Mother&Baby Indonesia
Penyebab Kaki Bengkak Usai Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak Usai Melahirkan dan Cara Mengatasinya

Kaki bengkak saat hamil, khususnya di trimester akhir, mungkin menjadi keluhan kehamilan yang sangat sering terjadi. Umumnya, keluhan kaki bengkak ini akan hilang dengan sendirinya pasca melahirkan. Namun bagaimana jika kaki masih sering bengkak setelah melahirkan?

Kondisi kaki bengkak pasca melahirkan dikenal dengan postpartum edema atau sering juga disebut postpartum swelling. Tak hanya di kaki, pembengkakan pasca melahirkan ini juga bisa terjadi di tungkai, pergelangan kaki, tangan, dan bahkan wajah lho, Moms. Kenali penyebabnya dan ketahui cara meredakannya, yuk!

Normal Terjadi?

Perut mulai mengecil, namun kaki masih bengkak walau sudah melahirkan. Apakah pembengkakan ini normal? Mengutip What to Expect, postpartum swelling ini normal terjadi karena semua cairan ekstra yang berakumulasi selama 9 bulan tidak bisa hilang dalam satu malam.



Selain di kaki, Anda yang melahirkan normal mungkin juga mengalami pembengkakan di area perineum (area kulit antara liang vagina dengan anus), atau di sekitar area jahitan jika Anda melahirkan secara caesar.

Penyebab Kaki Bengkak Pasca Melahirkan

Walau normal terjadi, namun para ibu baru pasti bingung dengan pembengkakan yang masih terjadi pasca melahirkan. Menurut What to Expect, ini beberapa hal yang kerap menjadi penyebabnya:

• Sisa cairan saat hamil. Ingat, cairan ekstra di tubuh Anda adalah hasil akumulasi selama 9 bulan hamil. Tentunya butuh waktu untuk membuang sisa cairan ekstra tersebut, maka wajar saja jika Anda masih suka bengkak setelah baru melahirkan.

• Cairan infus. Beberapa wanita mungkin membutuhkan infus atau epidural saat proses melahirkan. Cairan infus yang diberikan berguna untuk memastikan tekanan darah Anda tidak turun dratis. Begiu juga dengan infus yang diberikan pada Moms yang melahirkan caesar. Cairan-cairan itu tidak hilang begitu saja dalam hitungan detik, kan?

• Mengejan. Usaha keras Anda dalam mengejan saat melahirkan normal bisa menyebabkan cairan ekstra di tubuh mengalir deras ke wajah Anda. Ini bisa menjadi penyebab wajah atau kaki Anda bengkak saat baru melahirkan.

• Kurang gerak. Setelah melahirkan (terutama jika melahirkan secara caesar) Anda tentu belum bisa banyak bergerak. Ini menyebabkan tubuh semakin sulit mengeluarkan cairan ekstra, hingga terjadilah pembengkakan di kaki atau bagian tubuh lainnya.

• Hormon. Selama hamil, hormon progesteron di tubuh Anda meningkat. Dampaknya adalah terjadinya cairan ekstra, yang bisa memicu bengkak saat hamil dan berlanjut hingga pasca melahirkan.



Cara Mengatasi

Kaki bengkak pasca melahirkan sangat mengganggu Anda? Coba atasi dengan beberapa langkah tepat berikut ini:

• Banyak minum. Menambahkan air pada tubuh yang sedang kelebihan cairan? Ternyata ini cara yang efektif untuk mengusir cairan ekstra di tubuh Anda, Moms. Banyak minum juga mengoptimalkan kerja ginjal, yang sedang bekerja keras membuang cairan ekstra di tubuh Anda.

• Banyak bergerak. Ini bukan berarti Anda harus langsung ke gym pasca melahirkan lho, Moms! Namun cobalah untuk tidak hanya berdiam diri berbaring di tempat tidur. Jika memungkinkan, bergeraklah. Ini mencegah cairan dan darah menumpk di kaki Anda, tubuh pun bisa lebih mudah membuang cairan ekstra.

• Hindari duduk atau berdiri terlalu lama. Dua sikap itu bisa menyebabkan penumpukan cairan dan darah di area kaki, hingga memicu pembengkakan di kaki pasca melahirkan. Coba lebih aktif bergerak ya, Moms, agar sirkulasi darah dan cairan juga lebih lancar.

• Tinggikan kaki saat berbaring. Ini membantu melancarkan peredaran darah dan cairan tubuh dari bagian bawah kembali ke seluruh tubuh, sehingga bisa dibuang melalui ginjal dan kelenjar keringat.

• Gerakkan kaki memutar. Coba gerakkan pergelangan kaki dan kaki searah jarum jam sebanyak 10 kali, dan ulangi lagi 10 kali dengan gerakan melawan jarum jam. Pijatan lembut dari suami tersayang juga boleh dilakukan untuk mencegah peningkatan penumpukan cairan di kaki.

• Angkat tangan. Jika tangan dan jari-jari Anda juga ikut bengkak, maka angkat tangan Anda ke atas melewati kepala. Ini membantu melancarkan sirkulasi darah dan cairan ekstra, sehingga bengkak cepat hilang. 

• Kurangi makanan asin. Anda pasti sudah tahu kalau garam bisa membuat bengkak semakin parah, kan? Walau keripik kentang sangat menggoda, namun hindari dulu makanan tinggi sodium seperti ini ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: postpartum edema,   ibu melahirkan,   kaki bengkak,   kesehatan