Mother&Baby Indonesia
Ini Kelebihan dan Manfaat Lain Sabun Batang yang perlu Anda Tahu

Ini Kelebihan dan Manfaat Lain Sabun Batang yang perlu Anda Tahu

Berbicara soal kebersihan dan kesehatan, terutama di masa pandemi ini, salah satu aktivitas yang harus sering kita lakukan adalah mencuci tangan menggunakan sabun untuk menjaga tangan tetap bersih dan terhindar dari kuman penyakit. Sabun juga menjadi perlengkapan mandi yang mesti ada dan tidak boleh tertinggal.

Berdasarkan bentuknya, kita mengenal 2 jenis sabun, yakni sabun batang dan sabun cair. Tetapi, seiring perkembangan zaman, di mana orang-orang lebih menginginkan hal-hal yang praktis, penggunaan sabun batang perlahan mulai ditinggalkan dan orang beralih ke sabun cair.

Kelebihan Sabun Batang

Namun, tahukah Moms jika sabun batang ternyata punya banyak keunggulan yang tidak kalah dibandingkan dengan sabun cair, lho. Apa saja kelebihannya?



1. Lebih Ramah Lingkungan

Mengutip Healthline, faktanya, sabun batang lebih ramah lingkungan daripada sabun cair. Sabun batang cenderung dikemas dalam wadah yang terbuat dari kertas dan bisa didaur ulang. Sabun batang juga biasanya tidak mengandung microbeads, butiran-butiran halus yang terbuat dari partikel plastik dan biasa ditemukan dalam produk perawatan kulit.

2. Aman untuk Orang dengan Alergi Tertentu

Sabun batang cenderung mengandung lebih sedikit bahan kimia dibandingkan sabun cair. Selain itu, sabun batang biasanya tidak membutuhkan bahan pengawet. Ini berarti sabun batang umumnya bebas dari paraben. Sabun batang juga lebih mudah dibuat hipoalergenik, sehingga aman untuk orang dengan alergi tertentu.

3. Lebih Murah dan Lebih Irit

Ditinjau dari segi ekonomi, harga sabun batang tentunya lebih hemat daripada sabun cair. Selain itu, saat menggunakan sabun batang, Moms juga cenderung tidak akan memakainya secara berlebihan dibandingkan memakai sabun cair di mana kita sering berlebihan saat menuangkannya ke tangan. Karena itu, penggunaan sabun batang juga lebih irit.

Menyimpan Sabun Batang dengan Baik

Salah satu kekhawatiran saat memakai sabun batang adalah adanya kemungkinan mudah terkontaminasi kuman dari orang lain yang juga menggunakan sabun batang tersebut. Melansir HuffPost, Moms perlu tahu bahwa sabun, baik sabun batang maupun sabun cair, bekerja melawan virus corona dengan cara merusak membran lipid yang mengelilingi virus.

Darien Sutton, seorang dokter emergency di New York menyarankan bila Moms ingin memakai sabun batang, pastikan menggunakan sabun batang milik pribadi. Pisahkan dari sabun orang lain, termasuk anggota keluarga Anda sendiri. “Saya tidak yakin ada bahaya serius jika seseorang berbagi sabun dengan yang lain. Tetapi jika Anda ingin mengurangi risiko sabun terkontaminasi, terutama jika ia memiliki gejala aktif, Anda harus menggunakan sabun Anda sendiri, sabun pribadi,” kata Sutton kepada HuffPost.



Untuk mencegah sabun terkontaminasi, pastikan Anda membilas dan mencuci sabun itu sebelum dan setelah digunakan. “Jika sabun batang adalah satu-satunya pilihan Anda, bilas dengan benar setiap kali sebelum dan setelah penggunaan,” kata Janette Nesheiwat, seorang dokter keluarga dan emergency di New York. “Setelah selesai, bilas dan letakkan sabun di wadah kering dan terbuka,” ujarnya. Ini karena meletakkan sabun di tempat tertutup akan memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang.

Bagaimana jika sudah jatuh? Tak masalah, Anda tinggal bersihkan kembali dengan air. Menurut Angela Brown, CEO Savvy Cleaner, sabun batang dirancang dengan cara dibasahkan dengan air. “Bersihkan saja dengan air jika sabun batang terjatuh,” pesan Brown. Buang dan ganti jika sabun sudah tidak bisa dipakai dengan baik, misalnya sudah terlalu kering dan tidak mengeluarkan busa dengan baik lagi.

Manfaat Lain Sabun Batang

Selain untuk membersihkan tubuh, sabun batang punya banyak manfaat lainnya, lho! Melansir Indian Express, berikut ini 6 manfaat sabun batang untuk keperluan sehari-hari di rumah Anda, Moms.

1. Melancarkan ritsleting. Ritsleting celana Anda macet? Gosokkan sabun batang di sepanjang garis ritsleting agar bisa ditarik dengan lancar. Ini juga berlaku untuk ritsleting tas maupun jaket.

2. Menutup lubang paku di dinding. Ketika Anda memindahkan hiasan dinding, baik foto atau lukisan, lubang bekas pakunya akan terlihat jelas di tembok. Gunakan sabun batang untuk menutupinya.

3. Menghilangkan bau sepatu. Kaki yang berkeringat mudah dihinggapi bakteri sehingga menyebabkan sepatu jadi bau. Letakkan sabun batang di dalam sepatu untuk mengurangi bau sebelum Anda memakainya.

4. Mengharumkan lemari. Selama pandemi, orang-orang bekerja di rumah. Pakaian kerja pun tersimpan di lemari. Agar baunya tetap segar, letakkan sebatang sabun baru di dalam kantong, lalu simpan bersama pakaian Anda. Pakaian pun akan wangi saat hendak dipakai kembali.

5. Menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk menyebabkan gatal dan bekas kemerahan di kulit. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan sabun batang. Oleskan sabun batang basah pada area yang gatal, maka gatal dan kemerahan di kulit bisa berkurang.

6. Mengatasi engsel pintu berderit. Jika engsel pintu rumah Anda berderit, atasi saja dengan menggosokkan sabun batang pada engselnya hingga bunyinya berkurang. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   sabun,   sabun batang