Mother&Baby Indonesia
Cara Seru Melatih Kemandirian Anak dengan Bermain

Cara Seru Melatih Kemandirian Anak dengan Bermain

Moms, melihat si Kecil tumbuh mandiri dan ceria tentu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Anda. Seiring bertambahnya usia si Kecil, semakin banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menstimulasi kemandirian anak sejak dini.

Salah satu cara sederhana yang bisa Anda coba adalah memberinya kebebasan memilih ketika bermain, dengan begitu rasa percaya dirinya akan terbentuk sehingga si Kecil akan lebih fokus. Ya, hal sederhana seperti ini tak hanya efektif menstimulasi kemandirian anak, tetapi juga mengoptimalkan tumbuh kembangnya lho, Moms.

Mau tahu bagaimana cara tepat untuk mendukung si Kecil agar tumbuh mandiri dan bahagia dengan bermain? Ikuti langkah-langkah berikut ini yuk, Moms.

Bermain ala si Kecil

Cobalah untuk memberi kebebasan pada si Kecil untuk memilih sendiri jenis permainan yang ingin ia mainkan. Tak hanya itu, biarkan juga ia bermain dengan caranya sendiri, tanpa harus selalu mengikuti peraturan baku dari permainan tersebut. Sesekali biarkan ia membuat peraturannya sendiri dalam bermain. Pemberian kontrol kepada anak dapat memunculkan rasa kemandirian.

Ikut Bermain dengan si Kecil

Anak balita membutuhkan rasa aman yang muncul dengan kehadiran orang tuanya. Ketika rasa aman ini hadir, ia akan lebih optimal dalam mengembangkan kemampuannya, salah satunya kemandirian. Karena itu, luangkan waktu Anda untuk ikut bermain dengan si Kecil.

Tak hanya itu, ikut bermain bersama si Kecil juga bisa menjadi quality time sambil mengembangkan kemandirian anak lho, Moms. Mulailah dengan mengajaknya bermain dengan benda yang disukai Si Kecil supaya ia makin tertarik untuk bermain. Ini juga efektif meningkatkan kreativitas anak, Moms.

Berikan Pujian

Setiap ia berhasil melakukan sesuatu, jangan lupa untuk memberikan pujian. Ini menunjukkan pada si Kecil kalau Moms menghargai usahanya untuk meraih sesuatu. Ingat, berilah pujian dengan tulus dan puji anak karena usahanya, bukan karena hasilnya. Cara ini membuat si Kecil mengerti kalau setiap keberhasilan membutuhkan usaha yang maksimal, dan usaha tersebutlah yang diapresiasi oleh orang tua.

Beri Dukungan untuk si Kecil

Dengan semangat dan dukungan yang diberikan Moms, anak akan lebih percaya diri dan bersikap lebih positif. Jangan sepelekan manfaat dukungan orang tua untuk si Kecil, karena ini sangat baik untuk menunjang kemandirian anak.

Nah, ternyata banyak hal seru yang bisa Moms lakukan saat bermain bersama si Kecil, agar ia grow happy bersama Happy Parents.

Untuk mendukung kesehatan si Kecil, Moms tentunya juga perlu memberikannya makanan bergizi.

LACTOGROW 3 HappyNutri mengandung Lactobacillus reuteri serta serat pangan inulin dan dilengkapi dengan kandungan zat besi, omega-3, omega-6, 12 vitamin, dan juga 0g sukrosa untuk mendukung tumbuh kembangnya.


Yuk, bantu jaga kesehatan pencernaan balita, Moms. Dimulai dari kondisi saluran cerna yang sehat, Moms dapat mendukungnya tumbuh sehat, aktif, dan bahagia. Karena #GrowHappy dimulai dari dalam.

(Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dok. Freepik/jcomp)



Tags: grow happy,   lactogrow,   anak sehat,   anak bahagia,   tumbuh bahagia,   balita