Mother&Baby Indonesia
Belajar Digital Financing di #MYBABYMomversity Online Class

Belajar Digital Financing di #MYBABYMomversity Online Class

Keadaan sulit di masa pandemi akibat virus COVID-19 dirasakan hampir seluruh masyarakat di dunia. Di Indonesia sendiri, kita melihat banyaknya bidang usaha yang ikut tumbang dan berimbas pada kondisi finansial nasional.

Dampak dari pandemi juga mungkin dirasakan oleh banyak suami sebagai kepala keluarga dengan berkurangnya penghasilan karena pemotongan gaji dan omset penjualan barang yang turun drastis. Untuk mendukung keuangan keluarga, sebagai seorang istri sekaligus ibu, Moms harus kreatif dan pandai membaca peluang bisnis, terutama di dunia digital, karena keterbatasan ruang gerak selama pandemi dan adanya social distancing.

Namun, bagaimana caranya memanfaatkan dunia digital untuk produktivitas kita ya, Moms? Nah, MY BABY didukung oleh Mother&Baby menggelar Inpiring Webinar Class ke-1 dari #MYBABYMomversity 2020 dengan tema Digital Financing 101 for Mom “Memanfaatkan Dunia Digital untuk Meningkatkan Produktivitas Ibu” melalui aplikasi Zoom pada 29 Agustus 2020 lalu. Hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber adalah Prita Hapsari Ghozie - Principal Consultant & CEO ZAP Finance serta Ria Sarwono - Founder, Brand & Marketing Director COTTONINK.




Mengelola Cash Flow di Masa Pandemi

Di masa pandemi seperti saat ini, mungkin banyak Moms yang kesulitan mengelola cash flow rumah tangga. Menurut Prita, untuk mengatur cash flow keluarga, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mengevaluasi sumber penghasilan kita. Setelah itu kita mesti mengatur ulang pembagian keuangan rumah tangga menjadi:

1. Living: Biaya hidup yang rutin dikeluarkan setiap bulan, seperti kebutuhan untuk makan, listrik, dan biaya sekolah anak.

2. Playing: Misalnya belanja.

3. Saving: Moms diharapkan untuk tetap bisa menabung dan sumber tabungan bisa didapatkan dari penghasilan tambahan.

4. Dana darurat: Penting untuk masa pandemi ini.

Dan semua kebutuhan tersebut diusahakan disimpan dalam rekening yang berbeda supaya lebih aman ya, Moms.

Memulai Bisnis di Masa Pandemi

Nah, saat pemasukan semakin berkurang akibat pandemi, Moms mungkin berpikir untuk mulai mencari sumber pemasukan baru dan melakukan bisnis atau usaha. Untuk itu, Prita berbagi tips buat Anda memulai bisnis:

1. Jangan memulai bisnis dengan hutang, coba manfaatkan peralatan yang kita punya dulu untuk keperluan usaha.

2. Start small, asalkan cash flow tetap mengalir.

3. Punya rekening sendiri untuk bisnis/usaha.

4. Stay connected, tetap maintain networking untuk menunjang bisnis atau usaha kita.



5. Jangan pernah merasa malu untuk memulai bisnis atau usaha Anda.

Walaupun begitu, memulai bisnis di masa pandemi butuh strategi khusus lho, Moms. Menurut Ria ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan saat berbisnis di masa pandemi, yakni:

1. Sistem pre order penting untuk mengatur kestabilan cash flow bisnis.

2. Negosiasi itu penting agar menguntungkan berbagai pihak, terutama saat kondisi mendesak.

3. Penting untuk menyesuaikan bisnis yang relevan dengan kebutuhan pasar saat ini.

4. Pentingnya komunikasi dengan costumer dan menyesuaikan strategi marketing sesuai kondisi terkini.


Salah satu cara untuk membuat bisnis atau usaha kita maju adalah dengan memanfaatkan digital. Baik Prita dan Ria, keduanya punya tips berbisnis melalui digital saat pandemi, yaitu:

Salah satu cara untuk membuat bisnis atau usaha kita maju adalah dengan memanfaatkan digital. Baik Prita dan Ria, keduanya percaya bahwa Moms bisa memanfaatkan kekuatan story telling atau cerita mengenai produk-produk kita di media sosial, memiliki keunikan di bisnisnya dibandingkan bisnis serupa lainnya, dan tetap relevan dengan costumer dan keadaan saat ini.

Nah, Inpiring Class Online Smart Parenting in Digital World ke-1 dari #MYBABYMomversity 2020 ini diharapkan menjadi solusi & inspirasi bagi setiap moms untuk:

Nah, Inpiring Webinar Class ke-1 dari #MYBABYMomversity 2020 ini diharapkan menjadi solusi & inspirasi bagi setiap Moms untuk berani memulai peluang usaha dengan menumbuhkan dan mengembangkan ide dan kreativitas, mengatur cash flow rumah tangga yang sehat; mengelola pendapatan, pengeluaran arus kas rumah tangga hingga perencanaan modal usaha, serta menerapkan strategi digital dalam memasarkan dan mengembangkan usaha dengan modal minim.

Jangan lupa juga Moms, ikuti Writing Competition #TipsIbuCerdasMYBABY untuk menjadi Duta Ibu Cerdas MY BABY 2021 dan menangkan hadiah total ratusan juta rupiah! Caranya, tulis #TipsIbuCerdasMYBABY dari Anda yang berkaitan dengan tema dan topik kelas Momversity. Submit tulisan Anda ke microsite MY BABY Momversity. Anda boleh submit lebih dari 1 tips, Moms. 30 ibu terpilih akan memenangkan total hadiah ratusan juta rupiah dan menyandang gelar Duta Ibu Cerdas MY BABY 2021. Ingat, periode Writing Competition: Agustus-Oktober 2020. Info selengkapnya, kunjungi www.mybaby.co.id/momversity. Yuk, ikutan, Moms! (M&B/SW/Dok. M&B)



Tags: keluarga,   keuangan,   digital financing,   mybabymomversity 2020