Mother&Baby Indonesia
12 Istilah dan Singkatan Populer Seputar MPASI dan Artinya

12 Istilah dan Singkatan Populer Seputar MPASI dan Artinya

Setelah memperoleh ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya, kini saatnya bayi Anda mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Nah, buat Moms yang bayinya akan segera memulai MPASI, Anda mungkin mesti rajin mencari informasi seputar pemberian MPASI untuk bayi, baik lewat berbagai macam media maupun bertanya langsung pada pakarnya.

Moms yang baru pertama kali melakukan MPASI juga mungkin akan mengalami kebingungan saat mencari informasi seputar MPASI dan harus berhadapan dengan berbagai macam istilah atau singkatan yang asing di telinga Anda. Tetapi tidak usah panik, Moms. M&B telah merangkum beberapa istilah dan singkatan populer mengenai MPASI yang perlu Anda ketahui berikut ini.



EVOO

Singkatan dari extra virgin olive oil, adalah minyak zaitun paling murni yang dihasilkan oleh buah zaitun berkualitas tinggi. Prosesnya dilakukan secara alami dan murni, diambil dari perasan pertama, tanpa campuran apa pun. Karena itu, kandungan antioksidan, vitamin, dan mineralnya sangat tinggi. EVOO juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang penting untuk tumbuh kembang anak. Namun jangan gunakan EVOO untuk memasak ya Moms, karena kandungan nutrisinya bisa berkurang.

ELOO

Singkatan dari extra light olive oil, campuran virgin olive oil dengan refined olive oil (minyak zaitun yang telah melalui proses penyaringan sehingga kandungan antioksidannya lebih minim). Biasanya ditambahkan pula dengan bahan lain untuk menetralkan rasanya yang kuat. Berbeda dengan EVOO, ELOO biasa digunakan untuk menggoreng atau menumis makanan bayi.

UB

Singkatan dari unsalted butter, mentega tawar yang bisa dicampurkan dalam makanan bayi sebagai lemak tambahan. Moms sebaiknya menggunakan unsalted butter untuk makanan Si Kecil jika ia masih di bawah 1 tahun, karena pemberian makanan asin pada anak terlalu dini berisiko membuat bayi mengalami berbagai masalah kesehatan nantinya.

LT

Singkatan dari lemak tambahan, yang berfungsi untuk mengikat semua nutrisi pada makanan dan penting untuk perkembangan otak bayi. EVOO, ELOO, dan UB merupakan bagian dari lemak tambahan. Selain itu, penggunaan lemak tambahan bisa membantu menaikkan berat badan Si Kecil.



Menu 4 Bintang atau ****

Pakar gizi dan nutrisi, Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum., merekomendasikan menu 4 bintang untuk MPASI bayi, menu makan dengan 4 unsur, yaitu karbohidrat, protein nabati, protein hewani, serta sayur ataupun buah. Pemberian MPASI 4 bintang merupakan standar penting untuk pertumbuhan Si Kecil yang optimal. “Keempatnya bisa dijadikan satu, dibuat bubur, kecuali buah dibuat terpisah,” jelas dr. Tan.

Puree

Istilah untuk makanan yang dihaluskan atau dilembutkan. Teknik membuat puree bisa dengan menggunakan blender, grinder, ditekan-tekan, atau dihaluskan dengan teknik lainnya, kemudian disaring untuk mendapatkan tekstur yang lebih lembut. Makanan yang bisa dijadikan puree biasanya buah atau sayur. Puree bisa dikenalkan pada bayi sejak awal MPASI, yaitu usia 6 bulan.

Finger Food

Istilah untuk makanan yang mudah digenggam dengan tangan bayi serta digigit dan dikunyah olehnya. Mengenalkan finger food berguna untuk melatih motorik kasar dan halus bayi dan melatihnya makan secara mandiri. Moms bisa mengenalkan finger food pada bayi mulai usia 8-9 bulan saat ia telah melewati fase tekstur makanan encer dan semipadat. Jenis finger food yang bisa dikenalkan tidak hanya biskuit, tetapi juga buah atau sayur yang bisa digenggam Si Kecil.

Gulgar

Singkatan dari gula dan garam, yang pemakaiannya sebaiknya dihindari untuk MPASI bayi di bawah 12 bulan karena bisa membahayakan kesehatannya. Hal ini disebabkan bayi usia di bawah 1 tahun masih sulit untuk mencerna garam, sementara pemberian gula di usia dini berisiko menyebabkan obesitas dan diabetes.

Prohe dan Prona

Prohe merupakan kependekan dari protein hewani, misalnya daging merah, ayam, ikan, telur, dan hati ayam. Sedangkan prona merupakan kependekan dari protein nabati, yang berasal dari tumbuhan, contohnya tempe, tahu, dan jenis produk kacang-kacangan lainnya.

Bumtik

Kependekan dari bumbu aromatik, yakni bumbu tambahan untuk memberi rasa sedap atau aroma wangi saat memasak MPASI. Bumtik terdiri dari berbagai macam jenis rempah-rempah serta bumbu alami, antara lain daun salam, serai, daun jeruk, kunyit, bawang merah dan putih, daun bawang, seledri, cengkeh, kayu manis, kunyit, dan jahe.

GTM

Singkatan dari gerakan tutup mulut, saat bayi tidak mau makan. Ini sebenarnya hal yang wajar dan banyak faktor penyebabnya, seperti Si Kecil sedang tumbuh gigi, ada masalah pada pencernaannya, atau tekstur dan rasa makanan kurang disukai Si Kecil. Fase ini tak jarang bikin Moms jadi pusing. Jika bayi Anda mengalami fase ini, segera cari tahu penyebabnya dan cara mengatasinya.

BLW

Singkatan dari baby led weaning, sebuah metode memperkenalkan MPASI dengan membiarkan bayi memilih dan memakan sendiri semua makanannya tanpa disuapi. Jenis makanan yang diberikan pada metode ini bukan berupa makanan lunak seperti puree, melainkan makanan berbentuk padat dan telah dipotong-potong. Jika Moms ingin menerapkan BLW pada Si Kecil, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk keamanan dan kesehatan bayi Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mpasi,   makanan pendamping asi