Mother&Baby Indonesia
Telinga Bayi Berbau Tak Sedap, Bahayakah?

Telinga Bayi Berbau Tak Sedap, Bahayakah?

Berpelukan erat dengan bayi memang menjadi momen yang paling menyenangkan ya, Moms. Namun bagaimana kalau Moms mencium bau tidak sedap dari telinga Si Kecil? Duh, Moms pasti bingung ya, mencari tahu penyebabnya. Jika Anda mencium bau dari telinga bayi, jangan disepelekan, karena bisa jadi ini merupakan gejala infeksi telinga. Untuk mengatasinya, simak penjelasan berikut ini.

Tanda Bahaya?

Anda pasti mengira bau tak sedap tersebut berasal dari kotoran telinga yang menumpuk. Namun Anda harus tahu kalau kotoran telinga merupakan cara alami tubuh untuk menjaga telinga tetap bersih, dan melindungi telinga dari kuman dan benda asing. Namun jika kotoran telinga mulai berbau tak sedap menyengat dan disertai cairan putih atau kekuningan, maka Moms harus ekstra waspada karena mungkin ini tanda infeksi telinga.

Telinga berbau bisa disebabkan oleh otitis media atau infeksi telinga tengah yang dapat membuat bayi sangat tidak nyaman. Selain telinga berbau, beberapa dampak otitis media pada bayi adalah nyeri, nafsu maka berkurang, sulit tidur, demam, dan berkurangnya kemampuan mendengar.



Penyebab Telinga Bayi Bau

Kotoran telinga berlebih juga bisa menyebabkan telinga bayi tersumbat dan menimbulkan bau tak sedap. Namun penyebab yang lebih sering terjadi adalah otitis media. Ini adalah infeksi telinga tengah yang disebabkan oleh penumpukan bakteri atau virus. Infeksi ini umumnya menimbulkan nyeri hebat karena adanya inflamasi atau pembengkakan dan penumpukan cairan di telinga tengah, tepatnya di belakang gendang telinga.

Tak hanya bayi, anak-anak maupun orang dewasa dapat terserang otitis media. Namun umumnya infeksi ini lebih sering menyerang bayi usia 6-15 bulan dan anak-anak di bawah 10 tahun. Bayi rentan terkena infeksi telinga tengah karena saluran yang menghubungkan telinga tengah dan bagian belakang tenggorokannya (tuba eustachius) masih sangat datar. Penyebab lain yang juga dapat meningkatkan risiko ini adalah menyusu sambil berbaring.

Anak yang terserang otitis media mengeluarkan cairan putih atau kekuningan dari telinganya, ini adalah sel darah putih yang menyerang patogen. Bau cairan telinga yang terinfeksi ini sangat tidak enak, dan bisa cukup menyengat jika infeksi terus terjadi tanpa penanganan.



Cara Mengatasi Telinga Bayi Bau

Umumnya masalah telinga bayi yang berbau tak enak ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat. Begitu juga dengan infeksi yang terjadi pada telinga tengah bayi. Namun jika infeksi tidak sembuh atau membaik dalam 3 hari, maka sangat penting untuk membawanya ke dokter.

Jika infeksi telinga terjadi karena infeksi bakteri, maka dokter biasanya akan memberikan antibiotik yang aman dan sesuai untuk usia anak. Obat lain untuk meredakan keluhan penyerta, seperti obat demam dan obat nyeri, mungkin juga diberikan dokter.

Lalu bagaimana jika telinga berbau namun ia sehat-sehat saja? Jangan panik dulu, Moms. Hal itu mungkin terjadi karena saluran telinganya lembap dan cukup diatasi dengan selalu mengeringkan telinganya sehabis mandi. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: infeksi telinga,   bayi,   kesehatan,   otitis media