Mother&Baby Indonesia
6 Permainan Seru untuk Melatih Keseimbangan Tubuh Anak

6 Permainan Seru untuk Melatih Keseimbangan Tubuh Anak

Moms, balita usia 3-5 tahun perlu banyak dilatih keseimbangan, minimal 30 menit per hari. Ini bertujuan untuk melatih kekuatan otot, menguatkan core, mengasah konsentrasi, dan proses sensori tubuh agar perkembangan motoriknya menjadi lebih baik. Latihan keseimbangan ini dapat dikemas dalam bentuk permainan sehingga bisa lebih menyenangkan bagi Si Kecil. Yuk, ajak Si Kecil mencoba beberapa latihan keseimbangan berikut ini!

1. Berdiri dengan Satu Kaki

Latihan ini mungkin tampak sederhana, namun ini bisa menjadi challenge buat Si Kecil. Lakukan permainan berdiri dengan satu kaki di dekat dinding sehingga Si Kecil dapat berpegangan di dinding. Ajak ia untuk perlahan-lahan menjauhi dinding sampai akhirnya ia tidak perlu lagi berpegangan. Anda juga bisa membiarkan balita menempelkan selotip di lantai setiap kali ia berhasil berdiri dengan satu kaki dan lihat sudah sejauh mana Si Kecil berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan pada dinding.



2. Loncat Batu

Moms, batu pijak di halaman atau kebun rumah bisa juga Anda manfaatkan untuk menjadi sarana latihan keseimbangan Si Kecil. Ajak ia untuk berpindah setiap pijakan tanpa menyentuh tanah sebagai bentuk melatih keseimbangannya.

Alternatif lainnya, Anda bisa melakukan latihan keseimbangan ini di dalam rumah dengan bantuan lembaran kardus, dan lakukan hal yang sama yakni berpindah pijakan tanpa menyentuh lantai. Pastikan permukaan lantai tidak licin ya Moms, agar anak tidak terpeleset dan terjatuh.



3. Yoga

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan keseimbangan anak Anda adalah dengan yoga. Coba beberapa pose yoga yang cocok dijadikan latihan balita Moms, seperti pose pohon, pose kucing, pose sapi, pose gunung, pose pesawat, pose membungkuk ke depan, atau downward-facing dog. Latihan yoga ini akan membantu balita Anda meningkatkan keseimbangan, sekaligus meningkatkan kesehatan diri dan body awareness.

4. Main Hopscotch

Di Indonesia, hopscotch dikenal dengan nama sondah dan engklek yang merupakan permainan tradisional yang juga bisa dijadikan latihan keseimbangan bagi Si Kecil. Dalam permainan ini, Si Kecil harus menggunakan keseimbangannya untuk melompat dengan menggunakan satu kaki dari satu kotak ke kotak lainnya.

5. Dance & Freeze

Permainan dance & freeze sangat sederhana dan dapat dilakukan di dalam rumah. Putar musik favorit Si Kecil dan ajak dia untuk menari. Lalu, untuk melatih keseimbangannya, berikan tantangan untuk langsung membeku (freeze) atau berhenti bergerak saat musik berhenti. Ia baru boleh menari lagi saat musik diputar kembali. Latihan ini mengasah kemampuan tubuhnya untuk bergerak bebas dan tiba-tiba berhenti, sehingga membantu anak Anda melatih keseimbangannya.

6. Berjalan di Atas Papan Titian

Salah satu sarana untuk melatih keseimbangan tubuh anak adalah dengan melakukan permainan berjalan di atas papan titian. Gunakan papan dengan lebar yang tidak terlalu besar, lalu tantang Si Kecil untuk berjalan di atasnya tanpa menyentuh tanah. Selain melatih keseimbangan, permainan berjalan di atas papan titian juga dapat melatih keberanian dan kepercayaan diri anak.

Yuk Moms, jadikan latihan keseimbangan tubuh Si Kecil sebagai aktivitas yang seru agar Si Kecil tidak bosan melakukannya, sekaligus bisa menjadi kegiatan menyenangkan antara Anda dan Si Kecil. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Freepik)



Tags: keseimbangan tubuh,   balita,   anak,   melatih keseimbangan tubuh