Mother&Baby Indonesia
Makanan Sehat bagi Ibu Setelah Melalui Proses Persalinan

Makanan Sehat bagi Ibu Setelah Melalui Proses Persalinan

Persalinan bisa menjadi proses panjang dan melelahkan. Ya, tenaga Moms mungkin akan terkuras habis setelah menahan sakit dan mengejan selama beberapa menit hingga beberapa jam.

Moms membutuhkan asupan makanan kaya gizi untuk mengembalikan tenaga yang hilang tersebut. Berikut adalah deretan makanan sehat dan bernutrisi tinggi yang cocok disantap setelah Anda melalui proses persalinan seperti dilansir situs Healthline.

1. Sup Ayam

Setelah berkeringat saat melalui persalinan, Anda tentunya perlu mengonsumsi lebih banyak cairan guna menghindari dehidrasi. Cairan juga penting bagi Moms yang menyusui. Namun cairan bukan hanya berupa air putih. Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan dari sup ayam yang hangat.



Kuah kaldu dari sup ayam mampu menghidrasi tubuh dan rasa gurih asinnya bisa membantu menggantikan elektrolit tubuh yang hilang. Tambahkan sedikit nasi atau mi, Anda bisa memperoleh tenaga dari asupan karbohidrat.

2. Biskuit Asin

Tidak bisa mendapatkan sup ayam yang enak? Bagaimana jika Anda mengonsumsi biskuit asin? Anda bisa memasukkan sebungkus biskuit asin sebagai bekal ketika akan bertolak ke rumah sakit. Memakan biskuit asin juga akan memberikan Anda karbohidrat dan elektrolit yang akan mengembalikan tenaga Anda secara perlahan.

3. Kurma

Kurma mengandung beragam nutrisi, seperti kalium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Kandungan tersebut dipercaya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kurma setelah melahirkan dapat mencegah anemia akibat kehilangan darah saat persalinan. Selain itu, kurma juga mengandung gula yang dapat mengisi kembali tenaga Anda, Moms.

4. Oatmeal dengan Topping Buah

Perubahan hormon selama masa kehamilan bisa mengakibatkan Moms mengalami konstipasi atau sulit buang air besar setelah proses persalinan. Hal ini tentunya akan memicu masalah baru, terutama bagi Anda yang melahirkan melalui proses persalinan.



Guna membantu sistem pencernaan, Anda perlu mendapatkan asupan serat. Semangkuk oatmeal dengan topping buah bisa menjadi pilihan menu tepat untuk mengatasi masalah konstipasi tersebut. Oh ya Moms, oatmeal juga termasuk makanan yang bisa mendongkrak produksi ASI Anda, lho.

5. Daging Tanpa Lemak

Daging sapi mengandung protein, vitamin B12, dan zat besi yang baik bagi ibu setelah melalui proses persalinan. Kandungan protein, vitamin, dan mineral dalam daging mampu memberikan energi tambahan dan mencegah terjadinya anemia defisiensi zat besi.

6. Telur

Telur merupakan sumber protein dan lemak sehat omega-3 yang mudah didapat. Harganya juga tergolong ekonomis. Kandungan nutrisi di dalam telur dapat membantu proses pemulihan tubuh ibu setelah melahirkan, memperlancar produksi ASI, dan menurunkan risiko depresi pascamelahirkan.

7. Apel

Apel bukan hanya enak rasanya. Buah yang satu ini juga mengandung tinggi serat dan sejumlah vitamin yang berguna dalam proses pemulihan setelah Moms melalui persalinan. Bukan hanya itu, apel juga bisa mengurangi jumlah bakteri dalam air liur Anda.

Apel memang bukan pengganti sikat gigi. Tapi apel bisa menimbulkan sensasi segar saat dimakan, terutama bagi Moms yang belum bisa ke kamar mandi untuk sikat gigi setelah melahirkan. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu melahirkan,   persalinan,   makanan setelah persalinan