Mother&Baby Indonesia
Penting! Ini 10 Tanda Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

Penting! Ini 10 Tanda Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

Kehamilan merupakan kabar yang sangat membahagiakan dan dinanti-nantikan oleh hampir semua pasangan yang sudah menikah. Namun terkadang, tanda-tanda kehamilan tidak disadari oleh sebagian wanita, apalagi jika mereka juga sudah pernah hamil sebelumnya.

Ya, tanda-tanda hamil muda bisa mirip dengan gejala menstruasi, misalnya kram pada perut, sehingga kebanyakan wanita belum benar-benar sadar mereka sudah memasuki periode kehamilan dan keliru menganggapnya sebagai sindrom pramenstruasi (PMS).

Selain bisa melakukan pengecekan dengan alat tes kehamilan atau test pack, sebenarnya ada beberapa tanda hamil muda yang bisa Anda perhatikan. Hal ini penting, karena kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan harus selalu dipantau dan diperhatikan sejak awal kehamilan.



Karena itu, selain mengecek menggunakan test pack, Anda juga bisa mengetahui Anda sedang hamil melalui perubahan yang terjadi di tubuh Anda. Ini sejumlah tanda hamil muda yang perlu Anda ketahui, Moms.

1. Mudah Merasa Lelah

Jika Anda tiba-tiba mudah merasa lelah atau mengantuk padahal baru saja tidur, Anda mungkin sedang hamil. Kelelahan merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Dalam 2 minggu pertama pembuahan, janin akan menggunakan hampir seluruh kalori yang ada dalam tubuh, sehingga membuat energi Anda jadi cepat habis.

2. Nafsu Makan Berubah

Saat hamil muda, energi Anda akan terkuras karena banyak diserap oleh janin, sehingga membuat Anda jadi lebih cepat merasa lapar meski pada saat ini belum muncul keinginan atau ngidam makanan tertentu. Sebaliknya, pada beberapa kasus, ibu hamil malah bisa saja mengalami kehilangan nafsu makan. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar hormon beta-hCG.

3. Penciuman Lebih Sensitif

Kadar hormon pada ibu hamil muda akan meningkat cukup drastis. Meningkatnya kadar hormon ini membuat indra penciuman Anda jadi lebih sensitif. Anda mungkin bisa merasa mual jika mencium aroma nasi yang sedang dimasak di rice cooker atau bahkan bau suami Anda.

4. Sering Buang Air Kecil

Di masa awal kehamilan, rahim Anda akan membesar dan hal ini akan mendorong kandung kemih. Kondisi tersebut membuat Anda jadi lebih sering buang air kecil. Meskipun Anda akan kerepotan karena harus bolak-balik kamar mandi, jaga selalu agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik dengan cukup mengonsumsi air putih ya, Moms.



5. Sakit Punggung

Jika Anda tidak pernah mengalami pegal di punggung dan tiba-tiba merasakannya, bisa jadi Anda tengah hamil. Saat hamil, ligamen akan melebar untuk mempersiapkan tempat bagi janin untuk tumbuh dan berkembang. Ini yang membuat punggung Anda akan terasa pegal. Dan sayangnya, rasa sakit ini dapat berlangsung selama masa kehamilan.

6. Sakit Kepala

Peningkatan hormon yang Anda alami juga akan menimbulkan sakit kepala ringan saat hamil muda. Namun, gangguan ini akan menghilang setelah beberapa minggu, seiring tubuh yang memberikan reaksi guna menyeimbangkan peningkatan hormon tersebut. Jika sakit kepala terasa sangat mengganggu, Anda bisa mengonsumsi obat. Namun pilihlah obat yang mengandung asetaminofen dan hindari ibuprofen, karena lebih aman.

7. Kram

Layaknya sebelum mendapat haid, Anda juga akan merasakan kram pada awal kehamilan, karena rahim meregang untuk mempersiapkan kehadiran janin.

8. Gangguan Sistem Pencernaan

Hormon progesteron akan meningkat saat hamil dan hal ini memperlambat sistem pencernaan. Itulah mengapa jeans Anda tiba-tiba tidak muat lagi dan perut terasa sedikit lebih besar. Sistem pencernaan yang melambat juga membuat Anda mengalami konstipasi.

9. Nyeri Payudara

Payudara Anda akan membesar dan terasa lebih berat dari sebelumnya. Anda juga akan merasa sedikit nyeri karena jaringan-jaringan di payudara memang lebih sensitif terhadap perubahan hormon. Pada beberapa kasus, daerah areola akan menjadi lebih gelap.

10. Mood Swing

Anda tiba-tiba merasa jengkel kepada suami, padahal ia hanya duduk menonton televisi atau Anda menangis tanpa alasan yang jelas. Saat hamil, hormon hCG meningkat dan membuat Anda mudah lelah. Hal ini memicu perubahan mood secara drastis. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   hamil muda,   tanda kehamilan