Mother&Baby Indonesia
9 Kebohongan Orang Tua yang Lucu dan Faktanya

9 Kebohongan Orang Tua yang Lucu dan Faktanya

Bagaimana pun berbohong bukanlah hal yang baik. Maka dari itu, Moms dan Dads pasti mengajarkan Si Kecil sedari dini untuk tidak melakukannya dan selalu berkata jujur. Namun, menjadi orang tua memang tidaklah mudah.

Ada kalanya orang tua dihadapkan pada momen tertentu yang membutuhkan kreativitas khusus, baik demi melindungi Si Kecil, mengakali pembicaraan yang sulit, maupun hanya untuk mencari sedikit kesenangan.



Lucu dan sering dilontarkan, berikut ini beberapa kebohongan yang sering dikatakan oleh orang tua beserta fakta di baliknya. Kira-kira, Moms sudah pernah berbohong tentang apa saja?

#1 Biji Semangka Bisa Tumbuh di Perut Jika Tertelan

Mungkin Moms juga mendengarnya dulu saat masih kecil dan kini giliran Anda mewariskan kebohongan lucu ini pada Si Kecil. Faktanya, alih-alih tumbuh di dalam perut, biji semangka yang tertelan akan keluar bersamaan dengan feses. Meski begitu, memakan semangka memang perlu berhati-hati karena bijinya dapat menyebabkan Si Kecil tersedak.

#2 Permen Karet yang Ditelan Akan Selamanya di Perut

Permen karet biasanya tidak terbuat dari bahan yang bisa dicerna oleh tubuh. Namun, menelan permen karet tidak berarti akan bertahan selamanya di dalam tubuh. Walaupun begitu, kebohongan ini adalah trik mujarab agar Si Kecil tak ketagihan mengunyah permen karet di kala momen makan malam datang.



#3 Susu Cokelat Adalah Susu dari Sapi Cokelat

Kebohongan ini memang terdengar lucu, namun sekitar 7% orang dewasa di Amerika Serikat mempercayainya! Tidak ada salahnya Moms mengusili Si Kecil dengan kebohongan ini, lalu lihat reaksinya. Kenyataannya, sapi berwarna cokelat tidak mengeluarkan susu berwarna cokelat juga.

#4 Jangan Menjerengkan Mata, Nanti Permanen

Moms mungkin ingin menghentikan keusilan Si Kecil saat bermain dengan mimiknya menggunakan kebohongan ini. Namun faktanya, mata tidak akan jereng secara permanen jika sengaja dijerengkan. Sebaliknya, mata jereng dapat menjadi dampak dari penyakit atau gangguan saraf maupun otot.

#5 Tutup Mata saat Bersin agar Tidak Copot

Ini adalah salah satu kebohongan yang cukup jahat. Bayangkan saja rasa takut Si Kecil jika bola matanya keluar bila tidak menutup mata saat bersin. Memang tekanan darah pada bola mata dapat meningkat sedikit saat Anda bersin, tapi tidak akan membuat kedua mata Anda keluar dari tengkorak.

#6 Hidung Bisa Panjang Kalau Berbohong

Berbohong bukan hal baik dan Moms mengajarkan Si Kecil agar tak berbohong dengan kebohongan. “Kalau berbohong, nanti hidungnya bisa panjang!” Mengutip dongeng Pinokio, kebohongan ini cukup mujarab untuk membuat Si Kecil berbicara jujur. Di samping itu, sains menemukan bahwa hidung dapat menjadi panas atau kemerahan saat berbohong.

#7 Minum Kopi Bisa Bikin Cebol

Tentu menyebalkan saat Si Kecil mulai menyeruput habis kopi Anda, dan kebohongan ini cukup efektif untuk menyelamatkan kopi Anda dari Si Kecil. Para ahli sepakat bahwa berlebihan kafein pada anak bukanlah hal terbaik bagi orang tua, tapi tak akan membuat anak stunting atau berhenti tumbuh.

#8 Tokonya Tutup!

Ada kalanya kalimat ini diucapkan berdasarkan fakta, namun sering kali menjadi sebuah kebohongan agar Si Kecil berhenti meminta pergi ke toko mainan. Tak hanya toko mainan, mungkin Moms juga pernah menggunakan kalimat ini saat Si Kecil merongrong Anda untuk pergi ke mini market, taman bermain, ataupun McDonald’s!

#9 Makan Wortel agar Bisa Melihat di Dalam Gelap

Untuk mengakali Si Kecil rajin mengonsumsi sayur-sayuran, ada berbagai white lies yang sering diucapkan. Salah satunya adalah “rajin makan wortel bisa membuatmu melihat dalam gelap”. Memang wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk mata, tapi tidak membuat Si Kecil jadi memiliki kekuatan super untuk mampu melihat dalam gelap, ya. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   parenting,   white lies,   orang tua