Mother&Baby Indonesia
Lakukan Hal Ini untuk Cegah Pertengkaran dalam Rumah Tangga

Lakukan Hal Ini untuk Cegah Pertengkaran dalam Rumah Tangga

Baik Moms maupun Dads, pasti ingin punya kehidupan pernikahan yang damai dan bahagia. Namun, perbedaan pendapat yang mungkin sering terjadi bisa saja memicu pertengkaran, yang efeknya mungkin menjadi lebih baik atau lebih buruk pada banyak hal.

Dari sisi yang baik, hal ini dapat terlihat dengan perubahan sikap pasangan yang semakin saling memahami dan menerima kekurangan masing-masing. Namun sebaliknya, tak jarang juga pertengkaran justru membuat Anda berdua saling diam dan membuat suasana rumah tangga menjadi canggung.

Baca juga: 7 Manfaat Konflik Suami Istri bagi Kebahagiaan Rumah Tangga

Situasi ini sebenarnya sangat wajar terjadi, apalagi pada pasangan yang baru menikah yang mungkin dipicu oleh masalah sepele. Tetapi, sebenarnya pertengkaran bisa dicegah agar tak semakin besar dengan beberapa hal yang bisa Moms dan Dads lakukan sebagai berikut:

1. Turunkan Ego Masing-masing

Setiap orang tentu memiliki ego masing-masing, yang bisa dijadikan sebagai pertahanan diri untuk menentukan benar atau salah. Meski baik, namun ego harus bisa Anda atur agar tak menimbulkan salah paham.

Dengarkan pasangan saat ia ingin menyampaikan sesuatu dan berusaha untuk selalu tenang dalam situasi apa pun. Pahami bahwa pasangan mungkin sedang lelah sehingga Anda bisa menahan diri untuk tidak langsung meluapkan amarah ketika ada sesuatu yang dianggap salah atau keliru.

2. Jujur pada Pasangan

Jika Anda mau mendengarkan, maka pasangan akan berusaha untuk melakukan hal yang sama ketika Anda menyampaikan sesuatu. Jujurlah padanya mengenai hal yang disukai dan tidak sukai secara terbuka. Sebab, pasangan Anda bukanlah peramal yang bisa membaca pikiran. Jangan sampai kesalahanpahaman ini membuat Moms kesal tanpa alasan pada Dads karena mengganggapnya kurang peka.


3. Saling Memahami Perbedaan

Faktanya, Anda dan pasangan memang memiliki perbedaan dari berbagai sisi. Tak hanya pemikiran hingga ideologi, bahkan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena hal ini. Maka, saling memahami satu sama lain merupakan kunci untuk mencegah pertengkaran dan langkah paling awal untuk bisa semakin mengenal pribadi masing-masing.

Baca juga: Ini Dia Perdebatan Orang Tua Baru dan Cara Mengatasinya

4. Maafkan dan Lupakan

Karena sudah menikah, maka kekurangan atau perlakuan yang salah dari pasangan harus dimaafkan. Dan jika situasi ini disebabkan oleh hal sepele, maka lupakan hal tersebut agar tak menjadi beban pikiran Anda. Sebaliknya, jika ada masalah yang lebih besar, belajarlah untuk mengalah dan mencari solusi bersama dengan pikiran terbuka.

5. Harus Punya Me-Time

Perbedaan antara Anda dan pasangan ada saja yang sulit untuk disatukan. Maka perlu ada momen khusus untuk diri masing-masing atau me-time, agar bisa saling menenangkan diri di waktu dan lokasi yang berbeda. Me-time ini sebenarnya juga wajib dimiliki oleh setiap pasangan dan terbukti dapat memberikan rasa bahagia sehingga akhirnya dapat menikmati kehidupan rumah tangga bersama.

6. Tahu Tujuan Menikah

Komunikasi jadi satu hal yang paling utama dimiliki setiap pasangan. Dari hal ini, maka bisa terbentuk tujuan dari pernikahan, baik pada masing-masing individu maupun dari keputusan bersama. Saling menguatkan komitmen, memiliki rasa aman dan nyaman dalam keluarga, serta bersedia menjadi pendukung nomor satu dari pasangan akan membuat kehidupan rumah tangga Anda menjadi lebih harmonis dan damai tentunya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   rumah tangga,   pernikahan,   pertengkaran rumah tangga,   suami istri