Mother&Baby Indonesia
Lebih Alami dan Realistis, Ini 9 Tren Kecantikan Tahun 2021

Lebih Alami dan Realistis, Ini 9 Tren Kecantikan Tahun 2021

Setiap tahun, tren selalu berubah. Baik dalam fashion maupun kecantikan, perubahan-perubahan yang terjadi selalu terlihat dinamis: ada yang berulang, ada juga yang baru muncul. Lalu, seperti apa sih, tren kecantikan di tahun 2021 ini?

Yang jelas, adanya perubahan kebiasaan dan new normal yang terjadi sejak awal tahun lalu cukup membatasi kebebasan ekspresi dalam penggunaan makeup, sehingga skincare dan kecantikan yang lebih bersifat “membumi” akan menjadi besar di tahun ini.



Penasaran seperti apa? Yuk Moms, simak 9 tren kecantikan yang diprediksi akan booming di tahun 2021 ini!

1. Skinimalism

Tak lagi terlihat berat dengan riasan full coverage, di tahun ini, para perempuan bisa tampil dengan makeup complexion yang jauh lebih natural, glowing, dengan tetap memperlihatkan tekstur alami kulit. Hal ini dibuktikan dengan pencarian kata kunci “makeup natural sehari-hari” yang naik hingga 180%, “produk perawatan kulit buatan sendiri” sebesar 110%, dan “masker wajah lidah buaya” sebesar 115% beberapa bulan belakangan ini. Bahkan, pencarian tentang cara mencerahkan kulit alami dan latihan yoga wajah naik 4 kali lipat.

Sesuai namanya, tren ini mengedepankan pentingnya skincare serta cara merawat wajah yang tepat, dengan makeup yang lebih minimalis. Jadi Moms, alih-alih menggunakan foundation tebal atau berusaha menutupi noda-noda di wajah dengan concealer berlapis-lapis, Anda cukup mengaplikasikan cushion, tinted moisturizer atau sheer foundation dan highlighter. Sebagai pelengkap, Moms bisa menambahkan pulasan blush on cream di area pipi dan lip gloss pada bibir untuk kesan segar.

2. Minimal Skincare

Masih berhubungan juga dengan tren makeup skinimalism, untuk mendapatkan tampilan kulit wajah sehat dan glowing, tentunya Moms harus ekstra memperhatikan perawatan kulit, dong. Apalagi, skinimalism tidak akan menutupi pori-pori besar, jerawat, bekas jerawat, noda hitam, dan masalah kulit lainnya, sehingga kulit yang berfungsi sebagai “kanvas” riasan Anda akan terlihat jelas.

Nah, seiring dengan tren skinimalism tersebut, kegemaran para perempuan terhadap skincare pun ikut meningkat drastis. Mereka pun berlomba-lomba memiliki kulit yang sehat agar lebih percaya diri saat menggunakan riasan tipis atau bahkan tanpa riasan.

Meskipun begitu, tren 10 steps skin care ala Korea tak lagi jadi prioritas utama di tahun 2021 ini. Tahun ini, skincare step yang minimalis lebih disukai, bahkan produk skincare multifungsi seperti toner sekaligus essence atau moisturizer, moisturizer dengan kandungan sunscreen, atau facial wash sekaligus body wash banyak bermunculan dan semakin digemari. Super praktis!

3. Probiotics Skincare

Jika tahun lalu centella asiatica sempat mendominasi produk-produk skincare, tahun ini ada kandungan lain yang akan menjadi primadona, yaitu probiotik. Ya, Anda tak salah baca, Moms. Probiotik ternyata tak hanya baik bagi pencernaan, lho. Bakteri baik ini juga bisa digunakan sebagai bahan skincare karena banyak memberikan manfaat yang sangat baik bagi kulit, di antaranya mampu menjaga kelembapan kulit, menenangkan kulit yang meradang, mencerahkan kulit, hingga bersifat sebagai anti-aging. Tak hanya sampai di situ, probiotik juga mampu menyeimbangkan kondisi kulit dan sistem kekebalan tubuh saat diaplikasikan langsung pada kulit. Hmm, menarik, ya!



4. On-fleek Brow

Tren alis tebal sepertinya akan selalu jadi favorit ya, Moms. Tapi, tahun ini bukanlah alis tebal yang digambar dan tampak seperti satu dimensi, melainkan alis yang terdefinisi alami setiap helainya. Untuk membuatnya, Moms bisa menggunakan browcara alias mascara alis untuk memisahkan setiap helai rambut alis dan membuatnya terlihat lebih tebal dan tegas. Tidak punya browcara? Moms bisa mengakalinya dengan mascara Anda yang sudah kering, mascara bening, atau bahkan menyikatnya dengan sikat gigi bekas yang sudah dibasahi dan dioles sedikit sabun transparan.

Lalu, bagaimana jika alis alami Moms tidak cukup tebal? Tenang, tak perlu sulam alis, Anda bisa menggunakan pensil alis untuk menggambar garis-garis menyerupai rambut alis alami, membaurkannya dengan spoolie brush, lalu menyempurnakannya menggunakan browcara. Selalu ada jalan menuju Roma, Moms!

5. Smudged Eyeliner

Mengingat masker masih tetap berlanjut menjadi “aksesori” sehari-hari di tahun ini, tak heran jika makeup mata yang akan menjadi bintangnya. Nah, jika Moms suka dengan winged eyeliner yang intens, tahun ini Moms bisa mencoba gaya eyeliner serupa, namun dengan efek smudged atau blurred ke atas lipatan mata yang terlihat lebih soft dan chic.

Untuk menciptakan efek smudgy, ketimbang eyeliner cair, Moms bisa menggunakan eyeliner pensil yang dibaurkan dengan kuas kecil, atau dengan eyeshadow yang dialihfungsikan sebagai eyeliner. Supaya lebih seru, Moms bisa bereksperimen dengan warna-warna yang lebih cerah seperti cokelat, atau bahkan biru dan hijau untuk dipulaskan pada garis bulu mata bagian bawah.

6. Bye Bye Maskne!

Merasa wajah Anda lebih mudah berjerawat, khususnya di area pipi dan dagu sejak kewajiban memakai masker diterapkan? Nah, maskne, yang merupakan singkatan dari mask acne, atau istilah medisnya acne mechanica, adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh pemakaian masker dalam waktu lama.

Karena kulit mengalami gesekan berkali-kali hingga membuat micro-tears (luka kecil), akibatnya bakteri dan kotoran lebih mudah masuk, menyumbat pori-pori, dan akhirnya menimbulkan jerawat. Kondisi ini diperparah oleh “lingkungan” di area mulut yang lembap saat Anda bernapas, berbicara, atau berkeringat.

Selain rutin mengganti masker setiap 4-6 jam serta memastikan wajah Anda bersih sebelum dan sesudah memakai masker, Moms bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan obat jerawat, atau yang sedang tren belakangan ini, acne patch. Dengan acne patch, tak hanya mengobati, jerawat tentunya akan terlindungi dan tak akan meradang karena gesekan masker.

6. Anti-bacterial Face Spray

Tak hanya kebersihan tangan yang harus dijaga, kulit wajah tentunya harus terlindungi ya Moms, apalagi masker yang Anda kenakan nyaris sepanjang hari bisa membuat kulit lembap dan memudahkan bakteri untuk berkembang. Untuk melindunginya, sekarang ini sudah ada lho face spray dengan kandungan antibakterial yang tak hanya menjaga wajah tetap segar dan membuat riasan lebih awet, tapi juga melindunginya dari bakteri.

7. Eye Treatment

Dahulu, perawatan mata sering kali dinomorduakan, padahal sebenarnya eye treatment juga sangat penting, lho. Nah, produk-produk perawatan mata akan menanjak di tahun ini, apalagi kalau bukan karena kebiasaan tidur dan aktivitas menatap layar gadget dalam waktu lama selama pandemi ini.

Mulai dari eye mask, eye cream, eye serum hingga eye ampoule bisa Moms masukkan ke dalam beauty routine Anda untuk mendapatkan tampilan kulit mata yang lebih halus, lembap, segar, dan awet muda. Namun yang paling penting, jangan lupa imbangi perawatan mata Anda dengan tidur serta asupan cairan yang cukup ya, Moms.

8. Scalp Care

Bisa dibilang, perawatan kulit kepala hanyalah sebagai topik pelengkap selama ini. Padahal, kesehatan kulit kepala sangat erat kaitannya dengan kesehatan rambut, dan selama ini banyak sekali orang yang memiliki masalah kulit kepala. Faktor stres yang meningkat selama pandemi ini juga sedikit banyak ikut memengaruhi kesehatan kulit kepala Anda, Moms. Namun jangan khawatir, di tahun 2021 ini, akan bertambah lagi produk-produk scalp care yang akan menjadi populer, seperti scalp oil, scalp serum, hingga scalp scrub.

9. Sleep Remedy

Apa rahasia utama kecantikan kulit selain asupan cairan yang cukup dan konsumsi makanan dan minuman bernutrisi? Ya, tidur yang cukup adalah jawabannya. Sayangnya nih, tahun 2020 (dan bahkan berlanjut hingga tahun ini) merupakan masa yang berat, sehingga banyak sekali orang yang mengalami gangguan tidur yang disebabkan baik karena anxiety problem, jam kerja work from home yang cenderung tak bisa dikontrol, sampai kebiasaan baru yang terlihat seru namun bisa juga menjadi bumerang seperti maraton nonton film dan serial di gadget.

Karena itu, banyak brand kecantikan yang menyadari hal tersebut dan meluncurkan berbagai produk kecantikan yang bisa membantu kita untuk tidur lebih lelap sekaligus membantu merawat kulit di malam hari saat tidur. Sebut saja night cream, night oil, sleeping mask, atau produk-produk basic seperti body wash, body lotion dan body oil yang dibuat lebih inovatif dengan tambahan kandungan aromaterapi yang menenangkan.

Siap mencobanya, Moms? (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: kecantikan,   2021,   tren kecantikan 2021