Mother&Baby Indonesia
Manfaat Menari dengan Musik Bersama si Kecil

Manfaat Menari dengan Musik Bersama si Kecil

Happy Parents, Anda suka mendengarkan musik? Kalau ya, Anda pasti setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa musik menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Musik pun punya peran penting untuk si Kecil. Banyak manfaat mendengarkan musik bagi si Kecil, apalagi jika ia sambil menggerakkan badannya untuk menari. Jadi, jangan ragu untuk memutarkan lagu dan mengajak keluarga untuk menari bersama, Moms. Pasti asyik sekali!

Selain menyenangkan, ada sederet manfaat lain dari mendengarkan musik bersama sambil menari. Mendengarkan musik bersama bisa membantu memperkuat ikatan antara Si Kecil dan keluarga, mendukung dalam stimulasi kemampuan emosional, sosial, kognitif, dan motoriknya! Musik juga dapat menimbulkan perasaan bahagia, lho!

Teori Mozart Effect mengungkapkan hubungan yang menarik antara musik dan perkembangan kecerdasan manusia. Musik dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak dan intelektual manusia secara optimal. 

Selain memperdengarkan musik yang beragam, Moms juga bisa ajak si Kecil untuk bersenandung dengan mengikuti alunan musik yang ia dengar. Hal ini bisa melatih kemampuan bahasa dan komunikasi si Kecil karena saat bernyanyi ia sekaligus belajar kosakata baru dengan cara yang menyenangkan.

Lalu, bagaimana dengan manfaat menari bagi si Kecil? Ada banyak! Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari McMaster University di Ontario, Kanada, bergerak mengikuti irama musik dapat berdampak pada perilaku sosial sejak dini. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa balita akan lebih sering membantu dan memiliki ikatan yang lebih kuat dengan orang-orang yang suka menari mengikuti irama musik bersamanya.

Tak hanya itu, menari juga bisa membantu memperkuat daya ingat, menumbuhkan rasa percaya diri, melatih otot, serta membentuk postur tubuh yang lebih baik bagi si Kecil lho, Moms!

Tips Mengenalkan Musik dan Tari pada Anak

Meski tampak mudah, mengenalkan musik dan tari kepada si Kecil dapat membingungkan, ya. Tak perlu khawatir, karena ada banyak cara untuk mengenalkan si Kecil dengan musik dan tari, di antaranya:

• Putarkan berbagai jenis musik dan biarkan si Kecil mendengarkan musik tersebut. Alunan musik tidak hanya mendorong si Kecil untuk bergerak. Stimulasi bunyi dan irama yang ada pada musik membantu menstimulasi pendengaran si Kecil.

• Saat si Kecil mendengarkan musik, ia juga akan mencoba bersenandung mengikuti lirik lagu. Hal ini tentu bisa menjadi stimulasi yang baik untuk meningkatkan kemampuan bahasanya karena ia belajar kosakata baru dari lagu yang ia dengar.

• Ajak si Kecil menari bersama mengikuti irama musik yang ada. Aktivitas menari akan membantu menstimulasi otak untuk lebih fokus dengan gerakan-gerakan yang diberikan. Lakukanlah tarian yang sederhana bersama si Kecil sebagai stimulasi otak agar ia dapat melatih fokus dan konsentrasi.

• Moms bisa juga minta si Kecil menciptakan gerakan menari dan meniru gerakannya. Hal ini bisa menstimulasi kreativitas si Kecil saat berimprovisasi membuat gerakan baru.

• Buat suasana lebih menyenangkan dan berkesan dengan bernyanyi serta tertawa bersama. Kegiatan ini bisa melepaskan hormon endorfin dan membuat Anda dan si Kecil merasa lebih bahagia dan rileks. Jangan lupa jadikan momen bahagia ini diingat seluruh anggota keluarga, Moms!

Dengan mendengarkan musik dan menari bersama akan tercipta kebersamaan dan kedekatan dengan keluarga. Kebersamaan dan kedekatan dengan keluarga ini tentunya akan menumbuhkan rasa bahagia pada Si Kecil, Moms.

Untuk mendukung kesehatan si Kecil, Moms tentunya juga perlu memberikannya makanan bergizi.

LACTOGROW 3 HappyNutri mengandung Lactobacillus reuteri serta serat pangan inulin dan dilengkapi dengan kandungan zat besi, omega-3, omega-6, 12 vitamin, dan juga 0g sukrosa untuk mendukung tumbuh kembangnya.


Yuk, bantu jaga kesehatan pencernaan balita, Moms. Dimulai dari kondisi saluran cerna yang sehat, Moms dapat mendukungnya tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Karena #GrowHappy dimulai dari dalam.

(Gabriela Agmassini/SW/Foto: Dok. 123RF/fizkes)



Tags: grow happy,   lactogrow,   anak sehat,   anak bahagia,   tumbuh bahagia,   balita