Mother&Baby Indonesia
Botol Plastik Jadi Baju Keren? Ini Bukti Cinta Lingkungan!

Botol Plastik Jadi Baju Keren? Ini Bukti Cinta Lingkungan!

Menumbuhkan sikap cinta lingkungan pada anak, harus dimulai sedini mungkin, Moms. Salah satu langkah termudahnya adalah dengan mengenalkan anak pada produk-produk daur ulang yang ramah lingkungan. Enggak perlu repot mencari contoh produk, karena berbagai pakaian keren kini sudah terbuat dari botol plastik sekali pakai, lho.

Yuk, ketahui tips menumbuhkan sikap cinta lingkungan pada anak dan kampanye keren terkait pemberdayaan sampah plastik.

Cintai Lingkunganmu, Nak!




Sikap sederhana, namun berdampak besar bagi keberlangsungan bumi. Ada banyak cara untuk menumbuhkan sikap cinta lingkungan pada anak sejak dini, ini contohnya:

• Mengajarkan anak hemat listrik

• Mengajarkan hemat air

• Membawa tas belanja sendiri

• Membuang sampah pada tempatnya

• Membawa botol minum

• Mendaur ulang sampah



• Menggunakan produk-produk daur ulang.

Kampanye Bottle2Fashion

Penggunaan plastik yang terus meningkat dan pengolahan limbah plastik yang belum maksimal menginspirasi Danone-Aqua dan H&M untuk meluncurkan inisiatif Bottle2Fashion melalui kampanye “Cleaning-Up for the Future” ke seluruh dunia.

Kampanye ini dilakukan melalui produksi koleksi pakaian anak-anak yang terbuat dari botol plastik bekas yang didaur ulang. Selanjutnya koleksi tersebut akan dipasarkan di situs dan gerai penjualan H&M yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Eropa, Amerika Serikat, Asia, Afrika, dan negara-negara di Oseania.

Apa sih, tujuan kampanye global ini? Menurut Karina Soegarda, Communications Manager H&M Indonesia, kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi konsumen, termasuk anak-anak, untuk mulai peduli terhadap isu sampah plastik di lautan dan turut serta menjaga kebersihan lingkungan demi masa depan yang berkelanjutan.

“Kami sangat bangga akhirnya bersama Danone-AQUA dapat meluncurkan kampanye 'Cleaning-Up for the Future' ini, untuk mewujudkan visi menjadi 100% sirkular sekaligus menggunakan sumber daya terbarukan. Koleksi pakaian anak-anak berbahan dasar hasil daur ulang botol plastik bekas ini juga merupakan upaya mencapai ambisi H&M untuk menggunakan material daur ulang dan berkelanjutan pada tahun 2030,” ungkap Karina.

Dari Botol Plastik Jadi Baju Keren


Mau tahu bagaimana Danone-Aqua dan H&M mendaur ulang botol plastik menjadi baju keren? “Bersama mitra LSM, kami pun melibatkan masyarakat, anak usia sekolah, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat untuk mulai memilah sampah dan membawanya ke bank sampah masyarakat, bank sampah sekolah, maupun pengumpul sampah plastik yang turut kami berdayakan, sebagai bagian dari ekosistem pengumpulan dan daur ulang,” jelas Ratih Anggraeni, Senior Sustainable Packaging Manager Danone Indonesia.

Setelah botol plastik bekas terkumpul, seluruhnya dibawa ke Recycling Business Unit (RBU) dampingan Danone-AQUA di Tangerang Selatan untuk dipilah kembali, dicacah, dan dibersihkan. Selanjutnya, cacahan plastik dikirim ke fasilitas produksi H&M Indonesia untuk diproses menjadi serat poliester dan diubah menjadi berbagai produk fesyen yang dipasarkan di hampir seluruh gerai H&M di seluruh dunia. Keren ya, Moms! (Tiffany/SW/Dok. H&M Indonesia)



Tags: pakaian,   lingkungan,   fashion,   daur ulang