Mother&Baby Indonesia
Memberikan Susu Almond kepada Bayi. Memangnya Boleh?

Memberikan Susu Almond kepada Bayi. Memangnya Boleh?

Dalam beberapa tahun terakhir, susu almond menjadi tren di kalangan masyarakat, khususnya kaum vegan. Selain bisa diminum oleh orang yang intoleran laktosa, susu almond juga memiliki kandungan kalori lebih rendah 50 persen dibandingkan susu sapi sehingga cocok bagi mereka yang tengah melakukan diet.

Satu gelas susu almond cuma mengandung 39 kalori. Angka tersebut hanyalah setengah dari kalori yang terdapat pada susu skim sapi. Oleh sebab itu, susu almond bisa membantu Anda mengurangi atau menjaga berat badan.



Selain itu, susu almond juga tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Kandungan sodiumnya pun rendah dan lemak sehatnya tinggi, yang akan membantu mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Dalam kondisi aslinya, susu almond mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang lebih sedikit ketimbang susu sapi. Dalam satu gelas susu almond hanya terdapat 1 gram protein, sedangkan susu sapi mengandung 8 gram protein. Sementara itu, kandungan kalsium susu almond hanya 2 miligram, sedangkan susu sapi mencapai 300 miligram.

Namun saat ini sudah banyak susu almond yang diperkaya nutrisi seperti kalsium dan vitamin D, sehingga dianggap cukup mumpuni untuk menggantikan susu sapi. Jika susu almond memiliki banyak manfaat bagi orang dewasa, lantas apakah jenis susu yang satu ini bisa dikonsumsi oleh bayi?



Susu Almond untuk Bayi

Jawabannya adalah ya, bisa! Susu almond juga bisa menjadi alternatif pengganti susu pada bayi yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi. Perlu diketahui, susu almond merupakan sumber vitamin E yang sangat baik. Vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan mata dan kulit, menyehatkan jantung, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin E juga dapat memperkuat sistem imunitas sehingga tubuh Si Kecil mampu melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Selain itu, susu almond yang telah diperkaya dengan vitamin D dan kalsium juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil.

Boleh Diberikan Asalkan …

Namun apabila Moms ingin memberikan susu almond kepada Si Kecil, sangat disarankan agar Anda menunggu hingga bayi Anda sudah berusia di atas 1 tahun. Para ahli tidak menyarankan bayi diberi asupan susu apa pun, selain ASI atau air susu ibu.

Meski bermanfaat bagi kesehatan, susu almond tidak bisa menggantikan manfaat dari ASI karena kandungan nutrisinya tidak selengkap air susu ibu. Seperti telah disebutkan sebelumnya, kadar protein dalam susu almond juga tergolong rendah sehingga belum cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Si kecil.

Satu hal yang tak kalah penting, Moms perlu selektif dalam memilih susu almond yang akan dikonsumsi bayi Anda. Pastikan produk susu tersebut tidak mengandung bahan pengawet buatan yang berbahaya bagi kesehatan Si Kecil.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk memilih susu almond yang belum ditambahkan pemanis buatan guna mencegah bayi mengalami obesitas atau bahkan menjadi enggan mengonsumsi ASI. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: susu almond,   bayi,   asi