Mother&Baby Indonesia
Trik untuk Moms agar Proses Menyusui Jadi Lebih Mudah

Trik untuk Moms agar Proses Menyusui Jadi Lebih Mudah

Mari akui bersama, menyusui adalah momen yang dipenuhi oleh tantangan. Baik ibu baru atau bukan, momen menyusui dapat memberikan Anda pengalaman yang unik dan tak selalu berjalan mulus. Ya Moms, walau menyusui adalah hal yang alami, tapi tak berarti dapat selalu dilakukan dengan lancar.

Memang masa-masa menyusui Si Kecil memberikan Anda perasaan bahagia dan bangga yang tiada tara, tapi memompa ASI atau payudara yang bengkak tentu menambahkan kesan tersendiri yang membuat perjalanan momen menyusui sangatlah menantang. Oleh karena itu, M&B sudah merangkum beberapa trik menyusui yang bisa memudahkan proses menyusui Anda. Yuk, simak penjelasannya berikut!

1. Menggunakan Kalung

Ketika Si Kecil sudah menginjak 4 bulan, ia dapat menjadi mudah teralihkan saat menyusu. Si Kecil dapat bermain dengan puting atau berhenti menyusu sebentar hanya untuk mengamati burung yang terbang. Hal ini dapat membuat momen menyusui menjadi lebih repot dan lama. Untuk itu, ada baiknya Moms menggunakan kalung, baik kalung khusus menyusui atau kalung apa saja yang penting aman untuk digenggam Si Kecil, untuk memusatkan perhatiannya pada Anda. Percayalah, Moms pasti akan sangat terbantu dengan trik ini.



2. Menjaga Hidrasi

Selama masa menyusui, penting bagi Anda untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum banyak cairan adalah salah satu kunci utama produksi ASI yang lancar. Jaga asupan air Anda setidaknya sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter.

3. Masker Kol

Bagi Anda yang sedang mencoba untuk menyapih Si Kecil atau mengalami payudara yang bengkak akibat produksi ASI yang terlalu banyak, ini adalah trik yang tepat untuk Anda. Melansir Just Breastfeeding, menggunakan kol hijau sebagai masker payudara dapat membantu menjaga payudara tetap kering. Beberapa enzim yang disekresikan oleh kol dipercaya dapat membantu untuk mengontrol produksi ASI dan meringankan payudara bengkak.

4. Penanda Payudara

Sangatlah penting untuk mengingat payudara mana yang terakhir digunakan untuk menyusui Si Kecil agar menghindari risiko payudara bengkak. Tapi ini dapat menjadi hal yang sulit dilakukan, terlebih lagi bila Anda memiliki berbagai kegiatan untuk dilakukan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan gelang, cincin, menandakan bra, atau menggunakan aplikasi untuk membantu mengingatnya.



5. Metode Kaus Ganda

Menyusui di ruang publik bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena tak hanya kenyamanan dan keamanan Moms juga perlu dipertimbangkan. Tetapi, ada trik agar menyusui di tempat umum menjadi lebih mudah, yakni dengan menggunakan dua kaus atau atasan. Trik ini memberikan Anda privasi dan kenyamanan yang Anda butuhkan, karena menutup perut dan sebagian payudara Anda saat menyusui.

6. Gendongan

Menurut Breastfeeding Problems, menyusui Si Kecil sembari menggendongnya dengan kain gendongan dapat membantu Moms menyusui di ruang publik. Sebabnya, privasi Anda dan Si Kecil dapat terjaga saat menyusu, serta mempermudah Anda yang sedang melakukan aktivitas yang harus dilakukan.

7. Kompres Hangat

Payudara yang hangat dipercaya mampu memproduksi lebih banyak ASI. Untuk itu, Moms bisa kompres hangat payudara sebelum menyusui. Selain itu, kompres hangat juga dapat menjadi trik untuk menghadapi payudara nyeri atau bengkak. Memijat payudara dengan kompres hangat dapat mencegah saluran ASI yang tersumbat dan merangsang produksi ASI. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu menyusui,   menyusui bayi,   proses menyusui