Mother&Baby Indonesia
Bumil, Ini Tips Perawatan Rambut yang Aman Selama Hamil

Bumil, Ini Tips Perawatan Rambut yang Aman Selama Hamil

Semakin bertambah usia kehamilan, hormon dalam tubuh Moms juga akan meningkat hingga mengubah fisik Anda. Salah satunya adalah tekstur rambut yang berubah secara alami. Jika tidak dirawat dengan tepat, bisa terjadi kerusakan terutama setelah Anda melahirkan Si Kecil.

Karenanya, Moms perlu tahu langkah melakukan perawatan rambut, tentunya yang aman dilakukan selama kehamilan. Selain datang ke salon langganan, Anda juga bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini sendiri saat di rumah dengan cara yang sederhana, berikut ini:

1. Hindari Bahan Kimia

Setiap ibu hamil pasti dianjurkan untuk tidak menggunakan produk yang mengandung bahan kimia tertentu. Sebab, efeknya bisa membahayakan kondisi Anda serta janin dalam kandungan. Karenanya, pilihlah produk perawatan rambut yang aman dipakai ibu hamil. Selain itu, hindari pewarnaan, pelurus atau pengembang rambut yang kandungan bahannya tidak aman jika diberikan selama kehamilan.



2. Rapikan Rambut

Saat rambut tampak tidak berbentuk setelah beberapa waktu, Anda tentu ingin merapikannya dengan bantuan seorang ahli. Hal ini tentu bisa dilakukan di salon, karena memang tidak menimbulkan bahaya besar. Bahkan, jika Moms hanya butuh memangkas sedikit bagian rambut, seperti poni, maka bisa dilakukan seorang diri. Yang terpenting, Anda sudah tahu model yang diinginkan serta jenis rambut sendiri.


3. Pakai Bahan Alami

Agar lebih aman, bumil bisa mengganti produk perawatan rambut dengan menggunakan bahan yang alami. Pijatlah rambut secara perlahan dengan pilihan minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun. Lakukan secara rutin dan dapatkan rambut yang lebih berkilau, ringan, serta bebas ketombe.

4. Penuhi Nutrisi

Selain pengaplikasian bahan alami langsung pada rambut, Moms juga harus menjaga asupan makanan yang sehat. Menu-menu tersebut tak hanya menjaga kesehatan Anda dan janin, tapi juga membuat rambut tebal serta berkilau selama masa kehamilan. Beberapa makanan yang mampu menjaga kesehatan rambut di antaranya adalah: 

1. Air Kelapa Hijau



Di dalamnya terkandung kalium, vitamin E dan K yang berperan untuk menghidrasi rambut secara natural. Air kelapa hijau juga memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang mampu melindungi kulit kepala dari masalah ketombe. Jadi, air kelapa pun tak hanya menyegarkan, tapi juga baik untuk merawat kesehatan rambut.

2. Bayam

Sayur berwarna hijau cukup pekat ini diketahui memiliki vitamin A, C, beta karoten dan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan tersebut nyatanya mampu membantu pertumbuhan rambut serta membuat rambut Anda menjadi tetap lembap.

3. Ikan salmon

Jenis ikan satu ini jadi yang paling penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebab, terdapat asam lemak dan omega-3 yang membantu pembentukan saraf dalam otak janin. Selain itu, kedua kandungan tersebut juga bisa menstimulasi pertumbuhan rambut, lho. Rambut Moms pun akan tampak semakin berkilau selama hamil. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   perawatan rambut