Mother&Baby Indonesia
Bukan Malas! Ini 5 Alasan Ibu Hamil Sering Mager

Bukan Malas! Ini 5 Alasan Ibu Hamil Sering Mager

Enggan melakukan aktivitas apa pun! Inginnya tiduran saja! Hmm, kenapa ya, ibu hamil mendadak jadi mager alias malas gerak?

Meski pertambahan bobot tubuh belum terlalu banyak, sebagian ibu hamil sudah merasa enggan untuk beraktivitas sejak usia kehamilan masih muda. Moms, hal tersebut sesungguhnya wajar dan bukan berarti Anda pemalas. Faktanya ada sejumlah faktor yang menyebabkan bumil malas bergerak dan selalu terlihat lesu serta lemas.

1. Perubahan Hormon

Kala hamil, hormon progesteron dalam tubuh Moms akan meningkat. Perlu diketahui, hormon ini dapat memicu rasa kantuk. Selain itu, tubuh juga mengalami produksi darah disertai dengan penurunan tekanan darah dan kadar gula.



Hal itulah yang kerap membuat ibu hamil menjadi lebih mudah merasa lelah. Namun meski sering merasa mengantuk, kebanyakan ibu yang tengah hamil muda justru jarang merasakan tidur malam yang nyenyak karena sering buang air kecil.

2. Perubahan Emosional

Faktor emosi sangat memengaruhi kondisi fisik ibu hamil, termasuk ketika merasakan cemas yang berlebihan. Ada beragam hal yang biasanya membuat Moms yang tengah hamil menjadi risau, salah satunya adalah kondisi janin, persiapan menjadi ibu, hingga perasaan tentang kehamilan itu sendiri. Moms sebaiknya segera mengatasi rasa galau tersebut agar tidak berkelanjutan dan berubah menjadi depresi.

3. Mual dan Muntah

Meski biasa disebut morning sickness, faktanya mual dan muntah pada ibu hamil bisa berlangsung kapan saja sepanjang hari. Banyak energi yang terkuras saat Moms merasakan mual dan muntah sehingga membuat Anda merasa kurang bergairah dalam beraktivitas.

4. Anemia

Jangan buru-buru menganggap ibu hamil malas! Bukan tak mungkin rasa lelah yang dirasakan oleh bumil terkait dengan anemia defisiensi zat besi. Penyakit ini seringkali dialami bumil pada awal trimester pertama, menjelang akhir trimester kedua, atau awal trimester ketiga. Jadi, jika Moms merasa mudah sekali lelah selama kehamilan, sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter dan menjalani tes darah.

5. Penambahan Berat Badan

Seiring dengan bertambahnya usia kandungan, maka ibu hamil biasanya akan ikut mengalami pertambahan berat badan. Perut pun akan terlihat semakin membesar karena ukuran janin juga bertambah besar. Kondisi inilah yang kerap membuat bumil mudah lelah dan malas bergerak.

Apalagi memasuki trimester ketiga, Moms mungkin akan semakin sering mengalami susah tidur dan kerap keluar-masuk kamar mandi untuk buang air kecil. Kurangnya waktu buat beristirahat pada malam hari akan membuat Anda kelelahan keesokan harinya.



Mengusir Rasa Malas

Perasaan mager atau malas bergerak mungkin dialami oleh sebagian ibu hamil. Tapi Anda dapat meminimalisasi rasa tersebut dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

• Beristirahat setiap kali merasa lelah. Jika memungkinkan, Anda bisa menyisihkan waktu untuk tidur siang atau tidur malam lebih awal.

• Hindari minum terlalu banyak beberapa jam menjelang waktu tidur agar tidak sering terbangun untuk buang air kecil.

• Mengonsumsi makanan atau camilan sehat dalam porsi kecil setiap beberapa jam. Misalnya makan beberapa butir buah anggur atau semangkuk kecil sereal dengan susu rendah lemak.

• Perbanyak asupan buah dan sayur, lalu batasi makanan manis, asin, serta junk food. Pastikan asupan cairan tercukupi. Utamakan minum air putih dan kurangi kafein.

• Beraktivitas fisik, seperti berjalan santai, dapat membuat tubuh merasa lebih baik. Lengkapi dengan peregangan dan latihan pernapasan sesuai kemampuan. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   malas bergerak