Mother&Baby Indonesia
#CaraPintarMam untuk Dukung Fondasi Belajar Si Kecil

#CaraPintarMam untuk Dukung Fondasi Belajar Si Kecil

Moms, tahu enggak, kalau pada usia 1-3 tahun Si Kecil mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama perkembangan kognitifnya. Karena itu, penting bagi Moms untuk memastikan tumbuh kembang Si Kecil optimal dan sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Selain itu, usia tersebut merupakan usia awal kesiapan belajar anak. Karena itu, inilah saat yang tepat untuk membangun fondasi belajar Si Kecil. Nah, salah satu cara pintar mam untuk mendukung proses belajar anak, selain memenuhi kebutuhan nutrisinya, adalah dengan memberikan stimulasi yang tepat sesuai tahapan usia Si Kecil.




Pentingnya Memberikan Stimulasi yang Tepat untuk Anak

Sebenarnya, apa sih, yang dimaksud dengan stimulasi yang tepat? Stimulasi yang tepat adalah stimulasi yang diberikan secara konsisten, terus-menerus, dan dilakukan sejak dini sesuai dengan usia dan tumbuh kembang Si Kecil. Ada 3 stimulasi yang bisa Moms berikan pada anak, yakni:

1. Stimulasi Kognitif

Kemampuan kognitif merupakan sebuah konstruksi proses yang melibatkan otak. Ini termasuk kemampuan untuk berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Tentunya ini merupakan sebuah kemampuan yang penting sekali untuk fondasi belajar anak dan akan sangat berpengaruh pada kehidupan Si Kecil.

Untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak, Moms bisa melatih kemampuan Si Kecil dalam mengingat dan memecahkan masalah, contohnya bermain menggunakan puzzle.

2. Stimulasi Bahasa

Bahasa menjadi sarana yang penting bagi kita untuk berkomunikasi. Di usia 1-3 tahun, Si Kecil akan mengalami perkembangan bahasa yang pesat. Hampir setiap hari ia belajar mengenai perbendaharaan kata baru dan belajar merangkai kata demi kata untuk diucapkan sebagai caranya berkomunikasi. 

Untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak, Moms bisa ajak Si Kecil untuk sering bercerita, membacakannya dongeng, atau bernyanyi bersama. Anda juga bisa ajak anak belajar menambah perbendaharaan katanya dengan menyebutkan nama-nama benda menggunakan flash card.

3. Stimulasi Kreativitas

Banyak orang beranggapan bahwa kreativitas yang dimiliki anak adalah sebuah bakat atau bawaan dari lahir. Faktanya, kreativitas merupakan sebuah keterampilan yang harus diasah. Pada dasarnya, setiap anak terlahir dengan bakat untuk kreatif, yang akan berkembang dengan baik apabila distimulasi dengan tepat. Kreativitas juga memegang peran penting dalam fondasi belajar Si Kecil.

Moms bisa menstimulasi perkembangan kreativitas anak melalui kegiatan bermain bersama, mendengarkan musik, menggambar, mewarnai, dan kegiatan seni lainnya. Selain itu, Anda juga bisa bantu memperkuat daya imajinasi dan kreativitas Si Kecil dengan melakukan kegiatan art & craft dengan bahan-bahan sederhana, contohnya membuat kreasi dari piring kertas.

Selain memberikan stimulasi tepat sesuai tahapan usia, Moms juga perlu memberikan Si Kecil nutrisi yang membantu melengkapi kebutuhan nutrisinya, salah satunya susu pertumbuhan.



Moms bisa memilih S-26 Procal Nutrissentials sebagai pilihan tepat mam pintar. Susu ini merupakan susu pertumbuhan yang diperuntukkan untuk anak usia 1-3 tahun kemudian dilanjutkan dengan S-26 Promise Nutrissentials untuk usia 3 tahun ke atas.

S-26 Procal Nutrissentials mengandung berbagai nutrisi penting, yaitu:

• Kaya akan Kolin.

• Dilengkapi dengan Omega-3 dan Omega-6.

• Kaya akan Zat Besi, Zinc, dan Asam Folat.

• Kaya akan Vitamin B Kompleks (B1, B2, B6, dan Niasin), yang membantu mengubah makanan menjadi energi.

• Tinggi protein. Protein merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

• Tinggi kalsium, Vitamin D, dan Vitamin K. Kalsium membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Yuk Moms, dukung langkah awal kesiapan belajar anak dengan memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   carapintarmam,   s-26 procal nutrissentials,   wyeth nutrition