Mother&Baby Indonesia
10 Tanda Pernikahan Anda Akan Langgeng Sepanjang Masa

10 Tanda Pernikahan Anda Akan Langgeng Sepanjang Masa

Menikah dengan orang yang Anda cintai tentu tidak sesulit mempertahankan pernikahan agar langgeng sepanjang masa. Dibutuhkan banyak kasih sayang, pengertian, dan usaha keras dari kedua pihak.

“Pernikahan yang langgeng membutuhkan pola yang konsisten. Setiap individu harus memberikan waktu, energi, dan usaha tanpa henti untuk bisa menjalankan hidup bersama dan tidak akan berpisah,” ujar terapis pernikahan dan keluarga, Dr. Dani Moye, PhD, pada Bustle.

Apakah Anda dan pasangan sudah menjalankan berbagai upaya agar pernikahan langgeng? Yuk, ketahui tanda-tanda pernikahan Anda akan langgeng sepanjang masa. Till death do us apart!

Saling Menerima

“Pasangan yang saling menerima diri apa adanya akan membuat pernikahan sangat sehat dan bahagia,” jelas Maria Sullivan, relationship expert dan Vice President Dating.com, pada Bustle. Tidak ada manusia yang sempurna, dan pasangan Anda juga bisa berbuat salah. Coba terima kekurangan dan kesalahan yang mungkin pernah dibuat pasangan Anda.

Komunikasi Terbuka

“Setiap pasangan harus merasa nyaman untuk membicarakan perasaan dan pikiran satu sama lain. Ini juga termasuk berbagi dengan pasangan Anda tentang perasaan positif dan negatif,” jelas Alexandra B. Grundleger, PhD, pada Bustle. Jika Anda dan pasangan telah menciptakan hubungan yang aman untuk saling berekspresi, maka besar kemungkinan pernikahan Anda akan langgeng.

Saling Mendukung

Pasangan yang berpisah umumnya merasa terjebak, tidak didukung, dan tidak bisa mengambil langkah positif untuk meraih tujuan, baik tujuan pribadi maupun profesional,” ujar Alexandra. Maka agar pernikahan langgeng, cobalah untuk menjadi pasangan yang mendukung pasangan untuk meraih mimpinya. 

Saling Bertanggung Jawab

Rasa tanggung jawab yang seimbang dapat menjadi kunci pernikahan langgeng. Tidak ada cara salah atau benar dalam berbagi pekerjaan rumah (atau bahkan berbagi tagihan). Selagi Anda berdua bisa membaginya dengan adil, maka itu bisa menjadi ciri pernikahan yang akan langgeng sepanjang masa.

Intim

Baik intim secara fisik maupun emosi, keduanya bisa menjadi tanda pernikahan akan langgeng. Keintiman bukan sekadar hubungan seksual, namun juga koneksi antara Anda dan pasangan yang membuat pernikahan kuat dan awet. Kebutuhan untuk intim mungkin berubah dari tahun ke tahun, namun usaha untuk tetap intim antara suami istri tidak boleh menurun.

Saling Percaya

“Agar bisa percaya, maka Anda harus bisa hidup apa adanya: Terbuka, jujur, dan asli,” kata Gary Brown, PhD, LMFT, pada Bustle. Menurutnya, pasangan yang awet biasanya pasangan yang saling percaya dan peka, karena tanpa keduanya, tidak akan ada keintiman.

Have Fun!

Pernah dengan pepatah, “Couple that plays together stays together” kan, Moms? Ternyata ini benar, lho. Pasangan yang main bareng atau sering bersenang-senang bersama akan memiliki pernikahan yang awet, karena mereka mampu menjaga hubungan dan energi positif. 

Saling Penasaran

Bukan berarti harus kepo dengan segala aktivitas pasangan, melainkan lebih ke penasaran dengan perubahan kecil yang ada di lingkungannya. Anda tahu info terbaru tentang apa yang sedang disukai, tidak disukai, atau apa yang terjadi pada ruang lingkup pasangan. Jika Anda tidak berhenti penasaran dengan update kehidupan pasangan, maka ini tanda pernikahan akan langgeng.

Konflik Sehat & Produktif

Sedikit konflik di pernikahan justru diperlukan lho, Moms. Pasangan yang tahu berargumen dengan cara yang sehat, maka pernikahannya cenderung awet. Mungkin ada waktunya Anda tidak saling setuju atau tidak sependapat, dan ketika Anda bisa mengekspresikan perasaan itu tanpa mendorong atau menyalahkan pasangan, maka pernikahan Anda sehat.

Saling Menjaga Komitmen

Komitmen, inilah hal terpenting yang menjaga pernikahan awet, langgeng, dan bahagia selamanya. Artinya, suami-istri tidak menyerah walau keadaan sangat berat, suami-istri tidak saling menyalahkan ketika menghadapi cobaan, dan suami-istri saling mencari solusi ketika dihantam masalah. Itulah komitmen. Ketika Anda dan pasangan sudah saling menjaga komitmen, pernikahan tentu akan langgeng sepanjang masa. Setuju, Moms? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: pernikahan,   rumah tangga,   suami istri,   keluarga