Mother&Baby Indonesia
Persiapkan Hal Ini saat Ajak Balita Jalani Tes COVID-19

Persiapkan Hal Ini saat Ajak Balita Jalani Tes COVID-19

Tak hanya orang dewasa, COVID-19 juga bisa dialami oleh anak-anak, baik bayi maupun balita. Sebagai orang tua, tentu hal yang membuat khawatir adalah ketika Si Kecil terjangkit virus satu ini namun tanpa disertai adanya gejala. Lain halnya bila Anda menemukan kondisi Si Kecil dengan hidung meler berhari-hari disertai demam, sehingga mungkin Anda akan dengan sigap memeriksakannya ke dokter bahkan memilih agar Si Kecil menjalani tes COVID-19.

Namun saat Anda menemukan gejala-gejala terinfeksi virus COVID-19 pada Si Kecil, sebaiknya Anda tidak perlu panik agar bisa mempersiapkan Si Kecil untuk melakukan prosedur pemeriksaan atau tesnya dengan baik sehingga proses tes COVID-19 yang dijalani anak Anda pun berjalan dengan lancar. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan dan siapkan saat mengajak anak melakukan tes COVID-19.

Pastikan Anda Tahu Prosedurnya

Saat Si Kecil akan menjalani tes COVID-19, pastikan Moms benar-benar tahu bagaimana prosedur tes yang akan ia jalani. Untuk mendiagnosis keberadaan virus corona, dokter atau perawat perlu mengumpulkan sampel spesimen dari anak Anda.



Tom Belhorn, M.D., Ph.D., Direktur Penyakit Menular Anak di University of North Carolina, mengatakan, ada beberapa cara untuk mengumpulkan sampel spesimen, seperti mengumpulkan cairan atau air liur yaitu swab orofaringeal (tenggorokan), atau swab nasofaring (hidung). Jika anak Anda telah mengalami gejala untuk jangka waktu yang lebih lama, ia mungkin akan melakukan kedua tes swab tersebut.

Bawa Barang Favorit Anak

Ketika benar ada kemungkinan Si Kecil akan melakukan tes COVID-19, bawalah barang atau benda kesukaannya, bisa berupa boneka favoritnya atau selimut kesayangannya, untuk dipegang selama tes nanti berlangsung. Bila Anda memilih program drive thru untuk tes ini, berikan musik yang nyaman untuk Si Kecil.

Dr. Belhorn mengatakan, musik seringkali menjadi sarana yang bagus untuk menenangkan anak-anak sebelum, selama, dan setelah prosedur tes dilakukan. Atau mungkin selama menunggu giliran tes, Moms bisa menceritakan pad Si Kecil bagaimana penampilan dokter atau perawat yang akan ia temui. Ceritakan bahwa mereka akan memakai APD, masker, sarung tangan, face shield, dan lain sebagainya, agar Si Kecil tidak bingung ketika berhadapan dengan tenaga medis nanti.

Buat Anak Anda Merasa Tenang

Moms juga boleh memberi tahu tentang tes yang akan dijalani Si Kecil nanti. Namun tak usah menjelaskannya secara detail ya, Moms. Lebih baik Anda menjawabnya secara singkat dan dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh anak.



Ketika giliran tes Si Kecil tiba, pastikan Anda sebagai orang tua tetap tenang, dengan begitu Si Kecil pun juga akan merasakan ketenangan saat menjalani tes. Agar Si Kecil merasa nyaman dan duduk diam, mungkin Anda perlu melakukan beberapa hal tergantung usia Si Kecil.

Whitney Casares, M.D., M.P.H., seorang dokter anak serta penulis The New Baby Blueprint: Caring for You and Your Little One mengatakan, mungkin orang tua akan membuat Si Kecil diam dengan berpura-pura menjadi patung, atau membeku layaknya tokoh di film "Frozen". Bila tes dilakukan di dalam ruangan, Moms bisa memangku Si Kecil sambil memeluknya dan menghadap ke depan. Sedangkan saat Anda memilih tes drive thru, Moms bisa memegang tangan saat ia duduk di di kursi mobilnya.

Beri Anak Hadiah

Setelah sampel diambil dan tes selesai, peluklah Si Kecil dan hujani ia dengan pujian. Lakukan hal tersebut meski Si Kecil tidak menjalani prosedur tesnya dengan baik, karena percayalah ia sudah mencoba untuk melakukan yang terbaik.

Moms juga bisa memberikannya hadiah, yaitu sesuatu yang ia sukai, seperti mainan, camilan favoritnya, atau bahkan memberikan bonus beberapa menit tambahan untuknya bisa menggunakan gadget. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   anak tes covid-19,   rapid test,   swab,   covid-19