Mother&Baby Indonesia
8 Tanda Pernikahan Anda akan Selamat dari Perselingkuhan

8 Tanda Pernikahan Anda akan Selamat dari Perselingkuhan

Moms, bila pasangan Anda selingkuh, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan mencoba memaafkannya dan memberikan kesempatan kedua? Atau justru tanpa berpikir panjang Anda akan mendepaknya dari kehidupan Anda dan lebih memilih untuk bercerai?

Saat mendapati pasangan kita berselingkuh tentu rasanya hati dan dunia kita hancur ya, Moms. Tetapi sebenarnya, bila Moms dikhianati oleh pasangan Anda sendiri, perceraian bukanlah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Menurut Konselor dan Pakar Hubungan, Beth Sonnenberg, LCSW, bila pasangan termotivasi untuk mengubah banyak hal dan menyadari bahwa cinta dan sejarah hubungan mereka terlalu kuat untuk menyerah (pada perceraian), ini bisa menjadi tanda bahwa hubungan yang baru dan lebih baik bisa terwujud dan pernikahan pun akan bisa terselamatkan.

Nah, berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan pernikahan Anda akan tetap selamat dan bertahan meski diterpa masalah perselingkuhan, Moms.

1. Anda dan Pasangan Kembali Saling Membangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah kunci untuk mempertahankan hubungan pernikahan Anda dari perselingkuhan. Mungkin bagi beberapa orang tentu sulit untuk memaafkan sebuah pengkhianatan. Namun seperti dilansir laman Romper, psikoterapis Babita Spinelli, LP, mengatakan bahwa mengambil langkah aktif untuk membangun kembali kepercayaan pada pasangan setelah diterpa perselingkuhan sangat penting untuk mengatasi perpecahan yang disebabkan oleh perselingkuhan.

2. Peselingkuh Bisa Berubah

Mungkin Moms pernah mendengar bahwa pria yang sekali selingkuh, akan tetap jadi peselingkuh nantinya. Namun menurut Spinelli gagasan tersebut belum tentu akurat. Karena menurutnya orang yang berselingkuh itu memiliki alasan, motivasi, situasi, dan kebutuhan yang berbeda. Ia menyarankan sebelum Anda memilih untuk mengakhiri pernikahan Anda, baiknya Moms melihat pasangan Anda sebagai sosok yang utuh terlebih dahulu tanpa label tersebut.

3. Selalu Menjadikan Pasangan sebagai Sahabat

Seorang teman atau sahabat biasanya akan memahami dan memiliki ikatan emosional dengan kita. Nah, saat Moms menjadikan pasangan Anda sebagai sahabat, saat kehidupan rumah tangga Anda diterpa perselingkuhan, psikoterapis Toni Coleman, LCSW, mengatakan rasa persahabatan tersebut dapat digunakan untuk membantu Anda dan pasangan untuk menemukan jalan kembali sebagai teman dan kemudian kembali menjadi kekasih atau pasangan yang saling berkomitmen.

4. Anda dan Pasangan Berusaha Intim

Spinelli mengatakan menjadi intim secara fisik setelah perselingkuhan merupakan langkah menuju hubungan yang lebih sehat, meski memang membutuhkan waktu sampai kepercayaan Anda terhadap pasangan kembali.

5. Anda dan Pasangan Menghargai Pernikahan dan Keluarga

Setelah diterpa masalah perselingkuhan, hubungan Anda dan pasangan dapat pulih kembali dan menjadi lebih baik jika Anda berdua sangat mementingkan pernikahan Anda dan menjaga kebersamaan keluarga. Menurut Coleman, pasangan yang memiliki tipe seperti demikian mungkin berasal dari latar belakang keluarga di mana sebuah pernikahan adalah hal yang dihargai, serta selalu ada harapan dan kemauan untuk bekerja sama guna menyelesaikan perbedaan yang ada dalam rumah tangga daripada terburu-buru memilih perceraian.

6. Anda Mau Memaafkan

Memaafkan tak selalu berarti kita mengalah atau membiarkan orang lain menginjak-injak kita. Namun menurut dr. Tyler VanderWeele, salah satu Direktur Initiative on Health, Religion, and Spirituality di Harvard T.H. Chan School of Public Health, memaafkan merupakan respons yang sangat kuat dan dapat menyembuhkan diri sendiri terhadap suatu hal jahat yang menyakiti hati kita.

7. Pasangan Anda Minta Maaf dan Berjanji Tak akan Mengulanginya Lagi

Perselingkuhan memang benar-benar menyakitkan dan bisa merusak suatu hubungan. Ketika ada pengkhianatan kepercayaan dalam rumah tangga, tidak cukup bila hanya satu pihak saja yang memaafkan, tetapi pihak yang bersalah juga harus mengaku salah dan berjanji tak akan mengulanginya lagi. Dengan begitu diharapkan hubungan bisa berangsur-angsur pulih.

8. Anda Tidak Mengungkit Perselingkuhan Tersebut

Saat Moms tak lagi mengungkit perselingkuhan yang terjadi dalam rumah tangga Anda, berarti Anda dan pasangan siap melanjutkan hubungan kembali ke arah yang lebih baik. Karena perlu diingat, Anda tak dapat menghukum pasangan Anda selamanya dan ada saatnya Anda harus move on dari perselingkuhan tersebut. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   pernikahan,   rumah tangga,   suami istri,   perselingkuhan