Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Kaldu Bubuk Non-MSG untuk Masakan Lezat dan Sehat

Rekomendasi Kaldu Bubuk Non-MSG untuk Masakan Lezat dan Sehat

Saat bayi Anda sudah memulai masa MPASI dan belajar mengenal makanan padat, Moms tentu sangat bersemangat untuk memberikan Si Kecil berbagai macam makanan yang tak hanya lezat, tapi juga sehat dan dan mengandung nutrisi baik untuknya.

Namun Moms juga sadar, menyediakan MPASI atau menu makanan sehari-hari bagi Si Kecil tidak selamanya mudah. Selain menghitung nilai gizi yang terkandung di dalamnya, Moms juga perlu memikirkan cara mengolah makanan tersebut sehingga rasanya disukai oleh buah hati Anda.

Salah satu cara agar menu MPASI terasa lebih enak, Anda bisa menambahkan bubuk kaldu non-MSG. Bubuk ini juga bisa digunakan dalam menu harian keluarga yang ingin menghindari penggunaan MSG atau monosodium glutamat. Kini bubuk kaldu non-MSG sudah banyak beredar di pasaran. Berikut beberapa di antaranya, Moms.



1. Lemonilo Kaldu Pelezat Alami

Merek yang satu ini memang sudah cukup dikenal sebagai produsen makanan sehat. Selain mi, Lemonilo juga memiliki produk kaldu pelezat yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa adanya pengawet, perasa, dan pewarna sintetis. Lemonilo juga menggunakan silica gel dari bahan alami (zeolit) yang berkualitas food grade sehingga tidak beracun dan aman. Produk ini hadir dalam empat varian rasa, yaitu ayam, ayam kampung, sapi, dan jamur.

Beli di sini Tokopedia

2. Alsultan Kaldu Bubuk Non-MSG

Alsultan Kaldu Bubuk Non-MSG diolah dengan menggunakan campuran rempah-rempah khas Indonesia dan rendah garam. Yang tak kalah penting, produk ini sudah memiliki sertifikat dari Departemen Kesehatan RI dan sertifikat halal dari MUI. Selain itu, produk ini sudah memenuhi standar keamanan pangan Australia. Kaldu Bubuk ini juga memiliki beberapa varian rasa, antara lain, sapi, ayam, jamur, dan rumput laut.

Beli di sini Tokopedia

3. Kaldu Totole

Bukan hanya non-MSG, Kaldu Totole juga non-kolesterol sehingga aman dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Produk ini juga diproses dan dikemas secara higienis. Pada awalnya, Kaldu Totole hanya hadir dalam varian rasa jamur. Namun kini, Totole juga memiliki varian rasa ayam. Selain di e-commerce, produk ini juga bisa didapatkan di toko atau supermarket.



Beli di sini Shopee

4. Amay Kaldu Organik Premium

Amay Kaldu Organik Premium terbuat dari seratus persen daging dan sayuran organik berkualitas, tanpa tambahan perasa, pewarna, serta pengawet buatan. Selain itu, produk ini juga tidak mengandung gula, garam, maupun MSG, jadi lebih aman dikonsumsi anak-anak. Agar makanan terasa lebih enak, Moms bisa memilih Amay Kaldu Organik Premium dengan varian rasa ayam, sapi, tuna, kakap, dan salmon.

Beli di sini Tokopedia

5. Alania Kaldu Bubuk

Alania Kaldu Bubuk memiliki cukup banyak varian rasa. Selain rasa sapi, ayam, dan ayam kampung, Kaldu bubuk ini juga memiliki varian rasa jamur serta vegetarian (sayuran) bagi Anda yang menghindari konsumsi daging. Produk ini tidak mengandung MSG, pengawet, perasa, dan pewarna buatan. Alania Kaldu Bubuk juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Beli di sini Tokopedia

(Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Shopee, Bukalapak, TokoBumbu)



Tags: rekomendasi,   kaldu bubuk non-msg