Mother&Baby Indonesia
8 Tips Aman Naik Pesawat Selama Pandemi

8 Tips Aman Naik Pesawat Selama Pandemi

Selama pandemi COVID-19, Anda memang disarankan untuk tidak bepergian dan tetap di rumah saja. Akan tetapi terkadang ada keperluan yang sulit dihindari sehingga Moms dan keluarga perlu bepergian dengan menggunakan pesawat.

Pada dasarnya, bepergian menggunakan pesawat tetap berisiko menularkan virus corona meski pemerintah telah menerapkan peraturan untuk menunjukkan hasil swab antigen dan PCR yang dilakukan maksimal tiga hari sebelum keberangkatan. Tapi Moms bisa sedikit meminimalisasi risiko tersebut dengan melakukan tips sebagai berikut:



1. Wajib Menggunakan Masker

Dalam hal ini, pilih masker berkualitas terbaik. Anda bisa menggunakan masker medis atau masker kain setidaknya tiga lapis yang ditambah lapisan tisu jika perlu. Siapkan masker cadangan di tas tangan Anda sebagai antisipasi apabila masker yang Anda gunakan kotor atau basah.

2. Membawa Tisu Alkohol

Sebagai langkah antisipasi penularan COVID-19 dari benda-benda seperti tempat duduk di ruang tunggu, Anda bisa menyiapkan tisu alkohol guna membersihkannya sebelum digunakan.



3. Rajin Membersihkan Tangan

Sebisa mungkin, selalu membersihkan tangan setiap kali menyentuh benda-benda di sekitar area bandara atau di pesawat. Jika memungkinkan, Anda bisa mencuci tangan dengan sabun. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer yang disimpan di tas tangan Anda.

4. Makan Sebelum ke Bandara

Anda mungkin diizinkan untuk melepas masker selama makan dan minum di area bandara maupun di dalam pesawat. Akan tetapi hal itu akan meningkatkan risiko Anda terinfeksi virus corona. Sangat disarankan, Anda makan sebelum berangkat ke bandara sehingga tak perlu lagi mengisi perut di tempat umum. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu sering atau terlalu lama membuka masker.

5. Pilih Maskapai dengan Bijak

Beberapa maskapai penerbangan memiliki kebijakan untuk mengurangi jumlah penumpang dalam satu penerbangan selama masa pandemi COVID-19, tapi ada juga yang tidak. Jika memang memungkinkan, sebaiknya Anda memilih maskapai dengan pembatasan jumlah penumpang sehingga ada jarak lebih renggang antara penumpang saat berada di dalam pesawat. Anda juga bisa memilih penerbangan di waktu-waktu yang tidak terlalu sibuk sehingga jumlah penumpang lebih sedikit.

6. Selalu Menjaga Jarak

Di mana pun Anda, usahakan untuk selalu menjaga jarak, termasuk saat menunggu waktu boarding. Selain itu, Anda juga perlu menghindari kerumunan saat tiba waktunya untuk naik ke pesawat. Jika perlu, Anda bisa menunggu hingga giliran terakhir sehingga tidak terlalu ramai. Hal yang sama juga bisa dipraktikkan saat meninggalkan pesawat. Hindari antrean yang membuat Anda harus berdiri berdekatan. Lebih baik menunggu di tempat duduk hingga antrean melonggar. 

7. Pastikan Anda Sehat dan Bugar!

Ya, saat tubuh Anda sehat dan bugar maka risiko terinfeksi virus corona pun akan berkurang. Oleh sebab itu, pastikan tubuh Anda dalam kondisi fit serta cukup beristirahat dan makan sebelum menggunakan jasa transportasi udara guna meminimalisasi risiko tertular virus corona.

8. Patuhi Protokol Kesehatan

Pihak bandara maupun maskapai penerbangan tentunya memiliki protokol kesehatan guna mengurangi menyebaran COVID-19. Anda perlu mematuhinya karena peraturan tersebut dibuat demi kepentingan bersama. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: pandemi,   covid-19,   virus corona,   naik pesawat