Mother&Baby Indonesia
Perkaya Bumbu di Rumah dengan Menanam Rempah Sendiri, Yuk!

Perkaya Bumbu di Rumah dengan Menanam Rempah Sendiri, Yuk!

Setiap menu masakan tentu memiliki ciri khas dan cita rasanya masing-masing, seperti menu masakan dari Indonesia yang kaya aroma dan rempah atau menu Eropa yang punya aroma ringan namun lezat untuk disantap bersama keluarga. Jadi, bisa dikatakan bahwa beragam masakan memang ditentukan salah satunya oleh rempah yang dipakai.

Dan dibandingkan membeli rempah, Moms juga bisa mendapatkan rempah segar hasil dari menanam sendiri di rumah, lho! Apa saja jenis tanaman rempah dan bumbu penyedap masakan yang bisa Anda tanam sendiri di taman kecil rumah Anda dan mudah perawatannya?

1. Daun Ketumbar

Salah satu bahan yang cukup sering dipakai dalam masakan Indonesia adalah daun ketumbar. Tumbuhan dengan nama latin Coriandrum sativum ini memiliki biji yang bisa dijadikan tambahan bumbu masakan atau daun yang bisa dipakai untuk menghias dan menambah rasa makanan.



Untuk menanam ketumbar, Moms bisa merendam biji ketumbar di dalam air hangat dahulu selama 2 hingga 12 jam untuk mengaktifkan biji. Kemudian, masukkan biji ke tanah sedalam 1/4 inci (0,6 cm) dan bijinya akan tumbuh 7-10 hari dengan tidak memerlukan sinar matahari penuh. Anda cukup meletakkannya di tempat yang teduh seperti teras atau dekat jendela dapur.

2. Jintan

Jintan atau jinten adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sering dipakai untuk bumbu dapur. Aroma dan cita rasanya pun cukup dominan di beragam masakan. Jintan bisa tumbuh di dalam pot atau taman dengan paparan matahari yang cukup banyak. Yang penting, Moms perlu memastikan tanah selalu lembap dan pot memiliki sistem drainase yang baik. Bunga jintan sendiri bisa dipanen dalam waktu 4-5 bulan.

3. Daun Oregano

Bagi Anda yang suka menu sederhana dan mudah dibuat, Anda bisa gunakan daun oregano untuk penyedap rasa makanan. Biasanya oregano dijadikan taburan pizza, spaghetti, atau risotto. Untuk menanamnya, Anda perlu menyiapkan tanah kompos dan pupuk organik dalam pot, lalu masukkan bibit oregano.

Timbun bibit dengan sedikit media tanam dan setelah 5-10 hari ditanam, akan muncul kecambah oregano. Bibitnya sendiri rentan patah, sehingga Moms hanya perlu menyemprotkan air secara perlahan. Letakkan di posisi yang terkena cukup cahaya matahari agar pertumbuhannya baik.

4. Jahe dan Kunyit


Ternyata, jahe dan kunyit yang sering dipakai dalam macam-macam masakan Indonesia juga mudah ditanam sendiri, lho! Cara menanamnya pun kurang lebih sama dan cukup sederhana. Moms memerlukan rimpang yang mengandung “mata” alias tunas yang sedang tumbuh dari kedua tumbuhan ini.

Kemudian, rendam bibit jahe ke dalam larutan agrimicin 0,1% selama 8 jam lalu angkat dan keringkan. Adapun untuk kunyit, Anda bisa langsung tanam di dalam pot dan tidak perlu terkena sinar matahari langsung. Jika usia tanaman sudah memasuki 8 bulan, itu artinya jahe dan kunyit sudah siap dipanen untuk menjadi bumbu masakan Anda.



5. Daun Peterseli

Moms mungkin cukup sering menggunakan daun peterseli sebagai penyedap menu masakan. Tak hanya sebagai hiasan, daun peterseli juga bisa membuat makanan lebih beraroma harum dan menggugah selera. Sebelum menanamnya, benih peterseli harus direndam dalam air. Lalu, semai biji dalam pot dan letakkan di tempat yang gelap dahulu. Baru setelah tampak daun yang tumbuh, pindahkan pot ke tempat yang dekat cahaya matahari.

6. Daun Rosemary

Rempah lain yang juga dipakai dalam menu masakan barat adalah daun rosemary. Bentuknya runcing seperti cemara kecil dengan aroma yang kuat serta rasa yang sedikit pahit. Daun ini sangat cocok untuk dijadikan saus rendaman daging atau dimasak bersamaan.

Untuk menanamnya, stek batang rosemary dewasa bisa Anda potong 10-15 cm dan rendam dalam air hangat beberapa saat. Kemudian, tanam dalam pot di dalam ruangan dan pindahkan setelah akar mulai tumbuh. Berikan pupuk kompos dua minggu sekali agar daun dan bunga bisa berkembang dengan optimal.

7. Cabai Rawit


Bagi Moms yang suka pedas, Anda bisa menanam cabai rawit di rumah dengan cara yang sangat mudah. Pertama, rendam biji cabai rawit ke dalam air bersih, kemudian pilih biji yang tenggelam sebagai bibit terbaik. Setelah itu, jemur biji hingga kering dan tanam sedalam 40 cm di dalam pot. Siram tanaman seminggu sekali agar tanah tidak kering dan beri pupuk agar cabai cepat berbuah. Cabai rawit pun sudah bisa dipanen setelah berumur 3 bulan setelah ditanam.

8. Daun Basil

Rempah lain yang juga mudah ditanam di rumah Anda adalah daun basil, yang bentuk dan aromanya mirip daun kemangi. Basil biasa dicampurkan ke dalam salad, pasta, hingga olahan ikan untuk menambah aroma dan cita rasa.

Untuk menanamnya, Moms cukup mencampurkan tanah dan kompos sebagai media tanamnya. Lalu, masukkan biji basil pada pot dan siram dengan air secukupnya. Tempatkan pot di area yang cukup terkena sinar matahari agar cepat berkecambah dan tumbuh dengan baik.

Selamat mencoba menanam dan semoga berhasil ya, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   tanaman,   bumbu masak,   rempah