Mother&Baby Indonesia
Suka Pelihara Ikan Hias? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Suka Pelihara Ikan Hias? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Salah satu hobi yang banyak ditekuni untuk mengusir kejenuhan selama di rumah saja di masa pandemi seperti sekarang ini adalah memelihara ikan hias. Ya, seperti halnya tanaman hias, memelihara ikan hias menjadi kegiatan yang digemari masyarakat saat ini.

Menaruh akuarium di salah satu sudut rumah Anda dan mengisinya dengan berbagai ikan hias tidak hanya mempercantik rumah Anda. Tenyata, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari hobi ini lho, salah satunya berdampak positif buat kesehatan kita. Berikut ini beberapa keuntungan memelihara ikan hias buat kesehatan:

1. Mengurangi Stres dan Menjernihkan Pikiran

Saat merasa lelah dengan aktivitas work from home atau mengikuti digital meeting terus-terusan, Anda bisa alihkan kegiatan sementara dengan memandangi berbagai bentuk dan warna ikan hias yang berenang di dalam akuarium. Ya, melihat pemandangan seperti ini akan bisa menjernihkan pikiran Anda sehingga stres pun berkurang dan Anda bisa kembali jalani aktivitas dengan tenang dan rileks.



Sejumlah studi menemukan fakta bahwa meluangkan waktu untuk menatap akuarium penuh ikan hias dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Hal ini dikarenakan gerakan ikan yang mengalir tenang bersifat therapeutic sehingga dapat mengendurkan saraf dan merangsang produksi hormon serotonin yang bisa memberi perasaan nyaman dan tenang.

2. Membantu Fokus dan Konsentrasi

Jika Anda merasa sedang susah untuk fokus dan konsentrasi sehingga sulit bekerja, Anda perlu memandangi akuarium dan ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di dalamnya. Pasalnya, hal ini bisa menenteramkan pikiran Anda dan membantu Anda untuk fokus serta membuat konsentrasi Anda jadi meningkat.

Jika Anda sudah kembali fokus, tentunya ini bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja. Bahkan, bukan tidak mungkin, konsentrasi yang meningkat akan bisa membantu Anda untuk menghasilkan ide-ide atau kreativitas baru.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Memandangi ikan-ikan hias yang berenang berseliweran di dalam akuarium juga bisa membawa dampak positif bagi kesehatan jantung dan tekanan darah Anda, lho. Menurut para ahli kesehatan, melihat panorama indah di dalam akuarium ini akan memberikan terapi yang sangat bermanfaat bagi jantung.



Hal ini dikarenakan melihat ikan di dalam akuarium akan membuat perasaan dan pikiran Anda menjadi tenang dan damai, sehingga otot-otot jantung menjadi rileks dan tekanan darah juga menjadi normal.

4. Terapi untuk Pasien Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang fungsi otak dan mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Kondisi ini banyak ditemukan pada orang-orang di atas 65 tahun.

Pengobatan penyakit Alzheimer dilakukan dengan pemberian obat-obatan dan psikoterapi untuk menstimulasi dan merelaksasi otak pasien. Salah satu terapi yang disarankan adalah dengan memandangi ikan hias dalam akuarium karena bisa memunculkan perasaan tenang, nyaman, dan fokus.

5. Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus dan anak ADHD

Anak berkebutuhan khusus memiliki rasa emosional yang tinggi. Memelihara ikan hias di rumah akan menenangkan pikiran dan perasaan mereka karena mereka akan fokus dan melihat berbagai bentuk dan warna ikan serta gerakannya di dalam akuarium.

Adapun anak yang menderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) biasanya mengalami peningkatan aktivitas motorik yang berlebihan dan mengalami kesulitan untuk konsentrasi. Melihat ikan hias di dalam akuarium bisa membantu menenangkan saraf serta pikiran, sehingga nantinya akan meningkatkan konsentrasi anak. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: ikan hias,   memelihara ikan hias,   hobi