Mother&Baby Indonesia
Ini 6 Tanda Bayi Anda Akan Segera Bisa Berjalan, Moms

Ini 6 Tanda Bayi Anda Akan Segera Bisa Berjalan, Moms

Semakin hari, bayi kecil Anda semakin cerdas! Lonjakan kecerdasan anak di 1.000 hari pertama kehidupannya memang selalu dinanti ya, Moms. Salah satu momen tumbuh kembang anak yang paling dinanti adalah anak dapat berjalan. Walau masih sering terjatuh, namun melihat anak bisa berjalan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, sekitar usia 7-10 bulan, bayi akan belajar berpindah tempat, sebelum ia belajar berdiri dan berjalan. Setelah menguasai ilmu berpindah tempat ini, Si Kecil akan mulai memahami cara untuk berjalan. Bagi Moms yang merasa khawatir karena anaknya belum bisa berjalan, yuk ketahui tanda-tanda bayi Anda akan segera bisa berjalan berikut ini. Namun, jangan bandingkan Si Kecil dengan anak lain ya, Moms, karena tumbuh kembang tiap anak tentu saja berbeda-beda.

1. Merambat

Sering melihat Si Kecil berusaha berdiri dengan memanjat benda-benda di rumah Anda? Jangan dilarang ya, Moms, biarkan saja. Ini merupakan langkah awal yang membantu memperkuat otot kaki bayi agar siap berjalan. Ini seperti latihan sederhana yang juga membantu koordinasi tubuh bayi. Dengan membiarkan anak latihan berdiri dan berjalan sambil merambat dari benda satu ke benda lainnya, ia akan lebih mandiri dan tentunya lebih percaya diri untuk lancar berjalan.



2. Menjelajahi Rumah

Belum bisa berjalan, bukan berarti bayi Anda tidak suka menjelajahi rumah. Bayi yang sudah bisa merangkak pasti akan suka menjelajahi rumah. Sedikit saja Anda lengah, bayi Anda sudah pindah posisi ke sisi lain di rumah Anda, lebih tepatnya ke sisi rumah yang ada benda menarik (seperti mangkuk makanan peliharaan atau tanaman hias).

Saking takutnya Si Kecil memegang benda berbahaya, Anda pun langsung mengangkat Si Kecil dan memindahkannya ke box bayi agar ia tak menjelajahi rumah lagi. Sering begitu? Duh, itu sama saja mengambil kesempatan anak untuk latihan berjalan lho, Moms. Biarkan saja anak menjelajahi rumah, yang perlu Anda lakukan adalah menjaganya tetap aman dengan menyingkirkan benda-benda yang berpotensi membahayakan anak.

3. 'Berkendara'

Setelah anak mulai berani berjalan merambat dari satu furnitur ke furnitur lainnya, salah satu ciri anak akan segera lancar berjalan adalah ia mulai suka 'berkendara' menjelajahi rumah menggunakan alat bantu. Anak mungkin akan 'berkendara' dengan mendorong galon air minum atau benda lain yang menurutnya nyaman dijadikan alat bantu menjelajahi rumah.



Kenapa anak suka mendorong benda? Ini karena Si Kecil belum lancar berjalan, tetapi antusiasmenya untuk berjalan sudah sangat besar, sehingga ia butuh ‘alat’ yang membantunya lancar berjalan. Dukung terus aktivitas ini, karena anak sedang belajar memindahkan berat badan dan keseimbangan agar segera lancar berjalan.

4. Cengeng dan Pola Tidur Berubah

Siapa sangka, anak yang tiba-tiba cengeng, manja, dan tidur siang lebih lama merupakan tanda anak mau bisa berjalan lho, Moms. Ya, berjalan adalah bagian tumbuh kembang yang sangat hebat, maka tak jarang ini disertai lonjakan sikap, seperti lebih cengeng. Tingkah laku Si Kecil ini mungkin sangat menguji kesabaran orang tua, tetapi bersabarlah sedikit karena fase ini tidak lama kok, Moms.

5. Minta Ditatih

Anak sudah menguasai cara berjalan, tetapi masih butuh penjagaan. Maka biasanya Si Kecil akan menggandeng tangan Anda sebagai tanda minta ditemani berjalan. Awalnya mungkin Si Kecil minta dipegangi kedua tangannya agar ia bisa berjalan, namun perlahan tapi pasti, dipegangi satu tangan saja sudah cukup baginya untuk merasa aman berjalan. Di fase ini, ada juga anak yang masih butuh bantuan untuk berdiri, tetapi ada juga yang hanya butuh dipegangi tangannya karena ia kurang percaya diri, bukan karena belum bisa.

6. Berjalan!

Setelah anak menguasai langkah-langkah di atas, jangan kaget kalau tiba-tiba Si Kecil bisa berdiri sendiri dan berjalan (walau hanya beberapa langkah). Di fase ini, anak sudah menguasai keseimbangan dan cara berjalan, namun masih butuh latihan untuk bisa lancar berjalan. Semangati terus Si Kecil dalam latihan berjalan ya, Moms, agar ia semakin percaya diri untuk mencoba hal-hal baru. Jangan lupa selalu jaga Si Kecil, jangan sampai lengah karena mereka sangat cepat! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi berjalan,   milestones