Mother&Baby Indonesia
Agar Cepat Hamil, Lakukan Ini Setelah Berhubungan Intim

Agar Cepat Hamil, Lakukan Ini Setelah Berhubungan Intim

Saat merencanakan kehamilan, biasanya setiap pasangan akan memeriksakan kesehatannya terlebih dahulu dengan dokter. Mungkin Anda akan diberikan vitamin prenatal agar ketika mengandung nanti nutrisi Anda bisa terpenuhi dengan baik. Namun yang tak kalah penting adalah untuk mencapai kehamilan tentunya Anda dan pasangan Anda perlu melakukan hubungan intim secara teratur di masa subur Anda.

Melansir laman Romper, Jana Flesher, seorang bidan bersertifikat, mengatakan sebagian besar pasien memiliki peluang 20% untuk hamil pada masa suburnya. Untuk meningkatkan peluang Anda agar bisa hamil, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan setelah Anda dan pasangan melakukan hubungan seks. Meski tak menjamin 100% akan terjadinya kehamilan, namun tak ada salahnya Anda mencoba hal-hal berikut ini, Moms.



1. Bersantailah

Setelah berhubungan intim, berikanlah waktu agar Anda dan pasangan bisa bersantai sejenak. Berdasarkan laman Today's Parent, tidak beranjak langsung dari tempat tidur setelah berhubungan seks dapat meningkatkan kemungkinan sperma memiliki waktu untuk mencapai sel telur dan membuahinya. Jadi, bersantailah terlebih dahulu selama sekitar 5 menit atau lebih sambil membiarkan sperma berenang melakukan tugasnya.

Perlu Anda ingat, Flesher mengatakan bahwa sperma tahu ke mana ia harus pergi. Anatomi wanita mengalami perubahan saat ovulasi yang secara khusus akan memfasilitasi sperma untuk memasuki rahim.



2. Bernapaslah

Saat Anda berencana untuk hamil, jangan sampai Anda berada dalam kondisi stres berlebihan. Stres diketahui dapat menjadi faktor ketidaksuburan. Jadi setelah Anda melakukan hubungan seks dengan pasangan, Anda tak usah terlalu khawatir dengan hasil yang akan Anda dapatkan nanti. Sebaliknya, pertahankan suasana santai, benapaslah dalam-dalam, dan cobalah untuk tetap fokus pada hal positif.

3. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Sebaiknya simpan botol berisi air di dekat tempat tidur Anda, agar setelah melakukan hubungan seks dengan pasangan Anda bisa minum air untuk menghidrasi tubuh. Karena menurut Flesher, hidrasi sangat penting untuk semua proses fisiologis.

4. Jangan Langsung Buang Air Kecil

Menunggu beberapa saat untuk buang air kecil setelah berhubungan intim dapat membantu lebih banyak sperma untuk bertahan di tubuh wanita lebih lama. Mengutip Mayo Clinic, diketahui sperma dapat bertahan selama berhari-hari di saluran reproduksi wanita. Jadi dengan menghindari ke kamar mandi untuk sementara waktu guna buang air kecil dapat memberikan waktu pada sperma untuk melakukan perjalanan ke sel telur.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Untuk memaksimalkan potensi kesuburan Anda, sebaiknya Anda juga menghindari konsumsi rokok dan alkohol ketika mencoba untuk hamil ya, Moms. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: cara agar hamil,   kehamilan,   kesuburan