Mother&Baby Indonesia
Efek Sentuhan Moms terhadap Tumbuh Kembang dan Mood Bayi

Efek Sentuhan Moms terhadap Tumbuh Kembang dan Mood Bayi

Tahukah Moms? Sentuhan jari jemari Anda di kulit Si Kecil tidak hanya bermanfaat untuk memperkuat bonding serta menimbulkan rasa nyaman lho. Usapan lembut Moms ternyata juga memengaruhi tumbuh kembang buah hati Anda.

Sentuhan merupakan elemen yang penting terhadap sistem kekebalan tubuh serta perkembangan otak bayi. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa sentuhan ibu dapat memengaruhi perkembangan fisik, kemampuan berbahasa, kemampuan kognitif, serta kompetensi sosial dan emosional Si Kecil. Selain itu, sentuhan disinyalir juga mampu menurunkan hormon kortisol yang notabene bisa menurunkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa neurofibre yang ada di seluruh tubuh manusia akan merespons lebih optimal melalui sentuhan lembut dan penuh kasih sayang. Secara jangka panjang, efek sentuhan dapat memengaruhi sistem genetis pada otak bayi sehingga ia dapat lebih mengendalikan stres di berbagai tahap pertumbuhan selanjutnya.



“Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat memengaruhi pekembangan otak bayi, tapi juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, memengaruhi suasana hati, tingkat stres, dan memiliki banyak manfaat lainnya,” ujar Profesor Francis McGlone, Professor of Neurosciene di Liverpool John Moores University, Inggris, dalam acara "Virtual Launching Cussons Baby Powder" yang digelar beberapa waktu lalu.

Nah, agar manfaat sentuhan Moms terhadap Si Kecil bisa lebih optimal, Anda juga bisa sambil mengaplikasikan bedak khusus bayi. “Tuang bedak bayi pada tangan, tipis-tipis saja dan usapkan dengan lembut di punggung, tangan, kaki bayi. Jangan langsung ditaburkan ke tubuh bayi serta jauhkan dari daerah genital dan wajahnya,” jelas Dr. Haryono Hartono, PhD, Head of Research and Development, APAC PZ Cussons.

Ia juga menyarankan untuk memilih bedak sesuai dengan momen yang tepat, seperti Cussons Baby Powder. Sudah lama dikenal sebagai produsen perlengkapan serta kebutuhan bayi, Cussons kini mengeluarkan tiga varian wangi baru, yaitu Sakura, Vanilla, dan Mixed Berry.





Sebagai Mood Booster

Cussons Baby Powder telah diformulasikan secara khusus dengan inovasi Moodscent, yaitu pengembangan teknologi dengan wewangian tertentu yang membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan. “Teknologi Moodscent telah terbukti melalui sebuah metode analisis yang melakukan pembuktian korelasi antara suasana hati dengan aroma atau wewangian tertentu,” jelas Dr. Haryono.

Dengan inovasi Moodscent, tiga varian baru Cussons Baby Powder tentunya memiliki manfaat yang berbeda. Varian Sakura bisa menimbulkan perasaan nyaman, Vanilla untuk relaksasi, dan Mixed Berry yang bisa membuat mood Si Kecil jadi lebih ceria.

“Aku sudah mencoba Cussons Baby Powder untuk anakku, tapi dengan wangi yang berbeda pada saat pagi dan siang hari. Aku perhatikan Ariella lebih happy, jadi makannya juga pintar. Minum susu juga pintar,” ungkap Yuanita Christiani, presenter sekaligus ibu dari Ariella Lenora Wiguna.

Moms juga bisa menggunakan Cussons Baby Powder sebagai mood booster bagi Si Kecil. Tapi ingat ya, jangan mengaplikasikan langsung bedak ke area muka atau genitalnya. Sebaiknya, tuangkan bedak ke tangan Anda terlebih dahulu. Lalu oleskan tipis-tipis ke kulit punggung, tangan, dan kaki Si Kecil. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Cussons)



Tags: bayi,   sentuhan ibu