Mother&Baby Indonesia
Miris, Balita Telan Koin dan Tertahan Hingga Tiga Hari!

Miris, Balita Telan Koin dan Tertahan Hingga Tiga Hari!

Moms, selalu perhatikan saat Si Kecil sedang bermain ya. Jangan sampai ia memasukkan benda-benda asing ke dalam mulut atau hidungnya, seperti yang dialami seorang balita asal Magelang beberapa waktu lalu.

Balita bernama MA yang berusia 3 tahun ini menelan uang logam Rp1.000 sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Ironisnya, MA baru mendapat pertolongan setelah tiga hari karena kedua orang tuanya tidak memiliki biaya untuk membawa buah hatinya ke RSUP dr. Kariadi, Semarang. Alhasil, ia pun harus menahan rasa sakit selama tiga hari.

Awalnya, MA hendak menjalani operasi untuk mengeluarkan uang logam tersebut. Namun setelah dokter memeriksa menggunakan kamera endoskopi, uang logam yang menyangkut di tenggorokan MA bisa diambil tanpa operasi.



Balita tersebut berhasil diselamatkan. Tetapi tak jarang, benda-benda kecil yang tertelan oleh Si Kecil juga bisa mengakibatkan risiko kematian. Oleh sebab itu, sebaiknya Moms menjauhkan benda semacam itu dari jangkauan buah hati Anda, ya.

Apabila Tertelan…

Lantas apa yang harus dilakukan apabila Si Kecil tak sengaja menelan benda asing? Yang pertama tentunya jangan panik! Jika memungkinkan, segera bawa ia ke instalasi gawat darurat (IGD) di rumah sakit. Berikut adalah tindakan yang mungkin bisa dilakukan apabila buah hati Anda menelan benda asing.

1. Menelan Magnet

Apabila anak menelan sebuah magnet, dokter akan melakukan observasi dan menunggu magnet tersebut keluar secara alami dari anus. Akan tetapi jika ada 2 atau lebih magnet yang tertelan, dokter perlu melakukan operasi guna mengeluarkannya dari tubuh anak.

2. Baterai 



Segera bawa anak ke IGD jika ia menelan baterai kancing. Jika Si Kecil berusia lebih dari 1 tahun, Anda dapat memberikan 2 sendok teh madu setiap 10 menit hingga Anda tiba di rumah sakit guna mencegah cedera pada tenggorokan. Begitu baterai masuk ke lambung, kondisi sudah lebih aman meski tidak menutup risiko keracunan oleh bahan kimia yang ada di dalam baterai.

3. Benda Tajam

Segera bawa anak ke IGD. Benda-benda yang berukuran 1 inci atau lebih besar dapat bersarang di kerongkongan atau masuk ke tenggorokan dan menghalangi pernapasan. Jangan mencoba mengeluarkan sendiri benda tersebut karena dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Pada sebagian kasus, benda asing berukuran kecil yang tertelan bisa terdorong turun ke sistem pencernaan dan keluar bersama kotoran. Akan tetapi ada kalanya, dokter perlu mengambil tindakan seperti operasi atau prosedur endoskopi guna mengambil benda tersebut dari kerongkongan.

Mengingat risiko bahaya yang ditimbulkan apabila benda-benda asing tertelan Si Kecil, maka Moms perlu lebih waspada. Selain menjauhkan benda-benda tersebut, Anda juga perlu memberi perhatian khusus saat Si Kecil tengah bermain, khususnya mereka yang berusia balita. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak menelan koin