Mother&Baby Indonesia
Selain Romantis, Ini Lho, Manfaat Sentuhan Fisik dengan Pasangan

Selain Romantis, Ini Lho, Manfaat Sentuhan Fisik dengan Pasangan

Moms, selama masa pacaran atau saat baru menikah, mungkin Anda sering memperlihatkan kemesraan pada pasangan dengan cara memegang dan memeluknya. Hmm, tapi seberapa sering Anda melakukan hal tersebut setelah memiliki satu atau dua orang anak?

Bersentuhan secara fisik atau skinship sesungguhnya bukan hanya sebagai tanda bahwa Anda dan suami adalah pasangan yang romantis, lho. Ada banyak manfaat lain yang bisa Moms dapatkan dengan melakukan sentuhan fisik dengan Dads, seperti berikut ini.

1. Mempererat Hubungan dengan Pasangan

Rutin melakukan sentuhan fisik dengan pasangan bisa membuat hubungan batin dan emosional antara Anda dan pasangan menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan sentuhan fisik seperti berpelukan atau sekadar bergandengan tangan mampu meningkatkan produksi hormon oksitosin di dalam tubuh Anda.

Seperti diketahui, hormon oksitosin merupakan hormon yang dapat membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Anda akan merasa lebih bahagia ketika kadar oksitosin dalam tubuh meningkat.

Sebagai catatan, hormon oksitosin juga akan meningkat ketika Anda merasakan kasih sayang atau hubungan emosional yang intens. Nah, Anda bisa lebih sering saling berpelukan saat bersantai di rumah atau menjelang tidur guna mendekatkan diri secara emosional dengan pasangan.

2. Meredakan Stres

Saat Anda bersentuhan secara fisik dengan orang yang disayangi, tubuh akan menghasilkan zat kimia di otak yang bernama serotonin. Zat ini dapat menimbulkan perasaan bahagia. Sentuhan fisik juga dapat menurunkan hormon stres atau kortisol.

Itulah sebabnya sentuhan fisik seperti berpegangan tangan atau berpelukan dengan pasangan dapat membuat detak jantung lebih teratur, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres. Sentuhan fisik dengan orang terdekat juga dapat membuat Anda terhindar dari rasa kesepian.

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sentuhan fisik juga bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini diduga karena sentuhan fisik dengan orang Anda sayangi bisa mengurangi stres dan membuat perasaan Anda lebih bahagia. Rasa bahagia disinyalir ikut berpengaruh dalam meningkatkan kerja sistem imun dalam tubuh Anda.

4. Meredakan Nyeri

Saat merasakan nyeri di tubuh, seperti nyeri punggung, nyeri otot, dan sakit kepala karena stres, cedera, atau sedang tidak fit, Anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara, mulai dari beristirahat hingga mengonsumsi obat pereda nyeri. Tapi tahukah Anda bahwa rasa nyeri juga bisa diredakan dengan sentuhan fisik? Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan fisik bisa membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini merupakan hormon pereda nyeri dan stres.

Nah, Moms dan Dads, kini Anda sudah tahu manfaat saling memberikan sentuhan fisik dengan pasangan setiap hari. Jadi, jangan ragu lagi untuk lebih sering memeluk atau sekadar menggenggam tangan pasangan Anda.

Akan tetapi, selama masa pandemi COVID-19 ini tentunya ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan saling bersentuhan, seperti memastikan diri Anda dalam keadaan bersih. Setelah pulang dari kantor atau bepergian, jangan langsung memeluk pasangan Anda, ya. Sebaiknya Anda mandi dan berganti pakaian terlebih dahulu guna meminimalisasi risiko tertular serta menularkan virus corona. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: sentuhan fisik,   keluarga,   suami istri,   skinship