Mother&Baby Indonesia
Ini 6 Perawatan Tubuh yang Aman Dilakukan saat Hamil

Ini 6 Perawatan Tubuh yang Aman Dilakukan saat Hamil

Moms pasti tahu kalau tidak semua perawatan tubuh aman dilakukan saat hamil. Contoh perawatan yang tidak aman untuk bumil adalah mengecat rambut, sauna, steam, hot stone massage, dan berendam air panas. Duh, padahal semua itu pasti nyaman banget dilakukan saat kehamilan mulai membesar ya, Moms.

Jangan kecil hati dulu, Moms! Masih banyak perawatan tubuh lainnya yang aman dilakukan saat hamil. Mau tahu apa saja perawatan tubuh yang aman untuk bumil dan janin? Lihat daftarnya di bawah ini.

1. Prenatal Massage

Asalkan kehamilan Anda normal dan tidak ada komplikasi, pijat kehamilan ini aman dilakukan di berbagai trimester. Namun bumil wajib memastikan pijat prenatal dilakukan oleh terapis berpengalaman yang bersertifikat dan telah terlatih memijat bumil. Perawatan tubuh ini akan membantu meredakan nyeri punggung, meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki mood, dan bahkan mencegah komplikasi persalinan.



2. Facial

Perawatan kulit wajah ini aman dilakukan saat hamil kok, Moms. Namun perlu diingat, hindari facial yang menggunakan chemical peel, hydroquinon, dan pencerah wajah, karena semua itu berbahaya bagi janin. Pilih facial yang standar saja, sedikit steam di wajah boleh dilakukan karena itu tidak meningkatkan suhu tubuh.

3. Akupunktur

Teknik pengobatan kuno yang berasal dari Cina ini aman dilakukan saat hamil. Mengutip What to Expect, akupunktur bahkan memberikan banyak manfaat bagi Anda, seperti mengurangi mual, heartburn, kaki bengkak, konstipasi, dan carpal tunnel syndrome.

Seperti yang dituliskan dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology, sebuah penelitian menyebutkan kalau akupunktur bisa meredakan nyeri punggung bagian bawah dan nyeri panggul. Jurnal ini juga menyebutkan akupunktur bisa meredakan depresi saat hamil lho, Moms.



4. Prenatal Reflexiology

Kaki dan tangan memang memiliki titik tekan yang mungkin menyebabkan kontraksi, namun refleksiologi yang dilakukan oleh pakarnya bisa mencegah kemungkinan buruk tersebut dan justru memberikan manfaat. Coba pilih spa kehamilan yang memberikan opsi prenatal-reflexology ya, Moms. Ini bisa membantu meredakan heartburn dan berbagai keluhan kehamilan lainnya.

5. Manicure-Pedicure

Agar perawatan kuku tangan dan kaki semakin aman, tidak ada salahnya untuk membawa sendiri peralatan mani-pedi Anda. Jangan lupa bilang kalau Anda sedang hamil ya, Moms, agar nail-therapist Anda bisa lebih waspada dan lembut. Bagaimana jika Anda merasa mani-pedi tak lengkap tanpa memoleskan cat kuku? Boleh saja kok, Moms, tapi pastikan cat kuku Anda sangat aman untuk ibu hamil, tidak mengandung toluene, phthalates, dan formaldehyde.

6. Berendam Air Hangat

Bumil ingin berendam air hangat? Boleh saja, tetapi pastikan airnya tidak terlalu panas ya, Moms. Panduan mudah dalam memperkirakan suhu air terlalu panas atau tidak: Jika wajah Anda merah dan berkeringat, maka airnya terlalu panas. Jangan digunakan untuk berendam!

Daripada berendam di jacuzzi atau pemandian air panas yang suhunya tidak bisa Anda atur, lebih baik berendam di bath tub rumah Anda sendiri, karena selain lebih higienis (tidak dipakai untuk umum), suhunya bisa Anda atur seaman mungkin. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: spa,   kecantikan,   perawatan tubuh,   kehamilan,   kandungan,   ibu hamil