Mother&Baby Indonesia
Ini yang Moms Rasakan saat Hamil Anak Kembar

Ini yang Moms Rasakan saat Hamil Anak Kembar

Moms, selamat atas kehamilannya! Senang sekali jika akan hadir malaikat kecil dalam keluarga, apalagi jika ada dua anak atau lebih sekaligus di dalam kandungan. Artinya, Moms mengalami kehamilan anak kembar dan tentu butuh kekuatan lebih, nih.

Pasalnya, tak bisa dipungkiri bahwa hamil anak kembar dua atau lebih akan membuat Moms merasakan hal-hal khas saat kehamilan hingga dua kali lipat. Apa saja sensasi unik yang hanya dirasakan saat ibu hamil anak kembar?

1. Pergerakan Janin Lebih Awal

Banyak ibu yang hamil anak kembar merasa bahwa pergerakan janin terasa lebih awal, bahkan di usia trimester pertama. Gerakan ini juga terasa lebih cepat daripada kehamilan satu anak, seperti ada kupu-kupu atau ikan yang berenang di dalam perut Anda



2. Sering Konsultasi

Faktor pergerakan janin yang lebih awal ini tentu membuat Moms perlu lebih sering bertemu dengan dokter kandungan. Sebab, dalam rahim Anda ada dua atau lebih jiwa yang terus bertumbuh secara beriringan dan setiap saat kondisinya perlu dipantau lebih detail daripada biasanya.

3. Muncul Gejala Ekstrem

Hamil memang melelahkan, apalagi jika ada anak kembar dalam kandungan, maka lelah pun jadi lebih terasa. Belum lagi keluhan seperti sakit punggung hingga rasa mual berlebihan pun akan sering disampaikan saat berkonsultasi dengan dokter kandungan. Kondisi ini terjadi karena berat badan Moms serta peningkatan hormonal juga bertambah lebih cepat.




4. Makan Lebih Banyak

Meski tidak menjadi patokan utama, tapi nafsu makan bumil dengan anak kembar bisa saja meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh kebutuhan nutrisi untuk Anda sendiri serta anak kembar dalam rahim yang tak boleh kurang. Selain tambahan jumlah kalori yang setidaknya mencapai 300 kalori dalam sehari, Moms juga memerlukan 20 persen protein, 40 persen karbohidrat, dan 40 lemak sehat demi kehamilan lancar.

5. Suara Detak Jantung

Bumil akan merasakan detak jantung yang tak hanya satu, tapi bisa dua hingga lebih saat mengandung anak kembar. Hal ini pun terjadi sepanjang kehamilan atau selama 37-39 minggu hingga nantinya si kembar lahir.

6. Lebih Sering Buang Air Kecil

Pada kehamilan anak kembar, tekanan pada kandung kemih akan lebih besar dari rahim yang juga semakin membesar. Maka, ini akan membuat Moms jadi lebih sering ke toilet untuk buang air kecil dan sangat tidak dianjurkan untuk menahannya, ya! Jangan juga mengurangi asupan cairan yang bisa memengaruhi tumbuh kembang janin.

Jadi, mana saja hal yang Moms rasakan selama hamil si kembar? Nikmati masa kehamilan ini dan semoga tetap lancar hingga persalinan nanti, ya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   anak kembar