Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Kursus Online Menarik buat Anak saat Pandemi

Rekomendasi Kursus Online Menarik buat Anak saat Pandemi

Pandemi masih berlangsung dan kita semua belum tahu kapan akan usai. Pandemi juga masih membuat kita harus tetap tinggal di rumah, Moms dan suami bekerja di rumah, dan anak-anak belajar di rumah. Bukan hal yang mudah bagi anak, karena pada satu titik, Si Kecil mungkin akan merasa jenuh dengan aktivitas belajar yang begitu-begitu saja selama harus di rumah, atau malah ia semakin mengalami kesulitan dalam belajar.

Nah, agar aktivitas belajar anak tidak lagi membuatnya bosan, banyak orang tua yang mengikutsertakan anak mereka dalam kursus online, agar Si Kecil tidak lagi merasa jenuh dengan pelajaran yang itu-itu saja dan ia punya aktivitas belajar yang menarik minatnya.

Ya, kini sudah banyak institusi atau komunitas pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan kursus online dan bisa diakses dengan mudah. Mereka menawarkan banyak tema kegiatan belajar, anak Anda tinggal pilih mana yang ia sukai, dan Si Kecil pun akan senang mengikutinya. Berikut ini beberapa kursus online yang bisa Anda pertimbangkan untuk diikuti Si Kecil, Moms.



1. Cakap

Cakap merupakan kelas untuk belajar bahasa. Ada beragam bahasa yang bisa kita pelajari di sini, seperti bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh, misalnya Moms bisa mengatur jadwal kelas anak melalui aplikasi Cakap dan materi belajar dengan silabus Cambridge yang bisa diunduh. Anda juga bisa memantau perkembangan belajar Si Kecil langsung dari pengajarnya.

Jika Moms berminat mengikutsertakan Si Kecil untuk belajar bahasa asing di sini, mereka memiliki program spesial untuk anak usia 4-12 tahun. Anda bisa pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Si Kecil, Moms. Dengan mengikuti kelas setidaknya selama 25 menit setiap hari, dijamin Si Kecil akan bisa lancar berbahasa asing.

2. KodeKiddo

KodeKiddo merupakan tempat belajar coding yang interaktif dan seru untuk anak-anak dengan menggunakan teknologi dan metodologi yang dikembangkan khusus untuk anak. Selama pandemi, KodeKiddo membuka kelas online menggunakan platform Zoom dengan setiap sesi berlangsung selama 90 menit dan bisa diikuti mulai dari anak kelas 3 SD.

Kurikulumnya mencakup konsep computer science, computational thinking, dan matematika menggunakan kurikulum KodeKiddo untuk beberapa group berikut: SD Beginner (kelas 3-4), SD Advanced (kelas 5-6), SMP, dan SMA. Moms juga bisa mengetahui progres anak melalui mobile application atau website yang disediakan oleh KodeKiddo.



3. Superprof

Superprof menyediakan berbagai macam kursus yang bisa diikuti oleh Si Kecil, dari yang bersifat akademik, kursus bahasa asing, musik, olahraga, hingga seni. Moms bisa memilih guru atau mentor yang sesuai dengan bidangnya, dan setiap guru atau mentor juga memiliki review atau ulasan dari orang tua dan murid yang pernah menggunakan jasanya.

Si kecil bisa belajar secara sendiri atau berkelompok dengan teman-temannya, sehingga ia mungkin akan lebih bersemangat saat belajar di rumah. Dan jika Anda ingin Si Kecil kursus berkelompok dengan teman maupun sepupunya, ada diskon menarik yang ditawarkan, lho!

4. Global Art Indonesia

Bingung mengajak balita Anda mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat agar ia tidak bosan di rumah saja? Moms bisa mengikutsertakan Si Kecil dalam kelas online di Global Art Indonesia. Global Art merupakan kursus online seni berupa menggambar, mewarnai, dan berbagai kerajinan tangan yang bisa diikuti oleh anak-anak dari usia 3 tahun. Dengan mengikuti kelas seni, Si Kecil bisa meningkatkan kreativitasnya yang memungkinkan ia untuk belajar, berpikir, dan melakukan sesuatu secara berbeda.

5. Selingkar

Selingkar atau Sekolah Literasi Sayang Keluarga merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang literasi, khususnya literasi anak, dengan fokus utama adalah pengembangan kemampuan literasi anak. Selingkar menyediakan banyak materi untuk anak segala usia, dari anak prasekolah, anak usia sekolah, hingga remaja. Yang menarik, orang dewasa maupun orangtua juga bisa lho, belajar pengetahuan baru lewat kursus online ini.

Ada banyak jenis program yang bisa dipilih, mulai dari prasekolah, sekolah, materi bulanan, dan proyek belajar. Beberapa contoh materi yang bisa diperoleh antara lain membuat surat pendek, membuat komik, dan membuat buku interaktif. Selain itu, ada juga materi yang berhubungan dengan matematika, sains, seni, memasak, berkebun, sampai pengetahuan tentang dunia. Materinya pun menggunakan gambar dengan warna-warna yang menarik. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kursus online,   kelas online,   anak,   balita,   rekomendasi