Mother&Baby Indonesia
Waspada Ruam Leher Bayi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Waspada Ruam Leher Bayi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ruam di kulit bayi merupakan hal yang normal, karena kulitnya masih sangat sensitif dan sedang beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kebanyakan ruam tidak terlalu berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Meskipun begitu, bila ruam Si Kecil semakin parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya, Moms.

Nah, salah satu masalah kulit yang sering menyerang bayi adalah ruam yang terjadi di area leher. Ya, leher merupakan bagian tubuh bayi yang biasanya menyimpan banyak lemak dan memiliki banyak lipatan kulit, sehingga membuatnya rentan terhadap ruam.

Baca juga: Moms, Kenali Jenis Ruam Kulit Bayi



Penyebab Ruam pada Leher Bayi

Bila Moms mendapati leher Si Kecil merah dan mengganggu aktivitasnya dan membuatnya rewel, ini bisa berarti ia mengalami ruam. Beberapa hal ini mungkin jadi penyebabnya:

1. Iritasi Kulit

Seperti telah disebutkan di atas, leher merupakan bagian tubuh bayi yang biasanya menyimpan banyak lemak dan memiliki banyak lipatan kulit. Lipatan di leher ini nantinya akan memicu kelembapan, ditambah dengan gesekan terus-menerus ketika bayi menggerakkan kepala dan badannya. Semua hal ini lama-lama berperan dalam menimbulkan iritasi kulit, yang ditandai dengan munculnya rasa gatal dan kemerahan di leher buah hati Anda.

2. Biang Keringat

Biang keringat atau miliaria adalah ruam yang muncul saat bayi berkeringat, misalnya karena ia dipakaikan baju yang terlalu tebal atau cuaca sangat panas dan kering. Biang keringat terjadi akibat kelenjar keringat Si Kecil tertutup dan akan hilang tanpa diobati.



3. Infeksi Jamur

Kondisi kulit yang lembap serta produksi keringat berlebih di area lipatan leher bayi juga akan menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan jamur. Infeksi akibat perkembangan jamur ini adalah salah satu penyebab paling umum ketika tiba-tiba leher bayi jadi kemerahan.

Cara Mengatasi Ruam pada Leher Bayi

Dikutip dari Hello Sehat, kebanyakan kasus ruam leher pada bayi cenderung akan menghilang dengan sendirinya dalam beberap hari tanpa pengobatan khusus. Namun saat Si Kecil mengalami ruam leher, Moms mungkin saja akan kewalahan karena bayi merasa tidak nyaman dan ia pun mudah rewel. Untuk meredakan ketidaknyamanan Si Kecil akibat ruam leher, Anda bisa berikan kompres dingin di area leher yang terkena peradangan kulit.

Moms juga bisa mengoleskan losion khusus bayi untuk mengatasi masalah ini. Namun, Anda sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter anak Anda jika ingin mengaplikasikan penggunaan losion untuk Si Kecil. Pasalnya, bukan tidak mungkin bayi memiliki alergi yang justru dapat memperparah masalah kulitnya.

Yang juga penting diperhatikan adalah senantiasa menjaga kebersihan kulit Si Kecil. Pastikan Moms rajin memandikannya secara teratur, mengganti seluruh pakaiannya, menggunakan perawatan kulit yang tepat, serta hal-hal lainnya yang bisa membantu merawat dan mencegah masalah pada kulit leher bayi dan bagian tubuh mana pun. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   ruam,   ruam leher