Mother&Baby Indonesia
Tips Ampuh agar Anak Mau Makan Makanan Bergizi

Tips Ampuh agar Anak Mau Makan Makanan Bergizi

Moms, sebagai orang tua, Anda pastinya ingin agar si Kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat. Tak heran jika Anda berusaha untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan berbagai makanan dan minuman yang bergizi, yang tentunya bisa membantu mendukung tumbuh kembang si Kecil dengan optimal.

Namun pada kenyataannya, membiasakan anak agar mau makan makanan yang bergizi bukanlah hal yang mudah. Sering kali proses pemberian asupan nutrisi terkendala karena anak susah makan. Si Kecil seakan punya banyak strategi untuk menolak makanan yang diberikan, sehingga tak jarang membuat Anda menyerah kehabisan akal.

Tantangan dalam memberi makan yang bergizi kepada si Kecil tidak berhenti sampai di sana. Semakin besar, ia mulai menjadi picky eater alias pemilih makanan. Anda pun akan mengalami kesulitan untuk memberikan asupan yang sehat kepadanya, karena si Kecil hanya mau makan makanan yang ia sukai.

Tetapi Anda tak perlu bingung, Moms. Dengan membiarkan si Kecil mengambil keputusan dalam memilih makanannya sendiri, ini bisa menjadi cara untuk mengarahkannya pada pilihan makanan yang penuh nutrisi. Cara ini juga dipercaya dapat membantu mengembangkan kepribadian karakter si Kecil. Nah, bagaimana caranya agar anak mau mengonsumsi makanan yang bernutrisi setiap harinya? Ikuti tips berikut ini, Moms! 

1. Libatkan si Kecil

Sebagai langkah awal, Moms bisa berikan kesempatan pada si Kecil untuk ikut menentukan menu yang akan dikonsumsi saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Ajak ia untuk berbelanja bahan makanan bersama Anda, dan biarkan si Kecil mengambil buah atau sayuran favoritnya. Ajak juga ia ke dapur dan membantu Anda mengolah sayuran yang ia pilih. Setelah itu, Anda bisa menyajikan buah dan sayuran yang sudah ia pilih untuk dimakan. Hal ini akan membuat si Kecil lebih antusias menikmati makanannya.

2. Tawarkan Makanan Bernutrisi sebagai Pilihan

Tentunya Moms perlu memberikan berbagai pilihan makanan bernutrisi pada si Kecil sehingga ia terlatih untuk selalu memilih makanan bernutrisi. Misalnya Anda bisa menawarkan pilihan jenis sayuran yang berbeda, brokoli atau wortel, dan biarkan anak memilih mana yang ia suka.

3. Biarkan si Kecil Memilih Makanannya Sendiri

Biarkan dan pastikan anak Anda memilih makanannya sendiri ya, Moms! Dengan begitu, secara perlahan si Kecil akan menyukai dan menerima apa yang ia pilih. Ia pun akan belajar menerima dan menghargai pilihan yang telah ia buat.

4. Ciptakan Kesenangan saat Makan

Ajaklah si Kecil makan dengan cara yang menyenangkan, seperti piknik di halaman belakang sambil menikmati makan siang atau mengundang beberapa temannya untuk makan bersama. Menu sehat sederhana yang Anda siapkan untuk Si Kecil pasti akan terasa lebih lezat jika dinikmati dengan cara-cara ini.

Untuk mendukung kesehatan si Kecil, Moms tentunya juga perlu memberikannya makanan bergizi.

LACTOGROW 3 HappyNutri mengandung Lactobacillus reuteri serta serat pangan inulin dan dilengkapi dengan kandungan zat besi, omega-3, omega-6, 12 vitamin, dan juga 0g sukrosa untuk mendukung tumbuh kembangnya.


Yuk, bantu jaga kesehatan pencernaan balita, Moms. Dimulai dari kondisi saluran cerna yang sehat, Moms dapat mendukungnya tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Karena #GrowHappy dimulai dari dalam.

(Vonda Nabilla/SW/Foto: Dok. 123RF/marctran)



Tags: grow happy,   lactogrow,   anak sehat,   anak bahagia,   tumbuh bahagia,   balita