Mother&Baby Indonesia
Tips Cepat Hamil Setelah Berhenti Minum Pil KB

Tips Cepat Hamil Setelah Berhenti Minum Pil KB

Dari sekian banyak mitos seputar kontrasepsi, sulit hamil pasca berhenti minum pil KB adalah salah satu mitos yang cukup sering beredar. Umumnya, Moms akan kembali subur dan bisa hamil setelah berhenti minum pil KB, namun memang sebagian wanita tidak bisa segera hamil. Walau begitu, tidak perlu khawatir berlebih, Moms, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa cepat hamil setelah berhenti minum pil KB. Ikuti cara di bawah ini, ya.

Pil KB Vs Fertilitas


Mengutip Web MD, penggunaan pil KB tidak memberi dampak negatif pada fertilitas atau kesuburan. Sebuah penelitian menyebutkan sekitar 72-94 persen wanita bisa langsung hamil dalam setahun setelah berhenti minum pil KB. Sedangkan pada pengguna IUD atau spiral, sekitar 71-96 persennya bisa hamil dalam setahun setelah melepas IUD.



Walau persentasenya cukup tinggi, Web MD mengingatkan kalau kembalinya fertilitas pasca minum pil KB tidak berarti Anda akan segera hamil dalam waktu singkat. Beberapa wanita butuh beberapa bulan untuk hamil setelah berhenti minum pil KB, dan beberapa wanita lainnya perlu waktu lebih lama. Semua ini juga dipengaruhi oleh usia, kesehatan, dan tentu saja gaya hidup.

Tips Cepat Hamil setelah KB

Perlu diingat, seberapa cepat Anda hamil setelah berhenti minum pil KB juga ditentukan oleh banyak faktor ya, Moms. Namun jika Anda ingin segera mendapatkan kehamilan, beberapa cara ini bisa dicoba:

1. Hitung Masa Subur

Berhubungan intim tidak perlu setiap hari, karena lebih disarankan berhubungan intim setiap 2 hari sekali dan di masa subur. Kini sudah banyak aplikasi ponsel untuk menghitung masa subur yang membantu meningkatkan peluang kehamilan karena Anda berhubungan intim di waktu yang tepat.



2. Hindari Pelumas

Sering menggunakan pelumas saat bercinta? Jika ingin cepat hamil, hindari penggunaan pelumas ya, Moms. Ada penelitian yang menyebutkan pelumas dapat mengurangi pergerakan sperma menjadi kurang gesit dan kurang lurus pergerakannya, sehingga sulit mencapai sel telur dan membuahinya. Jika ingin menggunakan pelumas, pilih yang berbahan dasar air dan tidak mengandung spermisida.

3. Hindari Stres

Baik setelah berhenti minum pil KB atau tidak, stres tentu dapat memengaruhi kesempatan Anda untuk hamil. Stres bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan membuat siklus menstruasi tidak beraturan. Hal ini tentu saja dapat memberi pengaruh pada kesempatan Anda hamil.

4. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Setelah berhenti minum pil KB, gaya hidup juga menentukan cepat tidaknya Anda bisa hamil. Maka coba untuk menerapkan gaya hidup sehat guna meningkatkan kesuburan, seperti rutin olahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan memenuhi kebutuhan tidur. 

5. Memperhatikan Usia

Usia turut memengaruhi kesempatan Anda untuk hamil lagi setelah berhenti minum pil KB. Jika usia sudah di atas 35 tahun dan Anda ingin hamil lagi, maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter kandungan untuk program hamil. Semakin cepat semakin baik lho, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   kontrasepsi,   pil kb,   fertilitas,   kesuburan