Mother&Baby Indonesia
6 Alasan Anda Memiliki Perut yang Lebih Besar saat Hamil

6 Alasan Anda Memiliki Perut yang Lebih Besar saat Hamil

Saat hamil, seorang wanita pasti mengalami perubahan bentuk pada tubuhnya. Hal yang paling terlihat tentunya pada bagian perut yang tampak lebih menonjol atau membesar. Terkadang mungkin orang mengira bahwa ketika perut Anda terlihat besar saat hamil, ini bisa menunjukkan seberapa besar janin di dalam kandungan. Namun sebenarnya ukuran perut Anda tidak selalu menentukan ukuran janin yang Anda kandung, Moms.

Perubahan bentuk perut juga biasanya terjadi lebih cepat pada kehamilan kedua, hal ini dikarenakan kulit dan otot yang sudah meregang akibat kehamilan pertama. Namun bagaimana bila saat kehamilan pertama perut Anda mengalami pertumbuhan yang begitu cepat sehingga terlihat sangat besar? Melansir laman Times of India, berikut ini alasan yang mungkin menjadi penyebab perut Anda terlihat lebih besar saat hamil:

1. Tinggi Badan

Tinggi badan dapat memengaruhi ukuran perut seorang ibu hamil. Bila Moms memiliki tubuh yang tinggi, kemungkinan besar Anda akan memiliki perut yang panjang dan terlihat lebih besar karena memungkinkan lebih banyak ruang bagi janin untuk tumbuh. Sementara bagi Anda yang memiliki tubuh pendek, perut Anda mungkin terlihat lebih kecil karena hanya ada sedikit ruang antara pinggul dan tulang rusuk bagian bawah untuk janin bertumbuh.



2. Posisi Janin

Posisi janin bisa menyebabkan benjolan pada perut ibu hamil terlihat lebih besar. Aplagi janin cukup sering mengubah posisinya, terutama selama trimester terakhir, dan biasanya mereka lebih memilih posisi kepala berada di bawah. Janin juga bisa berpindah dari satu sisi ke sisi lain sehingga menyebabkan perut Anda terlihat membesar ke luar.

3. Cairan Ketuban

Cairan ketuban yang berlebih dapat memengaruhi benjolan perut pada ibu hamil. Menurut para ahli, batas normal cairan ketuban adalah 1 liter dan jika melebihi batas tersebut, cairan ketuban bisa menyebabkan perut membesar saat hamil. Dalam beberapa kasus, kondisi ini juga mungkin memerlukan perhatian medis.



4. Postur Tubuh

Bila postur tubuh Anda membungkuk saat berdiri maupun duduk, hal ini kemungkinan dikarenakan otot Anda kendur sehingga memperbesar kemungkinan benjolan perut Anda lebih besar saat hamil.

5. Ukuran Janin

Ukuran janin yang ada di dalam kandungan Anda mungkin saja memengaruhi bentuk benjolan perut saat hamil. Namun ukuran janin yang besar ini bisa disebabkan adanya kondisi medis seperti diabetes gestasional. Kondisi ini harus Anda waspadai dengan rutin memeriksakan kondisi kehamilan dan pertumbuhan janin.

6. Hamil Anak Kembar

Mengandung lebih dari satu bayi bisa membuat perut Anda terlihat lebih besar saat hamil. Hal ini dikarenakan adanya otot yang meregang di perut yang membuat benjolan perut Anda terlihat lebih besar. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   baby bump,   ibu hamil,   perut besar