Mother&Baby Indonesia
Heartburn saat Hamil? Ini 8 Cara Alami untuk Mengatasinya

Heartburn saat Hamil? Ini 8 Cara Alami untuk Mengatasinya

Heartburn adalah istilah umum untuk menggambarkan sensasi panas atau perih pada tenggorokan, dada, atau perut bagian atas. Sensasi ini muncul akibat naiknya asam lambung, sehingga kondisi ini sering juga disebut sebagai acid reflux. Duh, pasti tubuh jadi terasa tidak nyaman saat ini Anda alami ya, Moms!

Sayangnya, heartburn termasuk cukup umum dialami oleh ibu hamil, seperti dikutip dari laman NHS (National Health Service). Perubahan hormon di trimester pertama dan perkembangan janin di trimester ketiga merupakan pemicu utama heartburn selama hamil. Meski tampak tak bisa dihindari, Moms tak perlu khawatir, karena ada berbagai cara efektif dan alami untuk mengatasi masalah tersebut.



Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi heartburn selama hamil secara alami. Yuk, simak penjelasan berikut!

Mengonsumsi Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah meredakan gejala heartburn. Selain itu, jahe juga bisa mengatasi mual dan muntah yang sering kali terjadi seiring dengan gejala heartburn. Moms bisa konsumsi minuman jahe atau permen yang mengandung jahe untuk membantu mengatasi heartburn.

Minum Susu atau Yoghurt

Mengutip Healthline, meminum susu atau yoghurt saat gejala heartburn mulai muncul bisa membantu meredakannya dengan maksimal. Meski begitu, beberapa orang memiliki sensitivitas masing-masing terhadap susu dan produk olahannya. Maka, pastikan Anda tidak memiliki intoleransi laktosa jika ingin mengonsumsi susu agar heartburn tak semakin parah.



Minum Teh Herbal

Mengonsumsi teh herbal tertentu, seperti teh peppermint atau chamomile, dipercaya sejak lama mampu meredakan nyeri serta sensasi panas akibat heartburn. Seduh dengan madu dan konsumsi selagi hangat untuk kenyamanan yang maksimal.

Mengonsumsi Pepaya

Jika Moms mengalami heartburn yang disebabkan oleh proses pencernaan yang tergolong lama, maka Moms bisa konsumsi lebih banyak makan-makanan yang bisa membantu proses pencernaan seperti pepaya atau nanas.

Makan Oat

Dikutip dari Medical News Today, International Foundation for Gastrointestinal Disorders memberikan daftar makanan yang bisa membantu meredakan acid reflux, antara lain oat, roti whole grain, nasi, couscous, putih telur, daging, kentang, buah non-sitrus, lemak sehat, dan sayur akar-akaran.

Jangan Makan Hingga Kenyang

Meski sedang sangat lapar, hindari makan hingga kenyang, Moms. Sebabnya, perut yang terlalu penuh dapat memicu heartburn, bahkan pada orang yang tidak hamil sekalipun. Daripada makan 3 kali sehari dengan porsi besar, Moms bisa coba makan dengan frekuensi 5-6 kali sehari dengan porsi yang lebih kecil.

Berhati-hati saat Minum

Hindari minum air terlalu banyak dalam sekali waktu atau minum selagi makan. Kedua hal ini dapat memicu asam lambung naik dan heartburn. Minum segelas air di antara waktu makan atau setiap berselang beberapa jam dapat memenuhi kebutuhan cairan Moms sekaligus menjaga Anda dari heartburn.

Hindari Makan Sebelum Tidur

Melansir laman Health, Joel Richter, MD, pimpinan divisi gastroenterologi dan nutrisi serta pusat penyakit esofagus di University of South Florida, menyatakan bahwa makan sebelum tidur dapat memicu heartburn. Ia merekomendasikan bumil untuk makan setidaknya 3 jam sebelum tidur. Setelah makan, sebaiknya Moms duduk atau beraktivitas untuk menghindari asam lambung naik. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   heartburn,   ibu hamil