Mother&Baby Indonesia
7 Tanda Awal Kehamilan yang Mungkin Tak Anda Sadari

7 Tanda Awal Kehamilan yang Mungkin Tak Anda Sadari

Ciri utama terjadinya kehamilan adalah berhentinya siklus menstruasi. Akan tetapi sebagian wanita terkadang melupakan jadwal haidnya sendiri atau memang siklus menstruasinya tidak teratur.

Namun selain berhentinya siklus menstruasi, ada sejumlah ciri yang menunjukkan seorang wanita tengah mengandung. Berikut adalah tanda-tanda kehamilan yang mungkin tidak disadari oleh Anda, Moms.

1. Kenaikan Suhu Tubuh

Ya, salah satu ciri awal kehamilan adalah suhu tubuh yang meningkat. Saat Anda terbangun pada pagi hari setelah memasuki masa ovulasi, suhu tubuh Anda biasanya akan sedikit meningkat dan kondisi ini bertahan hingga fase menstruasi selanjutnya. Namun jika suhu basal tubuh Anda tetap tinggi selama lebih dari dua pekan, hal itu bisa menandakan Anda tengah hamil.



2. Pusing dan Tidak Fit

Sebagian ibu merasakan pusing, mual, dan tidak enak badan pada awal masa kehamilan. Menurut situs WebMD, hal ini mungkin disebabkan karena terjadinya perubahan hormon, pelebaran pembuluh darah, penurunan tekanan darah, dan gula darah pada masa kehamilan. Sebagian wanita juga kerap mengalami kram pada awal kehamilannya.

3. Mudah Lelah

Jika Anda adalah wanita aktif dan tiba-tiba sering merasa lelah, ada kemungkinan Anda tengah hamil. Pada ibu yang tengah mengandung biasanya terjadi peningkatan hormon progesteron. Nah hormon inilah yang biasa memicu rasa kantuk pada ibu hamil sehingga Anda menjadi lebih mudah lelah. Selain itu, ibu hamil juga cenderung mengalami defisiensi zat besi sehingga membuatnya cepat lelah.

4. Perubahan Selera Makan

Perubahan selera makan juga bisa menjadi indikasi kehamilan seorang wanita. Hal ini disebabkan dengan adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Bukan tak mungkin, kondisi hamil membuat Anda tiba-tiba menyukai makanan yang sebelumnya Anda benci.



Selain itu, ibu hamil biasanya juga akan jadi lebih sensitif terhadap aroma-aroma tertentu. Ada wanita yang langsung merasa mual dan bahkan muntah ketika mencium aroma kuah bakso, padahal bakso merupakan makanan favoritnya.

5. Payudara Membengkak

Pada awal masa kehamilan, payudara Anda mungkin akan membengkak dan terasa nyeri. Selain itu, area di sekitar puting susu atau areola cenderung berubah warna menjadi lebih gelap.

6. Sembelit

Perut Anda sudah mulas dan rasanya ingin buang air besar, tapi ternyata tidak terjadi apa-apa. Ya, sulit buang air besar atau sembelit juga kerap dialami wanita pada awal masa kehamilan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi dan minum air putih.

7. Muncul Flek

Anda mungkin akan mengalami menstruasi palsu. Vagina akan mengeluarkan darah, tapi bukan darah menstruasi. Pada wanita yang tengah hamil, darah yang dikeluarkan biasanya hanya berbentuk flek. Selain keluarnya flek, vagina Anda juga mungkin akan mengeluarkan cairan lengket berwarna putih. Namun jika cairan tersebut dibarengi dengan rasa gatal atau perih, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter karena bisa menjadi pertanda keputihan. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ovulasi,   menstruasi