Mother&Baby Indonesia
Bisa Cegah Kanker, Ini Manfaat Kembang Kol untuk Keluarga

Bisa Cegah Kanker, Ini Manfaat Kembang Kol untuk Keluarga

Banyaknya jenis sayuran yang dikonsumsi tentunya akan bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan Moms dan keluarga. Nah, salah satu jenis sayuran yang mungkin kerap Anda dan keluarga konsumsi adalah kembang kol. Bentuk dan teksturnya serupa dengan brokoli, namun kembang kol memiliki warna dominan putih.

Kembang kol yang masuk dalam keluarga kubis-kubisan ini bisa diolah menjadi beragam jenis menu. Sayuran ini kaya akan serat serta vitamin seperti B6, C, dan K. Karena itu, kembang kol tentu memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut sejumlah khasiat kembang kol untuk kesehatan, Moms.

1. Mencegah Obesitas

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan atau menjaga berat badan, mengonsumsi kembang kol bisa menjadi solusi yang tepat. Kandungan serat di dalamnya akan meningkatkan rasa kenyang sehingga mampu mencegah obesitas. Sayuran ini juga rendah kalori namun memiliki kadar air yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjadi menu andalan buat keluarga.



2. Pencernaan Sehat

Setidaknya terdapat 3 gram serat dari satu cangkir kembang kol. Tak hanya menjaga berat badan, sistem pencernaan tentunya akan lebih sehat dengan mengonsumsi kembang kol dan bisa mencegah terjadinya sembelit. Anda dan keluarga juga memiliki risiko kecil mengalami radang usus.

3. Mencegah Kanker

Seperti telah disebutkan, kembang kol juga mengandung vitamin C yang mampu menjaga imunitas tubuh. Hal ini akan membuat tubuh kita tidak rentan terpapar bakteri dan virus penyebab infeksi atau penyakit tertentu. Bahkan, kandungan antioksidan di dalamnya pun mampu mencegah risiko kanker payudara dan reproduksi pada perempuan maupun laki-laki.

4. Sirkulasi Darah Lancar

Kandungan karotenoid dan flavanoid di dalam kembang kol pun mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Dengan mengonsumsinya, maka tubuh Anda akan menerima vitamin K, kalsium, serta sulforaphane yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan menjaga arteri tetap sehat.



5. Menjaga Kesehatan Otak

Kembang kol juga memiliki kolin sebagai nutrisi yang membantu Anda untuk tidur teratur, meningkatkan pergerakan otot, serta daya ingat. Si Kecil juga bisa terbantu dalam proses belajar dan mengingat materi. Keutuhan membran sel, pembentukan DNA, membantu jalannya metabolisme tubuh, serta menjaga kesehatan saraf dan otak juga akan didapatkan dari mengonsumsi kembang kol, lho!

6. Kesehatan Tulang Terjaga

Kerena mengandung vitamin K, kembang kol mampu menurunkan risiko terjadinya patah tulang atau osteoporosis dini. Sebab, penyerapan kalsium akan lebih maksimal, dan tulang Moms pun menjadi lebih kuat.

7. Detoks Tubuh

Di dalam kembang kol juga terkandung senyawa alami yang dapat mendukung proses detoksifikasi. Hal tersebut akan membantu tubuh menonaktifkan bahan kimia yang berpotensi merusak atau mengeluarkannya lebih cepat.

Jadi, pastikan kembang kol masuk daftar sayuran untuk keluarga ya, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kembang kol,   sayuran,   kesehatan