Mother&Baby Indonesia
Ini Segudang Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Anda

Ini Segudang Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Anda

Wortel merupakan sayuran yang diperkaya dengan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, C, E, dan K. Sayuran ini juga merupakan sumber kalium, serat, antioksidan, dan beta karoten yang semuanya baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Tak hanya dapat dikonsumsi sebagai campuran salad atau sup, wortel juga dapat diracik menjadi minuman yang menyegarkan, yakni jus. Minum jus wortel dianggap dapat membawa manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa khasiat jus wortel untuk tubuh Anda, Moms.

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Jus wortel mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Di dalam jus wortel terkandung banyak vitamin A, sebagian besar dalam bentuk karotenoid provitamin A seperti beta karoten. Sebagaimana diketahui, vitamin A sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mata. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan buah dan sayuran yang mengandung provitamin A dapat menurunkan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia.



Tak hanya itu, jus wortel juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Asupan lutein dan zeaxanthin yang tinggi dalam makanan dapat menurunkan risiko penyakit mata, seperti degenerasi makula terkait usia (AMD). Dikutip dari Healthline, salah satu analisis dari 6 studi menemukan bahwa senyawa ini dapat menurunkan risiko AMD sebanyak 26%.

2. Memperkuat Imun Tubuh

Berdasarkan sebuah studi di tahun 2018, vitamin A dan vitamin C yang terkandung di dalam jus wortel berperan sebagai antioksidan dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, jus wortel juga diperkaya akan vitamin B6, yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jus wortel diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah. Mengonsumsi makanan dan minuman dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Dengan begitu, jus wortel bisa menjadi pengganti jus buah dengan indeks glikemik tinggi. Namun, penting untuk menjaga porsi jus, karena mengonsumsi jus ini dalam jumlah yang banyak justru dapat meningkatkan kadar gula darah.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam jus wortel dapat membantu produksi kolagen untuk memberikan elastisitas dan kekuatan pada kulit. Selain itu, vitamin C bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bahkan, beta karoten dalam jus wortel juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Sebuah studi di tahun 2012 menemukan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya karotenoid dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar ultraviolet (UV) dan memperbaiki penampilan kulit.



5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah studi di tahun 2013 menunjukkan bahwa jus wortel merupakan sumber kalium yang baik, yakni mineral yang berperan penting untuk mengontrol tekanan darah. Mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kalium telah terbukti mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke. Selain itu, senyawa antioksidan dalam jus wortel juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Sebelumnya, studi lain di tahun 2011 yang dilakukan selama 3 bulan pada 17 orang dewasa dengan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi menemukan bahwa minum dua cangkir (480 ml) jus wortel per hari secara signifikan meningkatkan antioksidan darah dan menurunkan oksidasi lipid darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

6. Memperkuat Fungsi Otak

Selain baik untuk mata, beta karoten yang terkandung dalam wortel juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Rutin mengonsumsi beta karoten bahkan dipercaya mampu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko terjadinya kepikunan atau demensia.

7. Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Bagi wanita hamil, mengonsumsi jus wortel dapat memberikan manfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Ini berkat kandungan folat, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, dan vitamin A, yang dapat melindungi ibu dan janin dari radikal bebas, membantu janin memperkuat tulang, dan mencegah cacat lahir.

Itulah beberapa manfaat jus wortel bagi kesehatan. Meskipun jus wortel dinilai sangat aman bagi kebanyakan orang, namun ada beberapa hal yang perlu diingat. Mengonsumsi jus wortel dalam jumlah yang sangat banyak dapat menyebabkan karotenemia, yakni suatu kondisi yang mengubah warna kulit menjadi kuning-oranye sebagai akibat dari tingginya kadar beta karoten dalam darah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jus wortel memiliki indeks glikemik rendah, namun mengonsumsi jus wortel dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan kadar gula darah, terutama bagi Anda yang menderita diabetes. Penting juga diingat untuk menghindari tambahan gula buatan ke dalam jus wortel. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   jus wortel,   kesehatan