Mother&Baby Indonesia
5 Alasan Mengapa Wanita Mudah Terangsang saat Hamil

5 Alasan Mengapa Wanita Mudah Terangsang saat Hamil

Saat hamil, Moms mungkin akan mengalami nafsu makan yang meningkat. Namun, selain nafsu makan, tak sedikit juga ibu hamil yang mengalami peningkatan gairah seks atau bisa dibilang mudah terangsang atau horny. Bila kehamilan Anda sehat tanpa komplikasi, melakukan hubungan seks selama hamil memang bisa dilakukan dan cenderung aman.

Menurut Dr. Lyndsey Harper, MD, obgyn bersertifikat dan asisten profesor klinis di Sekolah Tinggi Kedokteran Texas A&M, saat hamil seorang wanita mengalami perubahan tubuh seperti merasakan panggul yang berat dan nyeri. Maka agar kehidupan seks saat hamil tetap berjalan dengan baik, pasangan seharusnya menemukan posisi bercinta yang nyaman untuk keduanya.

Perubahan tubuh lainnya seperti payudara, perut, paha, bokong yang membesar karena kehamilan mungkin juga membuat tak sedikit wanita merasa lebih seksi dan bergairan untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan. Namun di samping itu, apa saja sebenarnya hal yang membuat gairah seks meningkat sehingga membuat wanita mudah terangsang saat hamil? Ini dia beberapa penyebabnya, Moms.



1. Hormon Estrogen Meningkat

Seperti dilansir laman Romper, Tamika Cross, MD, obgyn di Memorial Hermann Healthcare, Houston, Texas, mengatakan saat hamil tubuh wanita menghasilkan banyak hormon sehingga menyebabkan peningkatan gairah seks. “Selama kehamilan, estrogen, progesteron, testosteron, dan kortisol meningkat. Hormon-hormon ini bertanggung jawab atas gairah seksual, lubrikasi, dan meningkatkan pengalaman seksual,” jelas Dr. Cross.

2. Peningkatan Hormon Oksitosin

Pada akhir kehamilan, kadar oksitosin yang disebut sebagai hormon cinta atau hormon bahagia meningkat secara drastis. Hormon ini diketahui dapat menimbulkan perasaan euforia ringan di hari-hari sebelum kehamilan. Jadi tidak hanya meningkatkan keinginan Anda untuk bersih-bersih rumah demi menyambut anggota keluarga baru, tapi Anda juga menginginkan adanya koneksi atau hubungan yang dekat terutama dengan pasangan Anda.

3. Vulva Lebih Sensitif

Selama hamil, vulva Anda mungkin akan membengkak dan sangat sensitif, sehingga menyebabkan Anda merasakan lebih banyak sensasi saat berhubungan seks. Seperti yang dijelaskan dalam studi pada 2016 di Journal of Sexual Medicine, klitoris adalah bagian spesifik dari vulva yang bertanggung jawab untuk pengalaman orgasme terbaik.



Dr. Cross mengatakan, selama trimester kedua, ketika volume darah wanita meningkat secara signifikan, klitoris menjadi lebih mudah membengkak yang mengarah pada peningkatan kepekaan, lebih mudah, dan lebih kuat merasakan orgasme. Hal ini pula yang pada gilirannya membuat Anda jadi ingin lebih sering melakukan hubungan seks dengan pasangan.

4. Payudara Lebih Sensitif

Beberapa wanita mengalami sensasi yang menyenangkan dari kondisi payudara yang lebih sensitif saat hamil. Seperti diketahui, kita dapat mengalami orgasme puting. Menurut laman Healthline, puting adalah zona sensitif seksual dan memiliki ratusan ujung saraf yang dapat mengomunikasikan gairah ke otak.

5. Orgasme yang Lebih Intens

Saat sedang menunggu hadirnya buah hati, ikatan emosional antara dua pasangan terkadang diekspresikan melalui peningkatan keintiman dan seks. Dr. Harper mengatakan, wanita paling sering mengalami efek positif ini pada akhir trimester pertama hingga awal trimester kedua. Nah, saat hubungan emosional Anda jadi lebih kuat, orgasme akan bisa lebih intens. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   gairah seks