Mother&Baby Indonesia
5 Hal yang Menunjukkan Anda Peduli pada Keluarga

5 Hal yang Menunjukkan Anda Peduli pada Keluarga

Menjadi orang tua tidaklah mudah, apalagi menjadi seorang ibu. Saat seorang perempuan menjalani peran sebagai ibu, biasanya ia akan berusaha untuk menjadi sosok ibu yang hebat, serba bisa, ingin memenuhi kebutuhan suami dan anak-anaknya, serta melakukan segala hal untuk membuat keluarganya bahagia dan sehat tentunya.

Dari sekian banyak pengorbanan dan usaha yang seorang ibu lakukan, tak jarang banyak wanita yang masih merasa belum menjadi sosok ibu hebat untuk keluarganya. Padahal beberapa hal berikut yang telah Moms lakukan pada keluarga Anda sudah cukup menunjukkan bahwa Anda sebenarnya adalah ibu hebat yang memiliki kepedulian tinggi pada keluarga. Apa saja ya, hal-hal yang dimaksud?

1. Menunjukkan Rasa Cinta pada Rutinitas Sehari-hari

Sebagai orang tua, tentu Moms akan berusaha untuk memberikan perhatian dan cinta yang besar pada anak Anda. Bila Anda merasa belum maksimal saat memberikan cinta dan perhatian untuk Si Kecil, ingatlah bahwa tanpa disadari saat Anda menyanyikan lagu pengantar tidur sebelum Si Kecil tidur, bermain permainan saat memandikan Si Kecil, atau menyelimutinya dengan selimut nyaman favoritnya, semua hal tersebut berarti Anda sudah menunjukkan rasa cinta dan perhatian yang anak Anda butuhkan lewat kegiatan atau rutinitas sehari-hari.



2. Memastikan Kebersihan Rumah

Di masa pandemi, tentunya Anda perlu memberikan perhatian ekstra pada kebersihan area atau lingkungan rumah. Apalagi bila Anda memiliki anak balita di mana rasa ingin tahunya sangat tinggi dan ia mudah menyentuh benda-benda yang ada di sekelilingnya.

Dengan memastikan semua area di rumah, mulai dari kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang keluarga sampai area bermain Si Kecil bersih dan bebas dari kuman, ini sudah pasti menjadi wujud nyata cinta dan kepedulian Anda pada keluarga.



3. Mengingatkan Anggota Keluarga untuk Selalu Memakai Masker

Selain menjaga kebersihan, memakai masker adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Meski tak mudah, kebiasaan memakai masker ini memang harus dijalani. Dengan selalu mengingatkan anggota keluarga dan mencontohkan anak-anak untuk memakai masker, berarti Moms telah berperan untuk membantu menjaga dan melakukan pencegahan agar anggota keluarga Anda tidak tertular oleh virus.

4. Menyajikan Makanan yang Sehat

Mengonsumsi makanan bergizi dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak sekadar memastikan bahwa seluruh anggota keluarga Anda kenyang, Moms juga tentunya selalu berusaha untuk menyajikan makanan-makanan yang sehat. Dan tak hanya memasak untuk mereka saja, saat Anda menyempatkan untuk bisa makan bersama keluarga Anda, sudah pasti rasa cinta, perhatian, dan kepedulian Anda tak perlu diragukan lagi.

5. Selalu Berpikir Positif

Selama masa pandemi ini, tak jarang Anda mendapatkan informasi simpang siur tentang COVID-19. Belum lagi tentang jumlah kasusnya yang terus bertambah. Sebagai orang dewasa mungkin kita bisa mengatasi segala ketakutan atau stres di masa pandemi ini. Namun hal ini tidak berlaku pada anak-anak Anda. Dengan selalu menebarkan hal positif pada anak dan keluarga Anda, ini bisa menjadi pengingat bahwa meski keadaan saat ini berubah karena pandemi, tapi Anda dan keluarga akan selalu dalam keadaan baik-baik saja. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   peduli keluarga