Mother&Baby Indonesia
10 Makanan Sehat untuk Membantu Menambah Berat Badan Anak

10 Makanan Sehat untuk Membantu Menambah Berat Badan Anak

Tak hanya Anda, anak pun perlu memiliki berat badan yang ideal. Sayangnya, walau sudah mengonsumsi banyak makanan, beberapa anak masih berjuang untuk menaikkan berat badan agar ideal. Ya, terlihat kurus atau gemuk memang bukan patokan kesehatan anak, namun menjaga berat badan tetap ideal dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil dan menjaganya lebih sehat.

Untuk itu, penting membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat sejak dini, agar tubuhnya terbiasa mendapatkan nutrisi penting dari sumber yang baik. Makanan apa saja yang sehat, enak, dan bisa menambah berat badan anak? Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

1. Telur

Sehat, mudah didapat, dan enak! Telur juga mudah dikreasikan menjadi beragam sajian enak yang pasti disukai Si Kecil. Telur kaya akan protein yang membantu membangun otot dan sel-sel tubuh anak. Bisa dibilang, telur merupakan superfood yang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Pastikan telur dimasak hingga matang sempurna sebelum disajikan ke anak ya, Moms.



2. Ayam

Daging ayam kaya akan kalori dan protein yang dibutuhkan untuk meningkatkan berat badan anak. Daging ayam juga tinggi fosfor, mineral esensial yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan gigi dan tulang anak.

“Protein hewani adalah nutrisi yang amat penting untuk mengatasi masalah stunting pada anak. Protein hewani diperlukan untuk pertumbuhan, pembentukan massa otot, dan meningkatkan daya tahan tubuh,” jelas Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH, Ahli Gizi dan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, dalam webinar JAPFA Kolaborasi untuk Generasi Unggul Indonesia (22/12/20). Menurut Prof. Sandra, ayam juga kaya zat besi. Kekurangan zat besi akan berisiko menghambat pertumbuhan anak, anemia, dan menghambat perkembangan mentalnya juga.

3. Salmon

Jenis ikan yang satu ini mengandung asam lemak omega-3, vitamin B12, selenium, dan kolin yang penting untuk meningkatkan fungsi otak anak, fungsi kognitif, dan kesehatan saraf anak, khususnya balita di masa periode emas. Cobalah berkreasi dengan aneka menu berbahan dasar salmon, selain rasanya enak, manfaatnya juga banyak lho, Moms.

4. Tahu

Produk olahan kedelai ini kaya akan protein dan asam amino esensial, zat besi, kalsium, mangan, dan selenium. Tahu yang murah meriah ini memiliki kandungan nutrisi yang padat dan juga tinggi akan protein dan lemak sehat. Semua nutrisi tersebut tentunya baik untuk menunjang pertumbuhan tubuh Si Kecil.

5. Madu

Madu adalah pemanis alami yang baik untuk menggantikan gula. Mengutip Mom Junction, komposisi madu terdiri dari 17 persen air dan 82 persen karbohidrat, yang tentu sangat baik untuk menambah berat badan anak dengan sehat. Moms bisa memberikan madu sebagai olesan roti bakar atau pancake, agar camilan Si Kecil jadi lebih enak dan tentunya sehat.

6. Susu

Sumber protein yang satu ini pastinya tepat dan sehat untuk meningkatkan berat badan anak. Jika anak Anda tidak mengalami alergi susu atau intoleransi laktosa, berikan setidaknya segelas susu untuk menjaga berat badannya tetap stabil. Susu juga mengandung lemak, kalsium, dan vitamin penting lainnya untuk memperkuat tulang dan gigi Si Kecil.



Susu juga sangat penting untuk mencegah stunting lho, Moms. “Menurut penelitian, asupan susu anak berperan penting dalam pencegahan stunting. Faktor penting untuk mendukung pertumbuhan normal anak adalah: Usia mulai minum susu pertumbuhan (kurang dari 1 tahun), frekuensi konsumsi susu harian (minimal 2 kali sehari), dan jumlah konsumsi susu harian (2-3 gelas per hari),” jelas Prof. Sandra.

Prof. Sandra juga menekankan kalau susu memiliki SAA (skor asam amino) paling tinggi (100), yang artinya 100 persen protein dari susu dapat diserap dan digunakan oleh tubuh.

7. Yoghurt

Tak harus susu, produk olahan susu seperti yoghurt juga baik untuk meningkatkan berat badan anak dengan sehat lho, Moms. Kalsium dan potasium dalam yoghurt bisa memperkuat tulang anak. Tak lupa, yoghurt juga mengandung probiotik, bakteri baik untuk melancarkan pencernaan Si Kecil.

8. Oatmeal

Makanan yang satu ini bisa dinikmati sebagai makanan utama dan camilan, cara masaknya pun praktis! Sereal ini bebas gluten, sehingga ramah bagi anak yang mengalami alergi gluten. Oatmeal juga kaya akan karbohidrat, protein, dan serat diet, yang tentunya baik untuk menunjang kesehatan saluran cerna anak dan meningkatkan berat badannya.

9. Minyak Zaitun

Makanan anak lebih sehat dan enak dengan sedikit minyak zaitun! Anda bisa menuangkan langsung di atas makanan atau menggunakannya untuk menumis makanan Si Kecil. Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal, antioksidan, dan banyak vitamin penting. Agar lebih sehat, coba pilih extra virgin olive oil (EVOO) ya, Moms.

10. Pisang dan Alpukat

Dua jenis buah ini enak dan baik untuk meningkatkan berat badan anak dengan sehat. Pisang kaya akan serat, potasium, magnesium, dan vitamin B6. Sedangkan alpukat kaya akan vitamin C, E, K, dan B6, juga ada potasium, lemak, dan serat. Sehat dan enak ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: berat badan,   anak,   balita,   makanan,   nutrisi,   kesehatan