Mother&Baby Indonesia
6 Manfaat Water Exercise untuk Kebugaran Tubuh saat Hamil

6 Manfaat Water Exercise untuk Kebugaran Tubuh saat Hamil

Hamil bukan menjadi alasan bagi Anda untuk terus berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas fisik apa pun, Moms. Pasalnya tetap aktif secara fisik saat hamil adalah hal yang dianjurkan oleh para dokter. Aktif secara fisik ini bisa Moms lakukan dengan berolahraga atau melakukan latihan ringan.

Selain menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama menjalani masa kehamilan, rutin melakukan aktivitas fisik saat hamil juga dipercaya dapat mengurangi keluhan-keluhan yang umumnya dialami oleh ibu hamil.

Bila Anda masih bingung dengan aktivitas fisik apa saja yang bisa Anda lakukan saat hamil, dan yang pastinya aman untuk Anda dan bayi dalam kandungan Anda, Moms bisa melakukan water excercise atau olahraga di dalam air. Water exercise ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda dan memberikan segudang manfaat untuk kehamilan Anda. Berikut ini manfaat water exercise buat ibu hamil:



1. Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness merupakan keluhan yang paling umum dialami saat hamil. Untuk mengatasinya, mungkin Anda tertarik untuk melakukan aktivitas air. Pasalnya wanita yang melakukan aktivitas air secara teratur dikatakan jarang mengalami morning sickness selama hamil.

2. Membantu Bumil Tidur Nyenyak

Banyak wanita yang merasa kesulitan tidur saat hamil, baik karena perubahan bentuk tubuh maupun karena berbagai keluhan yang dirasakan. Nah, melakukan olahraga terutama olahraga di dalam air akan dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari, Moms.

3. Mengurangi Rasa Sakit Punggung

Saat hamil, tak sedikit dari Moms yang mengeluhkan sakit atau nyeri pada punggungnya. Menggunakan bantalan pemanas pun terkadang tidak mampu membantu untuk meredakan sakit punggung yang Anda alami. Namun beberapa ahli menyatakan bahwa berenang bisa membantu Moms untuk mengurangi rasa sakit punggung yang dirasakan selama masa kehamilan.



4. Mengurangi Pembengkakan di Kaki

Selama kehamilan, kaki dan pergelangan kaki Moms bisa membengkak karena bayi Anda yang Anda kandung membatasi aliran darah ke bagian bawah tubuh Anda. dengan melakukan water exercise, olahraga ini dapat membantu Anda untuk mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh tekanan bayi. Air bisa menenangkan tubuh dan membantu darah mengalir ke bagian bawah tubuh Anda.

5. Mengurangi Pembengkakan pada Lutut

Melakukan aktivitas fisik di dalam air juga dapat membantu melepaskan tekanan dari tubuh Anda lho, Moms. Latihan air pun dipercaya dapat membantu meredakan lutut yang bengkak dan meredakan nyeri yang Anda rasakan.

6. Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Menurut sebuah penelitian, bila calon ibu melakukan aktivitas air selama 30 menit sehari, risiko terkena diabetes gestasional pun akan menurun. Maka pastikan Anda tetap aktif selama kehamilan agar dapat mengurangi risiko diabetes gestasional ya, Moms. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: water exercise,   olahraga di dalam air,   kehamilan,   ibu hamil