Mother&Baby Indonesia
10 Manfaat Menakjubkan ASI yang Jarang Orang Ketahui

10 Manfaat Menakjubkan ASI yang Jarang Orang Ketahui

Tak dimungkiri bahwa air susu ibu atau ASI merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik untuk Si Kecil. ASI mengandung segala hal yang dibutuhkan bayi Anda khususnya selama enam bulan pertama kehidupannya. Selain memberikan sejumlah nutrisi yang optimal untuk bayi, ASI juga melindungi Si Kecil dari berbagai alergi, infeksi, dan penyakit.

Meskipun ASI telah diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan, ASI ternyata juga memiliki beberapa manfaat lainnya yang mengejutkan dan luar biasa yang jarang diketahui orang. Apa saja ya? Ini 10 manfaat lain dari ASI, Moms.



1. Mengatasi Puting Susu yang Lecet

Puting susu lecet atau cracked nipples yang bisa menimbulkan rasa nyeri ini sangat umum terjadi saat proses menyusui. Nah, ASI bisa Moms gunakan sebagai pelembap untuk menenangkan dan mengatasi puting lecet juga kulit kering. Jika Moms mengoleskan ASI pada puting yang nyeri dan lecet, ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan tidak nyaman yang Anda rasakan.

2. Mengatasi Ruam Popok

Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dan rentan terhadap ruam. Jika bayi Anda menderita ruam popok, ASI dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi. ASI dapat digunakan sebagai pengobatan rumahan yang efektif untuk menyembuhkan masalah pada kulit bayi dengan lebih cepat. Setelah mengoleskan ASI ke bokong bayi Anda, pastikan ASI telah mengering sebelum Anda mengenakan popok kembali pada bayi.

3. Meredakan Kulit Terbakar Matahari

Bila Moms dan Si Kecil bepergian di hari yang panas atau berada di bawah sinar matahari tanpa menggunakan perlindungan tepat seperti sunscreen atau tabir surya dengan kandungan SPF tertentu, hal ini bisa berisiko membuat kulit memerah dan terasa perih seperti terbakar. Ajaibnya, ASI bisa membantu meredakan sengatan matahari, khususnya pada kulit Si Kecil.



4. Mencegah Infeksi Telinga

Tak sedikit ibu baru yang melaporkan bahwa setetes ASI di telinga bayi dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat infeksi telinga. Tampaknya ASI menjadi cairan ajaib yang dapat digunakan sebagai obat infeksi telinga pada bayi. Diketahui, ASI mengandung antibodi Immunoglobulin-A tinggi yang disinyalir dapat melindungi bayi dari infeksi.

5. Meredakan Sakit Tenggorokan

Bila bayi Anda menderita pilek, batuk, atau sakit tenggorokan, ASI dapat dimanfaatkan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan Si Kecil dan menjadi nutrisi alami untuk membantu membangun daya tahan tubuhnya serta melawan flu. ASI juga diketahui memiliki antibodi yang dapat memperpendek rentang waktu suatu penyakit.

6. Mengatasi Jerawat pada Bayi

Timbulnya jerawat pada bayi yang baru lahir merupakan kondisi yang cukup sering terjadi. Meskipun benjolan kecil berwarna merah ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya, Moms dapat menggunakan ASI untuk membantu melenyapkan jerawat pada bayi. Caranya mudah, Anda bisa oleskan ASI di area kulit bayi yang berjerawat tersebut.

7. Membuka Saluran Air Mata yang Tersumbat

Bayi biasanya memiliki mata berkerak dan berkaca-kaca dalam beberapa bulan pertama. Biasanya hal ini disebabkan oleh saluran air mata yang tersumbat atau dikenal dengan istilah blocked tear ducts. Untuk mengatasinya, Moms bisa meneteskan ASI ke bagian mata yang teriritasi.

8. Mengatasi Eksim

Selain sensitif, kulit bayi juga mudah kering, sehingga dapat menyebabkan timbulnya eksim. Namun tak perlu khawatir, ASI dapat membantu meringankan eksim bayi Anda. Teteskan ASI pada kapas dan oleskan ke area yang mengalami eksim. Eksim akan hilang dengan sendirinya seiring waktu. Namun jika eksim telanjur parah, maka mungkin diperlukan perawatan dan pengawasan dokter sesuai tingkat keparahannya.

9. Mengatasi Iritasi Kulit Lainnya

Kulit bayi baru lahir sangat halus dan rentan terhadap iritasi dan ruam. Oleh karena itu, menggunakan beberapa tetes ASI di area yang teriritasi atau mengalami ruam dapat mencegah ruam menyebar dan meredakan kemerahan serta iritasi pada kulitnya.

10. Mengatasi Rasa Sakit saat Tumbuh Gigi

Moms bisa membekukan ASI menjadi es loli atau popsicle untuk membantu meringankan rasa sakit saat Si Kecil tumbuh gigi. Bila ia sudah dikenalkan makanan padat, Moms bisa mencoba mencampurkan buah atau sayuran dengan ASI untuk sekaligus menjadi camilan yang lezat dan bergizi bagi Si Kecil. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: asi,   manfaat asi