan di mangkuk merah, makannya harus di teras rumah, dan sederet syarat unik lainnya yang bikin Moms hilang kesabaran. Jika anak melakukan itu, bukan berarti karena ia nakal, tetapi bisa jadi itu merupakan salah satu cara alaminya untuk terus terhubung dengan orang yang ia sayangi, yaitu Anda. Si Kecil hanya berusaha meminta perhatian ekstra dari Anda, Moms.

4. Galak

Si Kecil yang biasanya periang dan manis, berubah menjadi si galak yang suka memberikan kalimat-kalimat negatif ke orang tua? Ini pasti sangat menguji kesabaran, tetapi maksudnya hanya ingin diberi perhatian ekstra lho, Moms. Anak mungkin bilang, “Huh, aku enggak suka sama Mama. Mama jahat!” atau “Papa enggak sayang sama aku!” Jangan emosi dulu nih, Moms, karena itu hanya kode untuk menunjukkan ia ingin menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas berdua Moms dan Dads.

5. Usil

Saat Mama mau berangkat kerja, Si Kecil menyembunyikan tas Anda dan meminta Anda untuk mencarinya. Atau saat tiba waktunya tidur, Si Kecil justru mencoret-coret tubuhnya dengan lipstik. Apakah sikap usil anak membuat Anda marah? Tahan dulu emosi Anda, karena anak usil bukan anak nakal, ia hanya kreatif memberi kode dan mencari peluang untuk bisa mendapatkan quality time berdua Anda. Jangan marah ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak minta perhatian,   keluarga