Mother&Baby Indonesia
7 Hal yang Tidak Perlu Diumbar di Media Sosial

7 Hal yang Tidak Perlu Diumbar di Media Sosial

Semua serba online! Bekerja, sekolah, bahkan silaturahmi dan ‘curhat’ pun sekarang serba online. Ya, pandemi yang memaksa Moms mengurangi kegiatan di luar rumah ini memang membuat semua orang jadi lebih akrab dengan internet ya, khususnya media sosial. Ketika jenuh melanda, media sosial sering menjadi destinasi menarik untuk melepas penat sejenak.

Media sosial seperti Instagram dan Facebook mungkin menyenangkan, namun hati-hati dengan apa yang Anda posting ya, Moms, karena tidak semua hal harus Anda umbar di media sosial, lho! Yuk, ketahui apa saja sih yang tidak perlu Anda umbar di media sosial.

Aib Orang Lain

Baik di media sosial maupun di kehidupan sosial langsung, menyebarkan aib orang lain adalah tindakan yang sangat tidak layak dilakukan. Orang yang menyebarkan aib orang lain mengira ia sedang menghancurkan reputasi orang lain, padahal reputasi dirinya sendiri pun ikut hancur bersama sikap buruk ini.



Masalah Pribadi 

Apa tujuan Anda curhat masalah pribadi di status Facebook atau Instagram Story? Jika Anda mengira akan menuai simpati, sepertinya Anda salah, karena pamer masalah pribadi di media sosial hanya membuat Anda terlihat menyedihkan. 

Info Pribadi

Entah itu data pribadi Anda, anak, maupun orang lain, sebaiknya data pribadi tidak pernah Anda unggah ke media sosial ya, Moms. Ini bukan hanya nomor telepon, tetapi juga alamat rumah, dan nama sekolah Si Kecil. Jangan aktifkan geotag ketika menggunggah foto di media sosial, karena sangat mempermudah pelaku kejahatan melancarkan aksinya.

Pendapatan & Pengeluaran

Bukannya dibilang hebat, orang yang suka pamer pendapatan di media sosial justru akan mengundang perampok atau tindak kriminal. Biasanya sikap suka mengumbar penghasilan ini dilakukan dengan halus alias humble bragging.



“Duh, #DiRumahAja malah boros, ya. Biasanya jajan online cuma 3 juta per bulan, sekarang jadi 10 juta. Maklum deh, namanya juga ibu-ibu.” Netizen pasti lelah membaca status medsos seperti ini, waspada auto-unfollow, Moms.

Chat Screenshot

Baik chat seru atau menyebalkan, sebaiknya chat screenshot tidak diumbar di media sosial, Moms. Kalaupun Anda ingin mengunggahnya, harus ada izin dari semua pihak yang ada di chat tersebut, karena Anda bisa terjerat UU ITE, lho.

Kehidupan Ranjang

Hubungan intim Anda dan pasangan bersifat rahasia dan bukan untuk konsumsi publik. Apa pun niat Anda, Anda sebaiknya tidak mengumbar kehidupan ranjang Anda. Lagi pula, sepertinya tidak ada juga yang tertarik mengikuti kisah Anda dan pasangan dalam bercinta.

Kebaikan yang Pernah Dilakukan

Mengajak orang melakukan kebaikan tentu penting, tetapi caranya harus tepat. Jangan sampai media sosial membuat Anda tergoda untuk pamer kebaikan dan amal yang pernah Anda bagikan, ya. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: media sosial,   karakter,   keluarga