Mother&Baby Indonesia
5 Titik Lengah Penyebaran Virus Corona yang Harus Diwaspadai

5 Titik Lengah Penyebaran Virus Corona yang Harus Diwaspadai

Corona masih ada! Moms pasti sudah tahu (atau bahkan sudah bosan) diingatkan untuk menerapkan 3M: Menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Anjuran 3M ini mungkin terdengar kuno, tetapi Moms harus ingat kalau corona membidik mereka yang berada di titik lengah dan menyepelekan 3M. Pandemi berkepanjangan ini membuat sebagian orang jadi “terbiasa” hingga akhirnya lengah dan tidak takut lagi dengan corona.

Ingat, hadirnya vaksin bukan berarti Anda sudah tidak perlu 3M lagi lho, Moms. Waspadai juga beberapa titik lengah penyebaran virus corona berikut ini.



Memaksakan Kapasitas

Umumnya lift di semua gedung sudah membatasi jumlah orang yang bisa masuk. Jika biasanya lift bisa memuat 10 orang, sekarang mungkin hanya boleh diisi 4-5 orang saja. Tujuannya sudah jelas, untuk menjaga jarak dengan orang lain. Nah, lift bisa menjadi titik lengah penyebaran virus corona, karena ada saja orang yang memaksakan diri masuk ke lift yang kapasitasnya sudah penuh.

“Ah, masih muat! Saya cuma naik 1 lantai, kok. Boleh masuk lift, ya.” Padahal sikap menyepelekan physical distancing seperti inilah yang membuat pandemi tak kunjung berakhir.

Tiket Diskon

Kami mengerti, rasa bosan, kangen liburan, dan butuh hiburan memang tengah menyerang kita semua. Tetapi itu bukan alasan untuk bisa berburu tiket diskon ke tempat hiburan yang sesak pengunjung! Berusaha mencari hiburan yang murah meriah memang menarik, tetapi jika tempat rekreasi yang dikunjungi sangat ramai, sebaiknya dihindari saja ya, Moms. Masih banyak cara lain untuk bisa bersenang-senang dengan keluarga tanpa mengorbankan kesehatan.



Shop After Sport

Masa pandemi ini memang punya dampak positif, salah satunya adalah meningkatnya minat olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang paling marak dilakukan saat pandemi. Jenis olahraga yang satu ini memang seru dan menyenangkan, terlebih jika dilakukan bersama orang-orang terdekat. Tetapi walau Anda berolahraga dengan orang-orang yang Anda kenal, bukan berarti Anda dan kerabat bisa bersantai bersama di cafe setelah berolahraga tanpa mengindahkan 3M.

Melepas lelah dan dahaga usai berolahraga boleh saja, tetapi Anda harus tetap menjaga jarak, memakai masker, dan rutin mencuci tangan lho, Moms. Akan lebih baik jika momen nongkrong dicoret saja dari agenda olahraga. Demi kebaikan bersama!

Kumpul Keluarga

Sulit memang untuk memendam rindu dengan keluarga dan orang-orang tersayang. Namun jangan jadikan rindu sebagai sebuah alasan untuk sering berkumpul dengan banyak orang tanpa menerapkan protokol kesehatan. Jangan pernah berpikiran, “Ah, bertemu keluarga sendiri enggak perlu pakai masker,” atau “Enggak sopan kalau tidak bersalaman atau berpelukan dengan keluarga,” ya, Moms.

Momen kumpul keluarga dapat menjadi titik lengah penyebaran COVID-19! Kalau memang Anda sangat menyayangi keluarga Anda, tunjukkan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan sebisa mungkin hindari kumpul-kumpul ya, Moms.

Malas Bersih-bersih

Walau pandemi belum berakhir, namun aktivitas perkantoran perlahan sudah mulai kembali normal. Apa pun tujuan Anda ke luar rumah dan menghampiri keramaian, Anda tidak boleh malas bersih-bersih setibanya di rumah. Biasakan untuk selalu meletakkan sepatu di luar rumah, langsung cuci baju yang dipakai ke luar rumah, dan langsung mandi bersih dengan sabun dan air mengalir.

Langkah-langkah tersebut memang terdengar melelahkan, tetapi sangat efektif untuk mencegah masuknya virus corona ke dalam rumah dan menginfeksi anggota keluarga tersayang. Jangan malas bersih-bersih dan jangan sampai lengah ya, Moms! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: covid-19,   pandemi,   kesehatan,   virus corona